12/20/2014

Fakta Unik dan Menarik seputar Mata Manusia

Fakta Unik dan Menarik seputar Mata Manusia -
unikposts -
Mata adalah salah satu organ penglihatan yang paling kompleks, juga merupakan organ yang paling unik dari manusia. Melalui mata, seseorang dapat membaca gerak tubuh, kepribadiaan hingga perasaan yang tidak dapat disampaikan melalui ucapan.Tahukah anda, penyakit diabetes dapat dideteksi melalui pemeriksaan mata.
Fakta Unik dan Menarik seputar Mata Manusia
Mata Manusia
Selain itu, mata merah merupakan pertanda jika seseorang memiliki masalah dengan kesehatan jantung. Selain fakta ilmiah yang telah disebutkan, masih ada lagi fakta unik tentang mata. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa keunikan seputar mata.

1. Retina mata memiliki 256 karakteristik unik
Sidik jari hanya memiliki 40 karakteristik unik. Namun jaringan iris pada mata manusia memiliki 256 karakteristik unik. Itulah sebabnya mengapa scan retina kerap digunakan untuk tujuan keamanan.

2. Memproduksi struktur air mata yang unik dan berbeda-beda
Ketika manusia merasa sedih, marah, atau bahagia biasanya akan berujung pada produksi air mata. Namun ternyata setiap kondisi tersebut memiliki struktur yang unik dan berbeda-beda ketika ditempatkan di bawah mikroskop.

3. Semua orang memiliki mata cokelat
Pada dasarnya semua orang memiliki mata cokelat sampai seseorang hidup dan bermutasi secara genetik. Namun kondisi cuaca dan geografis pada suatu daerah membuat beberapa orang memiliki mata biru dan hijau. Selain itu, beberapa orang dilahirkan dengan bola mata kiri dan kanan yang berbeda warna.

4. Menghasilkan kualitas gambar terbalik
Tahukah anda, gambar yang terbentuk di mata merupakan hasil produksi pemandangan terbalik retina. Otak kemudian berperan membalik gambar sehingga tampak lurus di pandangan. Bahkan, mata manusia mengandung 107 juta sel yang peka terhadap cahaya. Selain itu, mata dapat melihat 24 juta gambar yang berbeda.

5. Organ terkuat kedua
Jika otak berada di peringkat pertama organ tubuh paling kuat, maka mata berada di peringkat kedua. Mata dapat menggunakan 65 persen kemampuan otak dan memproses 36 ribu bit informasi per jam. Mata Anda juga dapat bekerja nonstop tanpa istirahat, bahkan dalam keadaan tidur.

6. Kemampuan membaca
Ketika membaca menggunakan layar, manusia memiliki kemampuan membaca 25 kali lebih lambat jika dibandingkan membaca di atas kertas atau buku cetak. Hal ini disebabkan oleh paparan cahaya layar monitor sehingga membuat mata membaca kurang akurat dan komprehensif. Temuan ini pertama kali diamati oleh seorang ahli web terkemuka, Jakob Nielsen.

7. Lensa kamera dan mata
Sebuah fakta mengungkapkan bahwa lensa mata memiliki kemampuan lebih cepat dibandingkan lensa kamera tipe apapun. Tingkat kemampuan berkedip mata berbeda antara satu orang dengan lainnya, tetapi rata-rata dalam sehari seseorang bisa berkedip hingga 17.000 kali. Selain itu, mata dapat memproses 36.000 potongan informasi dalam 1 jam.

8. Berkedip dipengaruhi oleh kondisi
Frekuensi mata berkedip ternyata juga dipengaruhi oleh kondisi dan lingkungan. Misalnya, ketika mata mendapatkan informasi penting, biasanya kita jarang berkedip, begitu pula jika sebaliknya. Selain itu, manusia akan berkedip lebih banyak ketika mereka berbicara.

9. Mata biru dan mata gelap
Orang-orang dengan mata biru memiliki kemampuan lebih ketika melihat dalam gelap jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki mata lebih gelap atau berwarna hitam.

10. Tidak dapat melihat cahaya ultraviolet atau inframerah
Mata manusia bisa membedakan 500 jenis warna abu-abu dan dapat mendeteksi 10 juta warna. Meski demikian, mata tidak dapat melihat cahaya ultraviolet ataupun inframerah.
Fakta Unik dan Menarik seputar Mata ManusiaTitle : Fakta Unik dan Menarik seputar Mata Manusia ~ unikposts
Description : Mata adalah salah satu organ penglihatan yang paling kompleks, juga merupakan organ yang paling unik dari manusia. Melalui mata, seseorang ...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->