7/03/2014

7 Jalan Terunik di Berbagai Penjuru Dunia

7 Jalan Terunik di Berbagai Penjuru Dunia -
unikposts -
Pada umumnya, jalan dibangun untuk mempermudah penggunanya agar nyaman saat melakukan perjalanan. Akan tetapi percaya atau tidak, ternyata ada beberapa tempat di berbagai penjuru dunia yang memiliki jalan unik tidak seperti jalan pada umumnya. Dimana sajakah jalan-jalan terunik yang dimaksud? Berikut tujuh jalan unik tersebut, mari kita simak bersama-sama!

1. Baldwin Street, Selandia Baru
7 Jalan Terunik di Berbagai Penjuru Dunia
By Tobias Thierer (Camera: Canon Digital Ixus 330) (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Baldwin Street, di kota Dunedin, Selandia Baru, terkenal sebagai jalan paling curam di dunia. Jalan ini terletak di suburb North East Valley, yaitu 350 meter timur laut dari pusat kota Dunedin. Jalan ini diawali dengan tanjakan biasa lalu naik semakin curam sampai kemiringan 19 derajat. Tak salah jika jalan ini dinobatkan sebagai jalan paling curam di dunia.

2. Magic Roundabout, Inggris
Magic RoundaboutP db
By Dickbauch stitched by Marku1988This panoramic image was created with Panorama Perfect. Stitched images may differ from reality. (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Magic Roundabout di Swindon, Inggris dibangun pada tahun 1972 dan terdiri dari lima mini bundaran yang disusun di sekitar pusat bundaran, sementara bundaran keenam berlawanan arah jarum jam. Terletak di dekat County Ground, rumah Swindon Town FC. Pada tahun 2009, jalan ini terpilih sebagai persimpangan paling menakutkan keempat di Inggris, dalam jajak pendapat oleh Britannia penyelamatan. Para pengendara setempat tampaknya memahami jalan ini, namun bagi para pengendara luar kota, sistem lima bundaran mini yang diposisikan di sekitar bundaran pusat terlihat benar-benar membingungkan. Terus berlatih akan membuat semuanya sempurna, mereka mengatakan demikian karena memang itulah satu-satunya pilihan untuk berkendara di bundaran tersebut.

3. Savoy Court, Inggris
Savoy-court-drive-right-out
By Nicholas Hodder (User:NFH) (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Seperti kita ketahui bahwa orang-orang di Inggris selalu berjalan di sebelah kiri seperti halnya kita di Indonesia. Hal ini tidak seperti di Amerika dan Eropa lainnya yang biasanya berjalan di sebelah kanan. Namun ada satu jalan di Inggris yang mendapatkan pengecualian, entah bagaimana awal ceritanya. Sebuah jalan di Savoy Court, Inggris malah mewajibkan pengguna jalan untuk berkendara di sebelah kanan. Bertentangan dengan sisi mengendara di jalan lain.

4. Lombard Street, Amerika
LombardStreet
By Gaurav1146 at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Lombard Street adalah jalan timur-barat di San Francisco, California. Jalan ini terkenal memiliki bagian satu blok curam yang terdiri dari delapan tikungan tajam dan sempit (switchback). Jalan itu dinamai Lombard Street di Philadelphia oleh San Francisco surveyor Jasper O'Farrell. Jalan sempit ini telah mendapatkan julukan menjadi jalan paling berkelok di dunia. Desain switchback itu lahir dari kebutuhan untuk mengurangi tingkat kecuraman bukit, yang terlalu curam untuk kendaraan yang melaju naik. Tapi Anehnya, saat ini jalan tersebut digunakan untuk lalu lintas satu jalur yaitu menuruni bukit. Jalan yang berkelak-kelok itu panjangnya sekitar 400 meter dan dibatasi dengan taman bunga yang cantik dan terlihat asri.

5. Parliament Street, Inggris
7 Jalan Terunik di Berbagai Penjuru Dunia
By IoOssessionatodallalibertà92 di Wikipedia bahasa Italia (Own work by the original uploader) [Public domain], from Wikimedia Commons
Parliament Street adalah sebuah jalan sempit sepanjang 50 meter di kota Exeter, Devon, Inggris. Jalan ini menghubungkan High Street dan Waterbeer Street dan telah ada sejak abad ke-14. Ukuran tersempit yaitu 0,64 meter dan 1,22 meter terluas, telah diklaim sebagai jalan tersempit di dunia,  meskipun judul ini sebenarnya Spreuerhofstraße di Reutlingen, Jerman. Jalan tersempit ini sebelumnya disebut Small Lane dan diganti namanya ketika Parlemen dicemooh oleh dewan kota untuk melewati Bill Reformasi 1832. Pada tahun 1836 penduduk di Jalan Waterbeer menyumbang £ 130 untuk memperlebar Parliament Street, tapi tidak ada yang dilakukan tentang hal ini. 

6. Pan-American Highway, Amerika - Panama
Panamericana El Salvador Pista
By Ll1324 (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Pan-American Highway adalah jalur jalan raya dengan panjang total sekitar 48 ribu kilometer, yang disebut Darién Gap, ruas jalan hampir di semua negara-negara di daratan Amerika dalam sistem jalan raya yang terhubung. Menurut Guinness World Records, Pan-American Highway adalah terpanjang "jalan motorable" di dunia. Namun, karena Darién Gap, tidak mungkin untuk menyeberang antara Amerika Selatan dan Amerika Tengah oleh kendaraan bermotor tradisional. Jalan terpanjang di dunia ini melewati 15 negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Peru, Argentina dan El salvador.

7. 9 de Julio Avenue, Argentina
Av. 9 de Julio in Buenos Aires (5423079227)
By Liam Quinn from Canada [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
9 de Julio Avenue, yang terletak di kota Buenos Aires, Argentina, adalah jalan terluas di dunia. Namanya menghormati Hari Kemerdekaan Argentina, 9 Juli 1816. Letaknya sekitar 1 kilometer di sebelah barat pantai Río de la Plata, dari distrik Retiro di utara dan stasiun Constitucion di selatan. Jalan ini memiliki hingga tujuh jalur di setiap arah dan diapit oleh jalan-jalan paralel dari dua jalur masing-masing. Ada dua median lebar antara jalan-jalan dan jalan utama. Pengendara yang lebih cepat yang akan beruntung sampai ke sisi lain sebelum lampu lalu lintas di persimpangan berubah merah. Seorang pejalan kaki yang ingin menyeberangi jalan ini biasanya memerlukan waktu beberapa menit tambahan dan harus melewati rotasi lalu lintas 2-3 pergantian lampu merah. 

Meski panjang jalan raya ini hanya 1 kilometer, namun lebarnya mencapai 110 meter. Jalan raya ini pertama kali direncanakan pada 1888, dengan nama Ayohuma, namun proyek pembangunan jalan sudah lama ditentang oleh pemilik tanah yang terkena dampak penggusuran, sehingga pekerjaan proyek molor dikerjakan sampai tahun 1935. Bahkan pemerintah Perancis menolak untuk menyerahkan gedung kedutaannya untuk dibongkar, dan preservationists lokal menentang langkah itu juga, karena bangunan secara luas dipuji sebagai suatu maha karya arsitektur. Tahap awal diresmikan pada tanggal 9 Juli 1937 dan bentangan utama dari jalan rampung pada 1960-an. Koneksi selatan diselesaikan setelah tahun 1980, ketika bagian pusat kota dari sistem kondisi jalan tol selesai. Kliring hak untuk persimpangan ini mendapat kecaman besar di daerah Constitucion.
7 Jalan Terunik di Berbagai Penjuru DuniaTitle : 7 Jalan Terunik di Berbagai Penjuru Dunia ~ unikposts
Description : Pada umumnya, jalan dibangun untuk mempermudah penggunanya agar nyaman saat melakukan perjalanan. Akan tetapi percaya atau tidak, ternyata ...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->