6/15/2014

7 Hewan Tercepat di Planet Bumi

Dunia hewan merupakan dunia yang luas yang mengandung banyak spesies dan berbeda-beda. Hewan memiliki kecepatan yang berbeda untuk alasan yang berbeda dengan beberapa hewan di kelas yang sama menjadi lebih cepat daripada yang lain. Hewan tercepat di dunia bisa dibilang relatif. Dari semua jenis hewan tercepat di dunia, mungkin yang paling populer adalah Cheetah. Berlari dengan kecepatan 112 sampai 120 kilometer per jam, Cheetah merupakan salah satu binatang tercepat di darat. Seandainya jenis burung dimasukkan, maka daftar hewan tercepat adalah Elang Peregrine yang secara umum dianggap sebagai hewan tercepat di dunia.

Mereka diharuskan memiliki kecepatan, sebab mangsa mereka juga bisa bergerak lebih cepat. Berikut ini ada tujuh hewan tercepat di dunia, mencakup semua jenis hewan yang ada di darat, air dan udara.

1. Peregrine Falcon
2 of 3 Peregrine Falcon (Falco peregrinus), defending its nest area, gives chase to a Bald Eagle (Haliaeetus leucocephalus)
Kecepatan maksimum Peregrine Falcon, 389 km/jam (242 mph). Peregrine falcon atau Falco Peregrinus, juga dikenal sebagai peregrine atau Elang Peregrine, ataupun Alap-alap kawah dan sebagai elang bebek di Amerika Utara, adalah burung pemangsa luas dalam keluarga Falconidae atau salah satu spesies alap-alap berukuran besar, dengan panjang 50 sentimeter. Peregrine ini terkenal karena kecepatan, mencapai lebih dari 322 km/h (200 mph) selama berburu ia dapat membungkuk sehingga menghasilkan kecepatan tinggi, menjadikannya sebagai anggota tercepat dari kerajaan hewan.

2. White-throated Needletail
7 Hewan Tercepat di Planet Bumi
Kapinis-jarum asia
Kecepatan maksimum White-throated Needletail, 169 km/jam (105 mph). Kapinis-jarum asia juga dikenal sebagai jarum-ekor cepat atau tulang belakang-ekor cepat, adalah spesies burung dari keluarga Apodidae, dari genus Hirundapus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil yang memiliki habitat di hutan, hutan terbuka. Ini adalah burung tercepat dalam penerbangan mengepak. Pada umumnya kecepatan mereka dapat mencapai hingga 170 km/h (105 mph), meskipun hal ini belum diverifikasi. Burung ini memiliki kaki yang sangat pendek yang mereka gunakan hanya untuk menempel pada permukaan vertikal. Mereka membangun sarang mereka di celah-celah batu di tebing atau pohon berlubang. Selain itu, mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya di udara, dan menangkap serangga menggunakan paruhnya.

3. Eurasian Hobby
Kobuz (Falco subbuteo)
By Grzegorz Karg (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Kecepatan Eurasian Hobby, 160 km/jam (100 mph). Mirip Peregrine Falcon, Kadang-kadang dapat melewati burung yang lain seperti Swift saat berburu. Eurasia Hobby, atau Hobby, adalah elang kecil ramping dari genus Falco Subbuteo. Termasuk dalam kelompok elang dan sering dianggap sebagai Hypotriorchis subgenus. Mereka adalah burung dari wilayah terbuka seperti lahan pertanian, rawa-rawa, taiga dan savana. Tersebar luas di dataran rendah dengan hutan kecil yang tersebar. Ini adalah burung yang sangat berani dan berani dari falconry.

4. Cheetah
Cheetah 5
Kecepatan maksimum Cheetah, 112-120 km/jam (64.9 mph). Cheetah atau citah adalah anggota keluarga kucing dari genus Acinonyx jubatus yang berburu mangsa dengan menggunakan kecepatan dan bukan taktik mengendap-endap atau bergerombol. Cheetah bisa melakukan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam (60,0 mph) dalam waktu tiga detik meskipun daya tahan terbatas. Pada umumnya Cheetah berlari dengan kecepatan tinggi yaitu 60 detik pada suatu waktu. Saat berlari, cheetah menghabiskan lebih banyak waktu di udara dari pada di tanah. Ini adalah satu-satunya anggota yang masih ada dari genus Acinonyx.

5. Pronghorn
Desert pronghorn
By Randy C. Bunney; Great Circle Photographics (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Kecepatan maksimum Pronghorn, 88,5 km/jam (55.0 mph). Pronghorn, Antilocapra americana, adalah spesies mamalia artiodaktil dari wilayah Amerika Utara, barat dan tengah. Meskipun bukan kijang, sering dikenal dalam bahasa sehari-hari di Amerika Utara sebagai buck cabang. Disebut antelope pronghorn, Cabri (asli Amerika) atau hanya antelop karena mirip antelop sebenarnya dari Dunia Lama dan mengisi ceruk ekologi yang serupa karena untuk konvergen evolusi. Mereka adalah satu-satunya anggota yang masih hidup dari keluarga Antilocapridae.

6. Sailfish
PSM V26 D359 The american sailfish istiophorus americanus
By Tak diketahui (Popular Science Monthly Volume 26) [Public domain], via Wikimedia Commons
Kecepatan maksimum Sailfish, 110 km/jam (70 mph). Iklan layaran adalah dua jenis ikan di dalam genus Istiophorus yang tinggal di perariran hangat samudra-samudra dunia. Pada umumnya berwarna biru keabu-abuan dan memiliki sirip punggung tegak yang mirip dengan layar kapal. Karakteristik penting lainnya adalah moncong memanjang, menyerupai ikan todak dan marlins lainnya. Oleh karena itu mereka digambarkan sebagai billfish di kalangan nelayan. Secara individu tercatat pada kecepatan hingga 110 kilometer per jam, merupakan kecepatan tertinggi yang dilaporkan dalam jenis ikan. Umumnya, panjang ikan ini lebih dari 3 meter dan jarang memiliki berat lebih dari 90 kilogram, meskipun spesimen yang lebih besar pernah terlihat di lepas pantai Kosta Rika.

7. Striped Marlin
Tetrapturus audax
By Unknow (California fish and game) [Public domain], via Wikimedia Commons
Kecepatan maksimum Striped Marlin, 80 Km/jam (50 mph). Marlin bergaris, Kajikia audax, adalah spesies kecil marlin yang dapat ditemukan di daerah tropis beriklim lautan Indo-Pasifik tidak jauh dari permukaan. Ini adalah ikan komersial dengan record terberat yang pernah ditangkap tahun 1982 yaitu 190 kg dengan panjang maksimum 4,2 meter. Sama seperti hiu, mereka adalah predator yang berburu pada siang hari di atas 100 meter atau lebih, sering dekat permukaan. Salah satu mangsa utama mereka adalah sarden.

No comments:

Post a Comment