8/28/2014

Khasiat dan Kandungan Nutrisi Udang untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Kandungan Nutrisi Udang untuk Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari permukaan laut dangkal hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan laut. Sama seperti makanan laut lainnya, udang kaya akan kalsium dan protein tetapi rendah energi.
Khasiat dan Kandungan Nutrisi Udang untuk Kesehatan Tubuh
Udang Goreng
Udang merupakan makanan yang lezat serta sehat dengan kandungan kolesterol normal. Hal ini dikarenakan udang rendah kalori serta lemak jenuh. Tetapi, meskipun kandungan kolesterolnya cukup tinggi, hasil penelitian menunjukan bahwa hasil laut ini tidak menaikkan kandungan kolesterol. Meskipun terjadinya peningkatan LDL yaitu kolesterol jahat, tetapi kandungan HDL yang disebut kolesterol baik juga meningkat. Jika anda takut pada kolesterolnya, bakar atau kukus udang terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa khasiat dan manfaat mengkonsumsi udang untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah kanker
Setiap 85 gram udang kukus bisa memenuhi 48 persen dari jumlah selenium harian tubuh. kekurangan selenium berkaitan dengan beragam jenis kanker. Beberapa peneliti di institute of food research (ifr) mengungkap bahwa gabungan sulforaphane serta selenium menambah kekebalan tubuh terhadap kanker sebanyak 13 kali lipat. Makanan yang kaya akan suforaphane diantaranya yaitu brokoli, kubis, serta sayuran yang lain. Selain terhindar dari kanker, selenium juga dapat menambah daya tahan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit dan infeksi.

2. Mengurangi resiko depresi
Sama seperti ikan, udang juga memiliki kandungan asam lemak esensial, omega-3. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa omega-3 bisa memberikan perlindungan yang kuat terhadap depresi serta bisa menambah mood bagi mereka yang sedang menderita masalah tersebut. Selain itu, omega-3 bisa menambah kecerdasan otak.

3. Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku
Protein adalah nutrisi yang sangat bermanfaat untuk jaringan sel kulit, rambut dan kuku. Udang adalah salah satu makanan yang sangat kaya akan mineral tersebut. Selain itu, kandungan kalorinya cukup rendah sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan diet.

4. Membantu memproses lemak
Vitamin B3 (Niasin) yang terdapat pada udang bisa membantu pemrosesan lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi untuk tubuh. Selain itu, niasin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik.

5. Mencegah anemia
Udang memiliki kandungan 21 % vitamin B12, yang disebut nutrisi penunjang produksi sel darah merah yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia. Vitamin B12 juga membantu pembentukan DNA, material genetis yang ada pada setiap sel. Hal ini dapat membuat metabolisme protein, karbohidrat, serta lemak di dalam sel tubuh berjalan dengan baik.

6. Menguatkan tulang
Hewan laut yang termasuk dalam kelas crustacea ini mempunyai kandungan fosfor di dalam tubuhnya. Kalsium dan fosfor yaitu dua zat yang dapat bekerja sama untuk membentuk tulang serta gigi yang kuat. Saat mengkonsumsi udang, kulitnya dimakan karena memiliki kandungan glucosamine yang berguna untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian. Kerusakan jaringan tulang rawan dapat menyebabkan nyeri pada persendian, yang biasa disebut sebagai pengeroposan tulang.

7. Meningkatkan energi
Kelelahan akan membuat tubuh menjadi lemas. Ini adalah suatu pertanda kurangnya kandungan zat besi di dalam tubuh. Udang sangat kaya akan kandungan zat besinya. Konsumsi hasil laut tersebut, sama seperti mengkonsumsi zat besi, yang disebut nutrisi mutlak di dalam pembentukan tenaga. Energi yang diperoleh juga tidak banyak, sebab jumlah kalori yang terkandung pada udang sangat rendah.
Khasiat dan Kandungan Nutrisi Udang untuk Kesehatan TubuhTitle : Khasiat dan Kandungan Nutrisi Udang untuk Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan"...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->