8/25/2014

10 Manfaat Ajaib Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Ajaib Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Belimbing wuluh, belimbing buluh, belimbing sayur, atau belimbing asam adalah sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, di Indonesia. Tanaman ini menyebar ke Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Sebenarnya banyak manfaat belimbing wuluh, terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Bagi anda yang ingin sehat dan cantik alami bisa mengkonsumsi buah belimbing wuluh, namun tidak harus dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang sangat asam.
10 Manfaat Ajaib Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh
Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi)
Buah yang memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi sering diolah sebagai campuran bahan masakan seperti garang asam, dan beberapa masakan sedap lainnya. Beberapa kandungan pada buah belimbing wuluh adalah asam askorbat, fosfor, kalsium dan zat besi. Selain itu terdapat pula protein, thiamine, riboflavin, dan karoten. Mungkin di tempat lain Anda akan menemukan artikel tentang cara pengobatan menggunakan belimbing wuluh. Supaya sedikit berbeda, disini saya akan menyajikan informasi seputar manfaat belimbing wuluh. Berikut ini ada beberapa manfaat ajaib belimbing wuluh bagi kesehatan tubuh.

1. Anti kanker
Tingginya kandungan asam askorbat (vitamin C) yaitu 15,5 mg pada buah belimbing wuluh, sangat berkhasiat untuk mencegah kanker. Selain bermanfaat sebagai anti kanker, vitamin C yang terdapat pada buah ini juga berperan penting untuk mengontrol tekanan darah.

2. Mencegah penyakit jantung
Manfaat belimbing wuluh yang selanjutnya yaitu bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Diketahui bahwa vitamin C mampu menghilangkan aterosklerosis yang terdapat di dalam jantung. Aterosklerosis ialah suatu kondisi dimana arteri jantung menebal dan mampu meningkatkan penyakit jantung sebab darah Anda menjadi tidak lancar.

3. Mempercepat penyembuhan luka
Salah satu peran penting vitamin C yang terdapat pada buah belimbing wuluh atau belimbing sayur yaitu mempercepat penyembuhan luka. 

4. Mengobati sariawan
Selain bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, belimbing wuluh juga berkhasiat untuk mengobati sariawan. Hal ini tentu berkaitan dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah belimbing wuluh.

5. Sistem imun tubuh
Selain vitamin C yang berguna sebagai sistem imun tubuh, zat besi pada buah belimbing wuluh juga berperan penting dalam pembentukan sistem imun tubuh untuk melawan berbagai jenis penyakit dan infeksi.

6. Mencegah dan menyembuhkan anemia
Mengkonsumsi belimbing wuluh secara rutin dapat membantu anda terhindar dari anemia. Sebab, buah ini mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit anemia. Seperti yang kita ketahui, kekurangan asupan zat besi dapat menyebabkan anemia.

7. Menyehatkan tulang dan gigi
Belimbing wuluh yang kaya akan vitamin C berperan penting dalam membangun jaringan tubuh, kolagen, tulang rawan, gigi dan tulang. Sehingga tulang dan gigi menjadi lebih sehat dan kuat serta terhindar dari osteoporosis. Selain itu, senyawa fosfor sebanyak 11.1 mg dan kalsium 3.4 mg pada buah belimbing wuluh juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

8. Menyehatkan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada buah belimbing wuluh sangat membantu untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, fosfor yang terdapat pada buah ini juga berperan penting dalam membantu pencernaan.

9. Mengurangi risiko diabetes
Buah yang kaya akan vitamin C ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh dan membantu mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya.

10. Menyehatkan kulit
Vitamin C pada buah belimbing wuluh memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini juga akan meningkatkan pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan.

Jadi, itulah beberapa manfaat buah belimbing wuluh bagi kesehatan tubuh. Selain manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan, belimbing ini juga sangat bermanfaat untuk kecantikan, yaitu sebagai obat jerawat. Selain itu, belimbing wuluh juga bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit secara alami. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi belimbing wuluh. Meski sebagai campuran bahan masakan, sangat disarankan mengkonsumsi belimbing ini setiap hari, terutama bagi yang menderita beberapa penyakit yang sudah disebutkan di atas.
10 Manfaat Ajaib Belimbing Wuluh untuk Kesehatan TubuhTitle : 10 Manfaat Ajaib Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Belimbing wuluh, belimbing buluh, belimbing sayur, atau belimbing asam adalah sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->