11/01/2014

5 Tips Meredakan Sakit Perut dengan Bahan Alami

Sakit perut bisa dialami oleh semua orang. Sebagian besar tidak memiliki penyebab yang serius. Tapi, ada beberapa sakit perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius dan berbahaya. Kita harus bisa mengenali gejala yang muncul pada sakit perut untuk mengetahui penyebabnya dan bisa diobati dengan cepat. Biasanya kondisi ini berlangsung sementara dan tidak berbahaya. Lantas apa yang harus dilakukan ketika sakit perut dan apakah harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu?
5 Tips Meredakan Sakit Perut dengan Bahan Alami
Daun Mint
Jika terkena sakit perut, solusi terbaik segera pergi ke dokter. Karena, mungkin sakit perut yang anda derita berbeda dan butuh penanganan khusus. Namun jika tidak terlalu parah, anda bisa mencoba cara praktis dengan bahan-bahan alami untuk mengatasi sakit perut seperti berikut ini.

1. Menggunakan air jahe hangat
Jahe mengandung gingerol dan shogail yang dapat membantu melemaskan otot-otot seperti otot di saluran usus, sehingga dapat meredakan kram perut atau sakit perut kolik. Caranya, siapkan jahe parut, air, dan madu. Jahe parut dimasak hingga mendidih. Matikan api, kemudian tambahkan sedikit madu. Ramuan air jahe hangat dan madu siap untuk diminum.

2. Menggunakan air hangat dan lemon
Jika sakit perut yang Anda alami itu disebabkan oleh masalah pencernaan, Anda bisa minum air hangat yang dicampur dengan air perasan jeruk lemon. Kadar asam yang tinggi dari jeruk lemon dapat meningkatkan produksi asam klorida yang dapat memecah makanan di dalam usus. Caranya, siapkan segelas air hangat yang dicampur dengan air perasan jeruk lemon. Minum yang terbuat air lemon ini bisa melancarkan pencernaan juga memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

3. Menggunakan air hangat dan daun mint
Untuk mengobati sakit perut selanjutnya, siapkan satu genggam daun mint segar atau 1 sampai 2 sdt daun mint kering, dan segelas air panas. Masukkan daun mint segar tersebut ke dalam air panas, seduh selama 7 sampai 10 menit. Setelah itu, minum air tadi ketika dalam keadaan hangat. Selain itu, anda juga bisa langsung mengunyah daun mint segar untuk meredakan sakit perut.

4. Menggunakan daun dan akar jambu biji
Hampir semua bagian tanaman jambu biji mulai dari daun hingga akar bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan diare. Caranya, ambil 5 lembar daun jambu dan sepotong akar jambu biji kemudian dicuci hingga bersih. Rebus semua bahan dengan air sebanyak 1500 mililiter. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum dua kali sehari, pagi dan sore. Ramuan ini ampuh untuk mengobati sakit perut dan diare.

5. Menggunakan daun mengkudu dan garam
Daun mengkudu adalah salah satu obat alternatif untuk sakit perut. Caranya, ambil 3 sampai 5 helai daun mengkudu, kemudian dicuci bersih. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit garam, kemudian di seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum.

Beberapa saran penting untuk menjaga perut Anda tetap sehat yaitu makanlah makanan yang sehat secara teratur. Sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, dan jangan terlalu banyak makan camilan. Pola hidup yang kurang aktif dapat menimbulkan masalah pada sistem pencernaan.

No comments:

Post a Comment