11/07/2014

12 Makanan untuk Kecerdasan Otak

Otak yang cerdas adalah impian bagi setiap orang. Otak merupakan pusat dari sistem saraf, dan bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan juga pemikiran. Otak terbentuk dari dua jenis sel yaitu glia dan neuron. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dengan cara mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmiter.
Buah_pisang_47
Buah Pisang
Namun tahukah anda, makanan yang kita konsumsi berpengaruh terhadap kinerja otak. Karena faktanya, asupan nutrisi dan gizi pada makanan memang terbukti dapat mempengaruhi kualitas kognitif dan motorik. Berikut ini ada beberapa makanan yang bermanfaat untuk mencerdaskan otak.

1. Blueberry
Jenis tanaman berbunga berupa semak dalam genus Vaccinium ini tumbuh di Amerika dan Australia. Blueberry memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh, meningkatkan memori, dan juga keterampilan motorik. Selain itu, buah ajaib ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah normal dan membantu mencegah stroke dengan cara melindungi pembuluh darah halus yang terdapat di otak.

2. Bawang putih
Ini merupakan bahan utama untuk bumbu dasar pada masakan Indonesia. Bawang putih sangat kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan-nya ini berfungsi sebagai anti-penuaan, ditambah dengan senyawa yang dapat mencegah infeksi dari gangguan bakteri dan virus. Selain berkhasiat untuk mengatasi flu, infeksi, dan batuk, bawang putih juga bisa membuat anda berpikir lebih jernih.

3. Beras merah
Beras merah adalah beras yang belum melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit seutuhnya, sehingga masih terdapat lapisan kulit yang menyelimutinya. Beras merah sangat baik untuk mengasah kemampuan kognitif karena terdiri dari vitamin dan mineral penting lainnya, seperti magnesium. Selain itu bagi anda yang sedang menjalani program diet atau mengidap penyakit diabetes, mengkonsumsi nasi merah jauh lebih baik jika dibandingkan makan nasi putih.

4. Bayam
Sayuran hijau yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting. Kandungan nutrisi dalam bayam dapat meningkatkan kemampuan memori dan mengingat otak lebih baik. Selain itu, konsumsi sayur bayam secara rutin bisa membantu anda tetap awet muda, juga bisa mencegah menurunnya kualitas kognitif di sistem saraf.

5. Buah anggur
Buah yang biasanya digunakan untuk membuat jus anggur ini merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah anggur sangat kaya akan kandungan antioksidan. Konsumsi buah anggur secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem motorik dan memori jangka pendek secara signifikan.

6. Cokelat
Sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao ini ternyata juga sangat baik untuk menutrisi otak. Cokelat banyak mengandung Flavonoid yang memicu pembentukan sel saraf baru pada otak yang dapat menambah kemampuan menyimpan ingatan dalam memori otak.

7. Minyak zaitun
Minyak yang diperoleh dari buah zaitun ini dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun. Selain itu, minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk mencerdaskan otak. Kandungan antioksidan berupa polyphenol pada minyak zaitun sudah tidak bisa diragukan lagi. Karena polyphenol dapat membantu mengatur kadar tekanan darah dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

8. Telur
Ada banyak cara mengolah telur, salah satunya adalah telur mata sapi. Telur yang biasa kita konsumsi ini juga sangat baik untuk menutrisi otak. Karena faktanya di dalam telur terdapat asam amino yang dibutuhkan untuk mencerdaskan otak kita.

9. Minyak ikan
Selain bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit jantung dan gejala arthritis, minyak ikan dapat meningkatkan kecerdasan. Kandungan asam lemak omega-3 sangat baik untuk jantung dan otak. Asam lemak omega-3 dalam darah dapat meningkatkan kerja hormon otak. Kandungan lemaknya yang cukup rendah dapat membantu menguatkan kinerja memori otak.

10. Brokoli
Jenis sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae ini adalah tanaman dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Brokoli juga sangat baik untuk mencerdaskan otak, karena mengandung vitamin C, antioksidan dan juga betakaroten yang berperan penting untuk menjaga kesehatan otak.

11. Alpukat
Buah yang sering dibuat jus ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak. Karena buah alpukat kaya akan vitamin E. Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan dan mampu memperbarui sel-sel otak.

12. Buah pisang
Buah berwarna kuning jika telah masak ini juga bermanfaat untuk mencerdaskan otak. Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Selain itu, buah yang berasa manis ini juga mengandung vitamin C, B kompleks, vitamin B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

No comments:

Post a Comment