10/20/2014

Wow! Fakta dan Sejarah seputar Stadion Old Trafford

Old Trafford adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Old Trafford, Manchester Raya, Inggris dan merupakan stadion milik Manchester United F.C. Stadion yang diberi julukan The Theatre of Dreams oleh Sir Bobby Charlton ini resmi menjadi markas baru Manchester United pada musim 1909-10 yang berawal saat ketua Manchester United saat itu John Henry Davies membeli tanah senilai 60 ribu Dollar. Stadion ini dirancang oleh Archibald Leitch dengan anggaran 30 ribu Dollar hingga selesai. Rencana awal dideskripsikan bahwa stadion Old Trafford dapat menampung lebih dari 100.000 penonton, meski pada akhirnya kapasitas resminya tercatat 76.212 penonton. Banyak orang yang mungkin telah mengetahui Old Trafford, markas besar klub Manchester United. Tapi mungkin banyak juga yang belum tahu sejarah panjang dan fakta-fakta menarik stadion ini.
Old Trafford 1
By Ian Mcallister = Imcall (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Pada awalnya, para pemain Manchester united hanya bermain di lapangan kecil di North Road di dekat stasiun kereta api Piccadily, kemudian pindah ke lapangan Bank Street, Dan barulah setelah 32 tahun atau tepatnya setelah mendapat trophi divisi 1 pertama, mereka baru menggunakan stadion kebanggaan ini. Old Trafford merupakan salah satu stadion termegah dan spektakuler di inggris yang memiliki banyak sejarah dan cerita. Di stadion ini para fans menyanyikan lagu ''Glory Glory Manchester United'' dan disinilah Manchester United mulai membangun mimpi hingga akhirnya saat ini banyak gelar yang telah diraihnya. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa fakta unik dan menarik seputar Stadion Old Trafford di Inggris.

1. Pembangunan Old Trafford
Dibangun tahun 1909 dan menelan biaya sebesar 60.000 poundsterling. Old Trafford memiliki tiga teras di tiga sisi lengkap dengan tempat duduk dan atap. Stadion ini hasil rancangan desainer ternama asal Skotlandia, Ardhibald Leitch, yang juga merancang Stadion Hamden Park, Ibrox Stadium dan White Hart Lane. Old Trafford dibuka untuk umum pada tanggal 19 Februari.

2. Fasilitas Old Trafford
Old Trafford merupakan stadion pertama yang membangun pagar pengaman untuk mengantisipasi hooliganisme pada 1970-an. Ketika April sampai November, rumput Old Trafford dipotong tiga kali seminggu. Desember sampai Maret dipotong satu kali tiap minggu dan di bawah lapangan terdapat instalasi pipa plastik berukuran 10 inci yang menyuplai air hangat untuk mencairkan salju yang jatuh ke rumput.

3. Balkon bersejarah
Sisi bagian barat Old Trafford dikenal banyak orang sebagai The Legendary Stretford End. Karena pada waktu stadion belum memiliki tempat duduk, sisi barat ini selalu dipenuhi oleh 20,000 orang fans yang berdiri mendukung United dan mereka dikenal karena suaranya yang paling keras di Britania. Dulu pernah diukur tingkat kebisingan suara penonton melebihi pesawat Jumbo Jet yang lepas landas. Tahun 1964 United membangun bangku penonton bertingkat terbesar di Inggris saat itu, dengan 10,000 kursi dan 55 area boks khusus - area VIP pertama di antara stadion-stadion Eropa lainnya. Sisi Timur, Selatan, dan Barat dari stadion Old Trafford terus diperbesar, sehingga pada tahun 1994, stadion Setan Merah memiliki 44,000 kursi penonton. Manajemen klub membangun sisi Utara, dikenal sebagai North Stand, memiliki 10 tingkat dan berkapasitas 25,000 kursi penonton. Sisi-sisi lainnya pun terus ditambah, sehingga mencapai 76,226 kursi penonton hingga tahun 2006.

4. Tempat penerapan berbagai event
Stadion ini merupakan salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 1966 dan Euro 96, dan juga final Liga Champions 2003. Dengan terpilihnya London sebagai tuan rumah Olimpiade 2012, stadion ini digunakan untuk beberapa pertandingan penyisihan sepak bola. Selain sepak bola, Old Trafford telah menjadi tempat penyelenggaraan Grand Final Liga Super Eropa sejak sistem playoff diadopsi oleh liga rugbi tahun 1998. Juga pada awalnya, lapangan spektakuler ini digunakan untuk shinty, olahraga tradisional Skotlandia.

5. Floodlight pertama
Pada tahun 1957, manajemen Old Trafford memasang floodlight untuk pertama kalinya, supaya United dapat bertanding pada malam hari untuk pertandingan-pertandingan hari biasa. Jika Manchester United melakukan pertandingan pada malam hari di Old Trafford, rata-rata pemakaian listrik sebesar 5,5 Megawatt. Stadion ini memang megah dengan cahaya lampu yang begitu terang.

6. Makanan dan karyawan
Dalam satu musim jumlah makanan ringan seperti hotdog dan camilan lainnya yang dimakan sewaktu pertandingan Manchester United di Old Trafford bisa mencapai 2,5 ton atau 400,000 pesanan per item. Jumlah karyawan tetap stadion Old Trafford yaitu 400 orang. Namun pada hari pertandingan, jumlah tersebut melonjak dan lebih dari 2,500 karyawan.

7. Terowongan Munich Tunnel
Di dalam Old Trafford terdapat terowongan Munich Tunnel. Terowongan ini dibangun untuk mengenang tragedi Munich 1958, dimana pesawat pembawa tim Setan Merah kecelakaan dan menewaskan 23 orang, 8 diantaranya adalah pemain Manchester United.

8. Old Trafford sempat hancur
Pada tahun 1940, Old Trafford hancur dan selama masa pembangunan, Manchester United terpaksa latihan dan bertanding di stadium milik tentangganya yaitu Manchester City.

9. Megastore Red Shop
Mereka yang ingin beli barang-barang Manchester United, tersedia Megastore, tempat yang menjual barang-barang resmi klub tersebut. Namun pada hari pertandingan, akan ada pedagang kaki lima yang berjualan di area stadion.

10. Julukan teater impian
Julukan untuk Stadion Old Trafford adalah Theatre Of Dreams (Teater Impian), julukan ini diberikan oleh salah seorang Legenda Manchester United, Sir Bobby Charlton. Xavi Hernández juga pernah memuji Old Trafford, "Memang benar apa yang mereka katakan, atmosfernya (stadion) sangat luar biasa, wajar jika disebut Theatre of Dreams". Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Old_Trafford

No comments:

Post a Comment