11/07/2014

Menggali Tips untuk Mengatasi Influenza dengan Cepat

Influenza, atau yang lebih dikenal dengan sebutan flu, adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA. Gejala yang paling umum dari penyakit ini yaitu menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, lemas, dan rasa tidak nyaman secara umum. Perubahan iklim kerap membuat kepala terasa pening, hidung tersumbat hingga batuk dan rasa gatal pada tenggorokan. Tanda-tanda flu ini kerap mengganggu dalam kurun waktu satu minggu, atau bisa lebih lama. Biasanya, penyakit ini ditularkan melalui udara lewat batuk atau bersin, yang akan menimbulkan aerosol yang mengandung virus.
Menggali Tips untuk Mengatasi Influenza dengan Cepat
Ilustrasi Termometer
Flu menginfeksi banyak spesies binatang, dan transfer koloni virus antar spesies dapat terjadi. Kuat dugaan, unggas merupakan inang hewan utama dari virus influenza. Bila tanda-tanda di atas menghampiri, anda biasanya langsung memutuskan untuk mengkonsumsi obat. Namun sebenarnya, ada beberapa cara alami, efektif, dan cepat untuk mengatasi penyakit influenza.

1. Mengkonsumsi zinc
Seng adalah zat mineral esensial yang sangat penting bagi tubuh. Salah satunya, zat ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh hingga 40 persen lebih cepat membantu proses penyembuhan flu. Berdasarkan sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam Open Respiratory Medicine Journal diketahui suplemen yang mengandung zinc sangat efektif membantu menjaga sistem imun tubuh sehingga membuat anda terasa lebih sehat.

2. Perhatikan waktu istirahat dan tidur
Istirahat bermanfaat besar untuk pemulihan, dan menambah kekuatan setelah digunakan. Tidur merupakan faktor penting dalam istirahat, karena selama tidur semua fungsi-fungsi tubuh terisi diperbaharui lagi. Ketika bermasalah dengan flu, solusi terbaik untuk menyembuhkannya yakni dengan cara istirahat dan tidur. Flu adalah salah satu sinyal yang diberikan oleh tubuh agar anda tidak kelelahan dan memberikan waktu lebih untuk rehat dari kesibukan sehari-hari.

3. Hindari stress
Pengaruh gejala stres biasanya berupa gejala fisiologis. Pengaruh psikologis juga dapat menurunkan sistem imun tubuh hingga sulit melawan virus penyebab flu. Beberapa solusi untuk untuk mempraktekkan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi agar lebih tenang. Dengan begitu, anda akan lebih mudah mengatasi flu.

4. Asupan nutrisi
Nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Nutrisi atau gizi dari makanan dan minuman berkaitan terhadap kesehatan dan penyakit, khususnya dalam menentukan diet yang optimal. Ketika flu mengganggu, usahakan untuk mengkonsumsi makanan hangat atau pedas untuk menghambat kerja virus. Karena, rasa hangat pada makanan atau minuman seperti sup dan teh dapat membuat tubuh terasa lebih hangat dan bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit.

5. Berolahraga
Tahukah Anda, berolahraga tidak hanya untuk mengencangkan otot dan meningkatkan stamina tubuh. Ada banyak manfaat lain seperti efek psikologi, dan ini membuktikan bahwa berolahraga memiliki multi manfaat. Salah satunya yaitu bermanfaat untuk menyembuhkan flu. Selain bermanfaat untuk memperlambat dan mencegah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, osteoporosis, dan beberapa penyakit lainnya. Berolahraga bahkan bisa memperlambat proses penuaan dan juga meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan memiliki sistem imun tubuh yang lebih baik, setidaknya anda bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit influenza dan penyakit umum lainnya.

No comments:

Post a Comment