1/27/2015

Mengenal Manfaat Air Beras untuk Kesehatan dan Perawatan Rambut

Tak hanya bermanfaat sebagai makanan pokok saja, bagian bulir padi ini juga bermanfaat dalam hal kesehatan dan kecantikan rambut. Karenanya saat ini banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan beras sebagai salah satu komposisinya.
Mengenal Manfaat Air Beras untuk Kesehatan dan Perawatan Rambut
Beras
Namun apakah Anda tahu kalau air beras atau air cucian beras juga berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan rambut? Air beras mengandung 8 jenis asam amino esensial yang dapat membantu meregenerasi sel. Lantas apa saja manfaat air beras bagi kesehatan rambut? Penasaran, berikut ini beberapa manfaat air beras bagi kesehatan dan kecantikan rambut yang perlu untuk diketahui.

1. Rambut jadi bercahaya
Selain dapat digunakan untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah, air beras juga berkhasiat untuk menjadikan rambut bercahaya. Jika Anda ingin rambut bercahaya, caranya buat campuran air beras dan air mawar. Gunakan untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan selama setengah jam, kemudian bilas rambut.

2. Meningkatkan kesuburan rambut
Manfaat selanjutnya dari air beras yaitu bisa meningkatkan kesuburan rambut. Setelah mencuci rambut dengan sampo, lalu gunakan air cucian beras sebagai pengganti kondisioner. Kemudian bilas rambut dengan air beras dan lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu.

3. Mengatasi dan memperbaiki rambut bercabang
Beberapa kerusakan rambut berasal dari penataan rambut. Salah satu kerusakan rambut adalah rambut bercabang. Untuk mengatasi dan memperbaiki rambut bercabang, celupkan ujung rambut pada semangkuk air cucian beras. Kemudian diamkan selama 15 - 20 menit, lalu bilas rambut dengan air bersih.

4. Mengatasi ketombe secara alami
Tahukah Anda, kulit dengan pH yang tidak seimbang adalah salah satu penyebab utama munculnya ketombe. Selain menggunakan lidah buaya, jeruk nipis, dan minyak zaitun, ternyata air beras juga ampuh untuk mengatasi ketombe. Caranya, bilas kulit kepala dengan air beras untuk menyeimbangkan pH kulit.

5. Mengatasi kutu rambut
Salah satu upaya untuk mengatasi dan menghilangkan kutu rambut yang efektif adalah dengan air beras. Ya, sari pati pada beras ternyata mampu melenyapkan kutu rambut dan larvanya. Caranya, gunakan air beras untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Kemudian diamkan selama satu jam, lalu bilas rambut dengan air bersih.

6. Menguatkan akar rambut
Selain bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan rambut, air juga juga berkhasiat untuk menguatkan rambut dari akar. Setelah menggunakan sampo, siram air beras pada rambut Anda. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air sampai bersih. Protein dari beras akan membantu menguatkan rambut Anda dengan menguatkan bagian yang rapuh dan memperbaiki batang rambut yang rusak. Rambut Anda jadi lebih lembut dan berkilau.

7. Mencegah rambut rontok
Untuk memperoleh manfaat ini, Anda bisa merawat rambut dengan cara menyiram air beras pada rambut sehabis keramas. Diamkan selama beberapa menit agar menyerap ke dalam kulit dan rambut, kemudian siram dengan air bersih. Protein beras yang ikut larut dalam air akan membantu untuk menguatkan rambut dan mencegahnya dari kerontokan dan patah, serta memperbaiki rambut yang rusak. Hasilnya, rambut tampak lebih indah secara alami.

No comments:

Post a Comment