11/12/2014

Tempat Wisata Menakjubkan di Kota Hujan Bogor

Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota yang terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor ini dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota yang pada masa kolonial Belanda dikenal dengan nama Buitenzorg ini dahulu kala adalah tempat berdirinya Kerajaan Hindu Tarumanagara pada abad ke lima.
Botanischer Garten in Bogor
By Talaborn (de:Bild:Botanischer Garten in Bogor.jpg) [Public domain], via Wikimedia Commons
Menurut Wikipedia, Bogor (berarti "enau") telah lama dikenal dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Salah satunya yaitu, Institut Pertanian Bogor, berdiri sejak awal abad ke-20. Namun tahukan Anda, dimana saja tempat wisata menarik di Bogor? Penasaran, berikut ini ada beberapa tempat menarik di Kota Bogor yang patut untuk dikunjungi.

1. Kebun Raya Bogor
Tempat wisata ini memiliki luas 87 Hektar dan merupakan ikon kota Bogor. Puluhan ribu spesies tumbuhan terdapat disana. Selain itu, terdapat ribuan kijang hidup di halaman Istana Bogor. Selain sebagai tempat wisata, Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor ini merupakan paru-paru kota Bogor juga digunakan sebagai tempat penelitian oleh para mahasiswa dan ilmuwan. Karena nilai sejarahnya yang tinggi, kenyamanan, kesejukan, dan keasriannya, sehingga mencuri perhatian banyak wisatawan, termasuk para wisatawan mancanegara juga lokal yang berkunjung dan menikmati kesejukan hutan di tengah kota. Di areal Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan PUSTAKA. Salah satu daya tarik utama di Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai (Amorphophalus titanum) dan Pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang masih hidup sampai saat ini.

2. Prasasti Batutulis
Terletak di Jalan Batutulis, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Prasasti peninggalan zaman Kerajaan Padjadjaran yang ditulis dalam bahasa Sunda kuno yang isinya menyebutkan Raja Pakuan Padjadjaran yang bernama Prabu Purana dinobatkan kembali dengan nama Sri Paduka Maharaja Ratu Haji dalam tahun yang tidak jelas karena ada huruf yang kosong, sehingga ada berbagai macam penafsiran. Prasasti yang berangka tahun 1455 Saka (1533 Masehi) inidisimpan di tepi jalan raya Batutulis, Bogor, 2 kilometer dari pusat kota. Batu Prasasti dan benda-benda lain peninggalan Kerajaan Sunda terdapat dalam komplek ini.

3. Taman Budaya Sentul City
Terletak di kawasan Sentul City, merupakan tempat tujuan wisata bagi keluarga dan wisata edukasi bagi pelajar. Memiliki lahan yang luas dan pemandangan yang menarik, serta tersedia permainan outbond. Selain itu, disini tersedia pula sarana untuk mengadakan perkemahan, meeting atau pertemuan kantor atau perusahaan dengan suasana sejuk dan nyaman. Disini tempatnya unik, pengelolanya membuat kejutan buat para pengunjung. Di depan pintu masuk bangunannya cukup kecil dan minimalis, hanya hiasan serta beberapa ukiran karya seni, tapi kalau kita terus masuk maka kita akan disuguhkan dengan hamparan lapangan yang cukup luas, disana ada tempat trek jalur ATV dengan latar perbukitan yang sangat indah. Selain permainan ATV ada pula outbond dan flying fox.

4. The Jungle Water Adventure
Merupakan tempat rekreasi keluarga serta sebagai obyek wisata edukasi bagi pelajar yang ingin mengadakan rekreasi sambil belajar. The Jungle Water Adventure atau yang biasa disebut The Jungle ini berlokasi di kawasan Perumahan Bogor Nirwana Residence dengan latar belakang Gunung Salak. Pemandangan yang indah serta udara sejuk merupakan salah satu keunggulan dari The Jungle ini. The Jungle Water Adventure menawarkan Wahana Air atau Waterboom yang unik seperti Kiddie Pool, Slide Pool, Racer Slide, Spiral Slide, dan Tube Slide, juga Leisure Pool. Berbagai jenis wahana menarik terdapat disana, namun salah satu yang terbaru adalah Wave Pool (Kolam Ombak). Bagi yang hobi menonton, terdapat Sinema 4D. Selain itu terdapat pula wahana Rumah Hantu, Foodcourt, Lazy River, Bird Park, dan Dry Park, juga Gazebo & Cabana.

5. The Highland Park Resort
Terletak di kawasan Ciapus Curug Nangka, Kampung Sinarwangi Sukajadi Kecamatan Taman Sari. The Highland Park Resort merupakan sebuah bangunan tenda khas Mongolia yang pertama di Indonesia dan satu-satunya di Asia Tenggara dengan pemandangan yang eksotik mengarah langsung pada Gunung Salak. Kombinasi suasana alam yang sejuk serta asri dengan desain interior yang unik sehingga menjadikan The Highland Park Resort sebagai resort bintang lima yang paling mewah di tengah alam pegunungan. Jika Anda dan keluarga ingin tempat yang memiliki konsep unik sambil beristirahat di daerah Taman sari Bogor, silakan berkunjung ke tempat ini.

6. Taman Safari Indonesia di Cisarua
Taman Safari Indonesia atau Indonesian Safari Park, adalah salah satu taman hiburan terkemuka di Indonesia yang telah berhasil dalam hal konservasi hewan dan sebagai tempat wisata. Taman ini juga dikenal sebagai pusat konservasi serta kebun binatang modern dengan berbagai koleksi flora dan fauna. Taman Safari yang terletak di Bogor ini merupakan tempat wisata favorit pelajar dan sekolah untuk study wisata juga sebagai salah satu tempat wisata favorit keluarga. Taman Safari Indonesia merupakan kebun binatang yang di kondisikan sesuai habitat asli hewan-hewan koleksinya yang berasal dari (hampir) seluruh penjuru dunia. Selain itu, disini terdapat pula jenis wahana permainan dan kolam renang.

7. Lapangan Sempur
Terletak di seputar Kebun Raya Bogor, tepatnya di sisi bagian utara setelah Jalan Si Jalak Harupat. Lapangan yang dahulu merupakan lahan kosong yang dipergunakan sebagai lapangan upacara untuk memperingati HUT Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus ini, saat ini sudah dikelola oleh Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bogor. Saat ini, lapangan sempur dijadikan tempat olahraga dan lapangan serbaguna. Di lapangan ini terdapat wall-climb, lapangan basket, lapangan utama untuk bermain bola dan soft/baseball, run-track, lapangan voli beralaskan pasir pantai, serta area untuk senam. Pada hari Minggu tempat ini akan menjadi pasar dadakan, banyak pedagang makanan ataupun alat-alat yang menggelar dagangannya di sini setiap hari Minggu. Lapangan ini kerap digunakan untuk berbagai pergelaran musik. Selain itu, Lapangan Sempur juga menjadi tempat pertemuan warga Bogor sehingga akan sangat ramai pada hari-hari libur.

8. Kampung Budaya Sindangbarang
Ini merupakan kampung tertua di Bogor yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Padjadjaran. Salah satu keunggulan Kampung Budaya Sindangbarang yaitu setiap setahun menyelenggarakan upacara adat “Seren Taun” yang merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan atas hasil panen dan hasil bumi yang diperoleh sepanjang tahun tersebut dan berharap hasil panen dan hasil bumi pada tahun depan akan lebih baik lagi. Selain itu disini terdapat bermacam-macam kesenian Sunda dan situs purbakala peninggalan Kerajaan Padjadjaran berupa bukit-bukit berundak. Bagi Anda pecinta sejarah, ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi.

9. Puncak
Berada di dataran tinggi, dikelilingi oleh kebun teh yang amat luas, dan memiliki panorama alam yang sangat indah serta udara yang sejuk. Perkebunan Teh Gunung Mas merupakan tempat wisata yang patut di rekomendasikan karena selain dijadikan sebagai tempat study tour juga dapat dijadikan sebagai tempat berolahraga yang nyaman mulai dari berjalan kaki mengelilingi kebun teh (tea walk), jogging, bersepeda sampai olahraga terbang layang. Selain itu, di daerah Puncak juga terdapat berbagai tempat wisata menarik diantaranya Taman Safari, Kebun Bunga, dan terdapat sebuah Masjid yang indah dengan arsitektur yang khas dan sederhana yaitu Masjid Atta'awun. Di daerah ini juga terdapat banyak villa-villa dan hotel yang dimiliki oleh warga setempat untuk tempat peristirahatan pengunjung.

10. Plaza Kapten Muslihat
Di dalam Plaza Kapten Muslihat (Taman Topi) terdapat sebuah taman yang diberi nama Taman Ade Irma Suryani, sebelumnya taman ini memiliki nama Taman Kebon Kembang tempat orang berwisata, namun pada tahun 1980-an taman ini beralih fungsi menjadi terminal angkutan kota karena letaknya yang strategis di muka Stasiun Bogor. Namun terminal tersebut kemudian direnovasi menjadi Plaza Kapten Muslihat yang mengusung konsep Bangunan berbentuk Topi, sehingga masyarakat setempat menyebutnya dengan Taman Topi. Pada saat itu Plaza Kapten Muslihat merupakan salah satu alternatif tempat berwisata sebelum lonjakan mal dan plaza melanda Bogor. Taman topi dilengkapi berbagai wahana permainan, namun sejak tahun 1994 sampai saat ini (tahun 2007) tempat ini menjadi tidak terawat baik karena dikepung oleh pedagang kaki lima (PKL) dan angkutan kota. Selain itu, di dalamnya terdapat pula Pusat Informasi Kepariwisataan atau 'Tourist Information Centre'.

No comments:

Post a Comment