8/26/2014

Khasiat dan Manfaat Ajaib Cincau bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Ajaib Cincau bagi Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar misalnya es cincau atau es campur. Cincau adalah gel berbentuk seperti agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun tumbuhan ke dalam air. Terbentuknya gel karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. 
DSC0175201
Cincau
Cincau sebenarnya adalah nama tumbuhan Mesone. spp., yang menjadi bahan pembuatan gel ini. Cincau sangat kaya akan kandungan mineral terutama kalsium, fosfor, vitamin A, dan thiamin. Selain itu, cincau juga mengandung zat besi, protein, karbohidrat, dan vitamin C , namun dalam jumlah yang sedikit. Berikut ini ada beberapa khasiat dan manfaat ajaib cincau bagi kesehatan tubuh. 


1. Meredakan panas dalam
Panas dalam terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak seperti daging dan coklat, makanan berminyak, mengkonsumsi makanan yang masih panas. Cincau adalah salah satu obat alami yang sangat berkhasiat untuk meredakan panas dalam.

2. Menyehatkan saluran pencernaan
Serat yang terdapat pada cincau sangat bermanfaat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker. Selain itu, serat juga berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Mineral fosfor yang terdapat pada cincau berguna dalam mengurangi gejala gangguan saluran pencernaan seperti kembung.

3. Mencegah hipertensi
Adanya senyawa S,S-tetandrin dan alkaloid bisbenzilsokuinolin sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Kalsium yang ditemukan pada cincau berfungsi untuk menormalkan tekanan darah. Jika darah menjadi normal, maka anda akan terbebas dari hipertensi.

4. Menyehatkan tulang dan gigi
Unsur kalsium dan fosfor memang telah terbukti sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bersama dengan kalsium, fosfor akan membentuk senyawa kalsium fosfat. Kalsium fosfat merupakan senyawa utama yang berfungsi untuk memperkuat struktur tulang dan gigi. Cincau sangat kaya akan senyawa ini, jadi sangat bermanfaat untuk menyehatkan tulang dan gigi. Selain sehat, rutin mengkonsumsi cincau akan membuat Anda terhindar dari osteoporosis.

5. Anti kanker
Senyawa lain yang terdapat pada cincau seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas. Cincau juga mengandung S,S-tetandrin dan alkaloid bisbenzilsokuinolin yang berkhasiat untuk mencegah kanker pada ginjal dan sebagai anti radang. Adanya vitamin A yang terkandung pada cincau sangat bermanfaat untuk melawan kanker dengan cara menekan pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker.

6. Mencegah penyakit jantung
Tingginya kandungan kalsium yang terdapat pada cincau sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Selain kalsium, di dalam cincau terdapat pula thiamin. Vitamin ini bertanggung jawab terhadap produksi acetylcholine, suatu neurotransmitter yang menyalurkan pesan ke otot dan syaraf. Defisiensi thiamin dapat menyebabkan berkurangnya neurotransmitter dan denyut jantung menjadi tidak teratur. Sementara defisiensi parah thiamin dapat menyebabkan gagal jantung kongestif.

7. Mengatasi maag kronis
Maag umumnya diakibatkan karena sumber makanan yang di konsumsi kurang mengandung sumber vitamin yang banyak mengandung serat, karena serat sangat baik bagi kesehatan lambung. Mengkonsumsi cincau secara rutin dapat meringankan maag, karena terdapat serat yang berguna untuk mengatasi maag kronis.

8. Memaksimalkan fungsi otak
Mineral fosfor yang terdapat pada cincau berguna untuk membangun dan memelihara jaringan otak. Asupan fosfor yang cukup dapat membantu aktivitas otak dalam berpikir dan mengingat. Selain itu, terdapat pula thiamin yang bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak.

9. Melenturkan otot
Daun cincau hijau mengandung zat dimetil kurin-1 dimetoidida. Senyawa ini sangat berkhasiat untuk melenturkan otot. Selain itu, terdapat pula kalsium yang mempunyai fungsi sama.

10. Menu diet yang sehat
Cincau sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani diet, karena cincau rendah kalori namun tinggi serat.
Khasiat dan Manfaat Ajaib Cincau bagi Kesehatan TubuhTitle : Khasiat dan Manfaat Ajaib Cincau bagi Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar misalnya es cincau atau es campur. Cincau adalah gel berbentuk seper...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->