7/22/2014

10 Stasiun Kereta Api Terbesar di Seluruh Penjuru Dunia

10 Stasiun Kereta Api Terbesar di Seluruh Penjuru Dunia -
unikposts -
Saat ini, ada banyak pilihan perjalanan yang tersedia untuk para pelancong di seluruh Dunia, melatih masih menjadi pilihan yang nyaman di tangan untuk bepergian di jalan. Stasiun kereta api, juga dikenal sebagai stasiun kereta api, adalah titik di mana kereta berhenti untuk memuat dan membongkar penumpang atau barang. Seringkali, stasiun ini dijadikan pusat untuk sistem transportasi suatu negara. Terlepas dari tujuan utilitas mereka, beberapa stasiun kereta api juga dibangun untuk menyenangkan rasa estetika seseorang.
10 Stasiun Kereta Api Terbesar di Seluruh Penjuru Dunia
By Lezumbalaberenjena at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Stasiun tersebut dibangun dengan arsitektur yang unik dan mengesankan yang menambah prestise ke kota-kota tuan rumah mereka. Stasiun besar biasanya diberi perlengkapan yang lebih banyak daripada stasiun kecil untuk menunjang kenyamanan penumpang maupun calon penumpang kereta api, seperti ruang tunggu (VIP ber AC), restoran, toilet, area parkir, sarana keamanan, sarana komunikasi, dipo lokomotif, dan sarana pengisian bahan bakar.

Stasiun kereta api di seluruh dunia telah membuat catatan dalam banyak kategori seperti stasiun tersibuk, stasiun tertinggi, stasiun terpanjang, stasiun terbesar dengan luas lantai, dan stasiun terbesar dengan jumlah platform. Pada daftar stasiun kereta api terbesar di dunia ini berdasarkan jumlah platform. Umumnya, negara-negara Eropa mendominasi daftar stasiun kereta api terbesar di dunia. Berikut 10 stasiun kereta api terbesar di seluruh penjuru dunia.

1. Grand Central Terminal, Amerika Serikat
Grand Central Terminal interior - DSC06459
By Daderot (Daderot) [CC0 or CC0]via Wikimedia Commons
Grand Central Terminal (GCT) adalah komuter kereta api terminal di 42nd Street dan Park Avenue di Midtown Manhattan di New York City, Amerika Serikat. Dibangun oleh dan dinamai New York Central Railroad di masa kejayaan dari jarak jauh wisata Amerika kereta api penumpang, itu adalah fasilitas tersebut terbesar di dunia dengan jumlah platform dengan 44 melayani 67 lagu bersama mereka. Mereka berada di dua tingkat, baik di bawah tanah, dengan 41 lagu di tingkat atas dan 26 di bawah, meskipun jumlah trek sepanjang platform dan meter rel melebihi 100 Terminal meliputi area seluas 48 hektar (19 ha). Dibangun pada tahun 1871, fasilitasnya termasuk restoran, toko roti, pasar buah segar, berita-berdiri, Museum yang, kedai kopi Starbucks dan sebuah toko Apple. Memiliki sub-basement (karena lokasi yang tepat tidak diketahui), M42, rahasia yang menyediakan arus DC ke Terminal. Grand Central Terminal dinobatkan sebagai 'Stasiun terindah di dunia "(BBC) dan menurut majalah Travel + Leisure, itu adalah 6th obyek wisata yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan 21,6 juta pengunjung per tahun.

2. Gare du Nord, Perancis
SNCF 817010 at Gare du Nord
By Alf van Beem (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Terletak di Paris, Gare du Nord merupakan stasiun terbesar di Eropa dengan jumlah platform. Pertama kali dibuka pada tahun 1846, itu adalah salah satu stasiun kereta api tersibuk di Dunia. Setelah menjalani banyak ekspansi untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat penumpang, Gare du Nord memiliki total 44 platform (2 tidak terbuka untuk umum). Terletak di jantung Eropa, memiliki sebuah bangunan yang indah. Fasilitasnya meliputi kafe, toko-toko suvenir, agen koran, koleksi mesin e-tiket, layanan bagasi terdaftar, dan toilet (dengan fasilitas bayi mengubah). Dengan proyek ekspansi lebih sesuai, dikatakan memiliki 77 platform yang akan membuatnya Dunia stasiun terbesar dengan jumlah platform. 

3. Stasiun Shinjuku, Jepang
Shinjuku Station at 11-25 a.m. on Saturday 8 February 2014
By English: Abasaa日本語: あばさー (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Stasiun kereta api yang terletak di Shinjuku, Tokyo, Jepang. Stasiun Shinjuku berfungsi sebagai stasiun penghubung utama lalu lintas kereta api antara kawasan bisnis Tokyo dengan daerah-daerah di sebelah baratnya. Dibuka pada tahun 1885, Stasiun Shinjuku di Tokyo adalah Dunia stasiun tersibuk melayani sekitar 3,6 juta orang setiap hari. Untuk alasan ini juga termasuk dalam Guinness World Records. Stasiun Shinjuku menghubungkan pusat kota Tokyo dengan pinggiran barat. Ini memiliki arcade bawah tanah dan 200 keluar. Stasiun kereta api ini memiliki 36 platform. 

4. Munich Hauptbahnhof, Jerman
München Hauptbahnhof - Prellbock mit Scherendämpfer (gesperrte Fläche)
By User:Mattes (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
München Hauptbahnhof adalah stasiun kedua terbesar di Eropa dengan jumlah platform. Awalnya dibangun pada tahun 1839 dan dibangun kembali pada tahun 1960 setelah Perang Dunia Kedua, stasiun ini melayani sekitar 450.000 penumpang setiap hari. Fasilitasnya mencakup toko makanan dan toko-toko hadiah di lantai dasar dan lantai pertama, shopping arcade di ruang bawah tanah, sebuah Museum Anak, dan Hotel. München Hauptbahnhof  memiliki 32 platform di atas tanah, 2 S-Bahn, dan 6 U-Bahn.

5. Stasiun Roma Termini, Italia
Metro roma termini
By Pino alpino (work of Pino alpino) [Public domain], via Wikimedia Commons
Stasiun Roma Termini adalah stasiun kereta utama di Roma. Dinamakan sama dengan distrik dimana stasiun ini berada, yang diambil dari bahasa latin thermae atau tempat mandi air panas, yang terletak di seberang jalan dari gerbang utama stasiun. Dibuka pada tahun 1862, Stasiun Kereta Api Termini Roma adalah salah satu stasiun utama di Roma. Hal ini juga dianggap sebagai stasiun terbesar kedua di Eropa. Roma Termini Station tidak hanya menyediakan layanan dalam negeri tetapi juga internasional, menghubungkan Roma dengan Paris, Wina, Munich, Jenewa, dan Basel. Stasiun Roma Termini memiliki 29 platform. 

6. Zurich Hauptbahnhof, Swiss
SBB RABDe 510 in Zürich HB Museumstrasse
By Kabelleger / David Gubler (www.bahnbilder.ch) (Karya sendiri: http://bahnbilder.ch/picture/1470) [Public domain], via Wikimedia Commons
Stasiun kereta api Zurich Hauptbahnhof, menjadi pusat pertukaran penumpang internasional dan sebagai stasiun kereta api terbesar serta tersibuk di Swiss. Dibuka pada tahun 1847, stasiun ini melayani sekitar 400.000 penumpang setiap hari. Host to 2.910 kereta per hari, Zurich hauptbahnhof juga telah dimasukkan dalam Inventarisasi Swiss Properti Budaya Signifikansi Nasional. Fasilitasnya meliputi pusat perbelanjaan dan salah satu ruang tertutup terbesar di Eropa (lebih dari 55.000 meter persegi) yang menawarkan udara terbuka bioskop, skating, dll Dengan 26 platform. Jaringan trem yang menyeluruh mencakup pusat kota dan juga akan membawa Anda ke tepi-tepi alam dengan cepat.

7. Leipzig Hauptbahnhof, Jerman
Leipzig Hauptbahnhof 1985
By Monster4711 (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Leipzig Haubahnhof (Leipzig Central) adalah stasiun kereta api terbesar di Eropa dengan luas lantai (83.460 meter persegi). Dengan concourse multi-level, melayani sekitar 120.000 penumpang setiap hari. Stasiun kota ini terdiri dari dua bagian bangunan, yakni querhalle alias koridor di bagian depan dan bahnsteighalle atau peron beratap. Dinding koridor terbuat dari batu-batu alam berwarna coklat muda. Bahnsteighalle terdiri dari 25 lintasan. Atap berbentuk seperti kumpulan pipa setengah lingkaran terbuat dari kerangka logam dan kaca. Dibuka pada tahun 1915 tetapi rusak dan direnovasi pada 1950-an ketika basement ditambahkan untuk memasukkan pusat perbelanjaan. Ini memiliki 24 platform. 

8. Chhatrapati Shivaji Terminus, India
Victoria Terminus GIP Rail
By University of Houston [Public domain], via Wikimedia Commons
Sebelumnya dikenal sebagai Victoria Terminus, Chatrapati Shivaji Terminus adalah bangunan bersejarah yang terletak di Mumbai. Dibangun selama British Raj, selesai pada tahun 1888. Ini adalah sebuah bangunan megah dengan gaya arsitektur Victorian Tinggi Gothic. Arsitek bangunan adalah Fredrick William Stevens dan menarik, desain didasarkan pada sketsa cat air oleh Axel Haig. Ini gedung yang indah juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO yang membuatnya menjadi tujuan wisata yang menarik. Stasiun ini juga memiliki jaringan sub-urban dan asrama ber-AC. Ini adalah stasiun kereta api tersibuk di India dan salah satu stasiun tersibuk di Asia. Stasiun ini memiliki 18 platform. 

9. Berlin Hauptbahnhof, Jerman
Berlin Hauptbahnhof 140 panorama lower levels
By François [Public domain], via Wikimedia Commons
Berlin Hauptbahnhof (Berlin Central Station) atau Stasiun Utama Berlin adalah stasiun kereta api utama di Berlin, Jerman. Stasiun ini terletak di lokasi bersejarah Lehrter Bahnhof, dan sampai dibuka sebagai stasiun jalur utama, stasiun ini adalah pemberhentian kereta api pinggiran kota Berlin S-Bahn yang sementara bernama Berlin Hauptbahnhof-Lehrter Bahnhof. Dibuka pada tahun 2006, Berlin Central Station telah menjadi stasiun kelas-separated terbesar di Eropa. Ini memiliki total 14 platform: 6 atas dan bawah 8. Ini memiliki terowongan dan jembatan sedangkan bangunan utama memiliki kaca dan struktur baja. Sekitar 44.000 meter persegi adalah area yang didedikasikan untuk ruang komersial di mana ada pusat perbelanjaan (dengan sekitar 80 toko), pusat bagasi, loker, parkir mobil, dan akses internet gratis. Stasiun ini dikatakan untuk melayani sekitar 300.000 penumpang setiap hari. 

10. Stasiun Jakarta Kota, Indonesia
Jakarta Kota Station
By hiroo (Jakarta Kota Station) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Stasiun Jakarta Kota, dikenal pula sebagai Stasiun Beos adalah stasiun kereta api terbesar di Indonesia yang berusia cukup tua di Kelurahan Pinangsia, Kota Tua Jakarta. Dibangun pada sekitar tahun 1870-an dan direnovasi pada tahun 1926, Stasiun Kota Jakarta dikatakan stasiun kereta api terbesar di Asia Tenggara. Memiliki 12 platform, juga memiliki toko yang nyaman, food court, toilet umum, ATM, dan sebuah masjid. Para Stasiun Jakarta Kota memiliki makna sejarah dan budaya di Indonesia sejak tahun 1993 itu memiliki hak istimewa untuk dimasukkan sebagai salah satu bangunan bersejarah dan budaya. Fakta ini juga membuat daya tarik wisata. Stasiun ini melayani jalur kereta api di seberang Pulau Jawa, Stasiun Gambir, Stasiun Jatinegara, Pasar Senen Station, dan tiga KRL Jabotabek jalur. Stasiun Jakarta Kota merupakan buah karya seorang Arsitek kelahiran Belanda, Frans Johan Louwrens Ghijsels. Stasiun bergaya art deco ini didesain dan dibangun dengan kombinasi struktur dan teknik Eropa yang dipadukan dengan bentuk tradisional setempat. Stasiun Jakarta Kota mencerminkan filosofi Yunani, yaitu kesederhanaan. Sampai saat ini Stasiun Jakarta Kota adalah stasiun penumpang terbesar dan memiliki rel serta peron terbanyak yang berjumlah 12.
10 Stasiun Kereta Api Terbesar di Seluruh Penjuru DuniaTitle : 10 Stasiun Kereta Api Terbesar di Seluruh Penjuru Dunia ~ unikposts
Description : Saat ini, ada banyak pilihan perjalanan yang tersedia untuk para pelancong di seluruh Dunia, melatih masih menjadi pilihan yang nyaman di t...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->