6/19/2014

Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Kita

Kedondong sejatinya merupakan tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Di beberapa negara tanaman ini dikenal pula dengan nama ambarella, hog plum, hevi (Filipina), mokah (Kamboja), gway (Myanmar), sementara di Thailand menyebutnya sebagai makak farang. Pada umumnya, buah kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, ataupun sering pula diolah menjadi rujak, asinan, acar atau dijadikan selai. Buah ini memiliki biji tunggal yang berserabut. Sementara daun kedondong bisa dijadikan sebagai penyedap dalam pembuatan pepes ikan.
Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Kita
Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Kita
Usut boleh usut, ternyata Buah kedondong memiliki unsur gula dalam bentuk sukrosa yang bermanfaat sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh. Selain unsur gula ternyata buah kedondong juga mengandung Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A, B1, dan C. Selain itu ada pula kandungan serat dan airnya yang cukup tinggi bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah dehidrasi. Bagi anda yang sudah ingin sekali mencoba atau mencari tau sebenarnya apa sih manfaat yang terkandung pada Buah Kedondong ini. Berikut ini penjelasannya.

Mencegah penyakit jantung
Adanya kandungan kalsium yang terdapat pada buah kedondong sehingga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Dengan rutin mengkonsumsi buah kedondong sehingga penyakit jantung akan teratasi.

Menjaga kesehatan mata
Adanya kandungan vitamin A pada buah kedondong sehingga berperan penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.

Menambah daya tahan tubuh
Dengan adanya kandungan zat gizi yang terkandung dalam buah kedondong berupa unsur gula dalam bentuk sukrosa tentunya sangat penting sebagai vitalitas dan daya tahan tubuh.

Sebagai antioksidan
Berkat kandungan Vitamin A sehingga buah kedondong ini dapat berfungsi sebagai antioksidan. Selain vitamin A, buah kedondong juga mengandung vitamin C. Tentu saja kedua jenis vitamin ini sangat berperan aktif sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar. 

Penyembuhan luka
Dengan adanya kandungan Vitamin A, sehingga dapat membantu untuk menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Karenanya buah kedondong ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Mengatasi anemia
Kandungan zat besi dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 miligram, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, rupanya buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang dapat membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.

Baik untuk diet
Rendahnya kandungan lemak, sehingga buah kedondong ini boleh dijadikan sebagai makanan camilan diet yang menyehatkan. Selain itu, Kandungan karbohidrat maupun proteinnya juga termasuk rendah.

Mencegah penuaan dini
Tak hanya buah kiwi dan mangga saja yang mengandung vitamin C, sebab kedondong juga memiliki kandungan yang sama. Kandungan vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi. Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini.

Mengendalikan kadar kolesterol
Selain sebagai anti penuaan, vitamin C yang terdapat pada buah kedondong juga membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu. Sehingga buah kedondong ini bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol Anda.

Pemulihan tubuh
Ini tentu tak terlepas dari kandungan vitamin C pada buah kedondong sehingga dapat membantu untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu olahragawan dalam proses pemulihan tubuhnya setelah melakukan latihan yang berat.

Kesehatan tulang dan gigi
Ini dikarenakan adanya kandungan fosfor yang terdapat pada buah kedondong sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Melancarkan peredaran darah
Berkat kandungan kalsium yang terdapat dalam buah kedondong sehingga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Melancarkan BAB
Kandungan serat dan air yang cukup tinggi pada buah kedondong ini sehingga sangat bermanfaat dalam melancarkan buang air besar (BAB) serta mencegah dehidrasi.

Obat batuk
Didalam buah kedondong mengandung zat asam dan vitamin C, hal ini mampu menurunkan atau menghilangkan batuk. Yaitu dengan cara 3 buah kedondong yang telah dicuci hingga bersih di parut dan tambahkan sedikit air lalu diperas. Setelah itu airnya diberikan sedikit garam. Siap untuk diminum 2 kali sehari.

Jadi itulah beberapa manfaat buah kedondong yang wajib Anda ketahui. Sebetulnya beragam manfaat buah kedondong ini saya rilis berdasarkan kandungan yang dimilikinya. Semoga artikel singkat dan padat ini bermanfaat bagi Anda yang memerlukannya.

No comments:

Post a Comment