Stasiun kereta api ialah tempat untuk menaikkan dan menurunkan para penumpang yang menggunakan jasa transportasi kereta api. Selain stasiun, pada masa lalu dikenal juga dengan halte kereta api yang memiliki fungsi sama dengan stasiun kereta api. Untuk daerah atau kota yang baru dibangun mungkin stasiun portabel dapat dipergunakan sebagai halte kereta. Berikut ini ada lima stasiun kereta api paling tersibuk di dunia.
1. Stasiun Shinjuku, Jepang
2. Gare du Nord, Paris
3. Zurich Hauptbahnhof, Swiss
4. Union Station, Kanada
5. Stasiun Penn, Amerika Serikat
1. Stasiun Shinjuku, Jepang
By Lombroso (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Stasiun Shinjuku adalah stasiun kereta api yang terletak di Shinjuku, Tokyo, Jepang. Stasiun ini berfungsi sebagai stasiun penghubung utama lalu lintas kereta api antara kawasan bisnis Tokyo dengan daerah-daerah di sebelah baratnya. Rata-rata 3,5 juta orang per hari melakukan perjalanan melalui Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang. Stasiun ini merupakan stasiun kereta tersibuk di dunia dari sisi pergerakan penumpangnya. Shinjuku merupakan gabungan lima stasiun yakni JR-East, Odakyu Electric Railway, Keio Corporation, Tokyo Metro, dan Toei Subway yang berfungsi sebagai penghubung antara Tokyo dengan daerah pinggiran. Stasiun ini memiliki 20 peron dan melayani 20 jalur kereta. Yang tak biasa, stasiun ini mempunyai lebih dari 200 pintu keluar sehingga tercatat di Guinness World Records.2. Gare du Nord, Paris
By Tangopaso (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Stasiun ini melayani 180 juta penumpang setiap tahunnya. Gare du Nord adalah stasiun kereta paling sibuk di Eropa berdasarkan jumlah total penumpangnya. Stasiun yang dibuka pada tahun 1846 dan diperluas pada 1864 ini berada di peringkat kedua terbesar berdasarkan jumlah peronnya yakni 44 peron. Stasiun Gare du Nord ini menggunakan sistem transit Paris Metro yang didukung sistem jalur kereta RĂ©seau Express RĂ©gional (RER), dan beberapa jalur bus.3. Zurich Hauptbahnhof, Swiss
By Gorodilova (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Zurich Hauptbahnhof adalah stasiun tersibuk di Eropa berdasarkan arus kereta per harinya. Lebih dari 2.900 kereta melewati stasiun ini. Terletak di antara sungai Sihl dan Limmat, di depan stasiun ini juga memiliki halte trem yang sibuk. Swiss menjadi pemimpin dalam mengimplementasi sistem manajemen lalu lintas kereta di Eropa. Stasiun ini memiliki fasilitas penunjuk arah yang lengkap sehingga para pelancong yang baru pertama kali datang ke stasiun ini tidak kesulitan menemukan arah yang mereka cari.4. Union Station, Kanada
By Lee haber8 [Public domain], via Wikimedia Commons
Stasiun yang terletak di Kota Kanada ini melayani 250.000 penumpang setiap hari. Stasiun ini resmi dibuka untuk umum oleh Pangeran Edward pada 1927. Ini adalah stasiun kereta api tersibuk di Kanada yang melayani beberapa perusahaan kereta api, kota bawah tanah, dan jaringan trem. Berlokasi di Toronto, stasiun ini memiliki lebih dari 2.000 jalur, yang menjadikannya stasiun dengan jalur paling rumit di dunia. 5 Tahun dalam proses revitalisasi menjadikan stasiun ini menjadi sangat terjangkau bagi para pejalan kaki. Bangunan stasiun juga diintegrasikan dengan tempat perbelanjaan dan kuliner.5. Stasiun Penn, Amerika Serikat
By Alan Turkus (originally posted to Flickr as Penn Station) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Penn Station ialah stasiun kereta api antarkota besar dan hub kereta komuter besar di New York City. Dikenal juga dengan nama Stasiun Pennsylvania dan terletak di New York. Stasiun Penn merupakan stasiun kereta tersibuk di Amerika Utara dengan melayani 1.000 penumpang setiap 90 detiknya. Stasiun yang berada di bawah tanah Pennsylvania ini berada di tengah koridor timur laut, sebuah jalur kereta penumpang listrik yang mengarah ke selatan hingga Washington dan ke utara hingga Boston. Stasiun ini masih akan diperluas untuk melayani 13 titik tambahan untuk transit jalur New Jersey dan 8 kereta Amtrak di jam-jam sibuk. Saat ini yang dijalankan adalah 20 transit New Jersey dan 12 kereta Amtrak dalam satu jam. Proyek ini ditargetkan selesai pada 2020.
No comments:
Post a Comment