8/30/2014

Ragam Khasiat Buah Markisa bagi Kesehatan Tubuh

Ragam Khasiat Buah Markisa bagi Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Markisa diperkirakan berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora. Buah Markisa memiliki Nama ilmiah tanaman Passiflora edulis, dan merupakan jenis tanaman Merambat asli daerah tropis, buah markisa memiliki bentuk oval dan mengandung pulp berwarna kuning dan lembut. Di beberapa negara Buah Markisa dikenal dengan nama maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), Passion Fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Pasiflora (Israel), Lilikoʻi (Hawaii), dan Chanh dây atau Chanh leo (Vietnam).
Ragam Khasiat Buah Markisa bagi Kesehatan Tubuh
Buah Markisa
Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah, dan markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa antara lain Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Selain itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatera Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).

Tinggi pohon Markisa dapat mencapai beberapa meter, bunganya mekar di musim panas, dari Juli hingga September. Buah markisa, terdiri dari kandungan air 73 persen, protein, lemak, abu, serat, karbohidrat dan gula. Markisa sangat kaya akan mineral-mineral penting yaitu kalium, magnesium, natrium, fosfor, kalsium, zat besi, seng, dan selenium dalam jumlah yang tepat. Selain itu, buah markisa sangat kaya vitamin C, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, beta-karoten, vitamin K dan kolin. Dengan adanya kandungan beta karoten dan Bioflavonoid, buah ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Sifat lain dari buah markisa bermanfaat dalam masalah retensi air dan melindungi jantung dengan menjaga arteri tetap bersih. Menurut studi yang dilakukan oleh University of Arizona selama dua tahun, ditemukan sifat zat nyeri dan anti-inflamasi pada buah markisa. Buah ini juga mengandung proporsi yang tinggi omega-6, asam lemak esensial, dan omega-3, buah markisa memainkan peran penting dalam Gesundheit manusia. Dalam hal kosmetik, buah markisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan sampo herbal, gel hydratant, gel pelembut kulit, pelembut kain, dan bahan pembuatan minyak parfum untuk pijat, krim, dan penyegar udara. Berikut ini ada beberapa manfaat dan khasiat buah markisa bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah kanker
Berdasarkan penelitian di Universitas Florida menunjukkan bahwa ekstrak dari buah markisa mengandung fitokimia yang dapat membantu melawan sel-sel kanker. Karenanya, buah ini sangat bermanfaat sebagai obat untuk melawan sel kanker. Kandungan fitokimia dalam buah markisa ini pun terdiri dari passaflorine, harmol, karotenoid, krisin, harman, harmalin, viteksin, harmine, dan isoviktesin.

2. Mencegah penyakit jantung
Buah markisa merupakan buah yang sangat kaya akan antioksidan, kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ini dapat terlihat melalui warna kulit dan daging dari buahnya. Salah satu fungsi antioksidan adalah dapat membantu tubuh untuk menghambat berkembangnya sel kanker di dalam tubuh. Zat-zat antioksidan yang bisa kita temukan di dalam buah markisa adalah beta-karoten, Antioksidan yang terkandung di dalam markisa ternyata dapat larut di dalam lemak tubuh kita. Berdasarkan sejumlah penelitian, buah yang kaya antioksidan adalah kunci mencegah penyakit jantung.

3. Mengatasi dan menyembuhkan asma
Buah Markisa sangat baik bagi penderita asma, markisa merupakan salah satu buah yang sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan penyakit asma. Selain karena mengandung vitamin C, buah markisa juga memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

4. Menguatkan sistem imun
Antioksidan yang terdapat pada buah markisa, khususnya vitamin C, berfungsi untuk menguatkan sistem imun. Jika sistem imun kuat, tubuh pun tak mudah terkena penyakit. Selain vitamin C, buah markisa juga mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu tubuh dalam melawan infeksi.

5. Menyehatkan kulit
Dari hasil beberapa penelitian di laboratorium, vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada buah markisa bisa meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan meningkatkan pertumbuhan sel pada kulit wajah.

6. Menu diet yang sehat
Bagi anda yang sedang menjalani diet, buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan markisa sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 gram. Selain itu, buah markisa rendah sodium dan lemak. Markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Melancarkan pencernaan
Buah Markisa mengandung serat yang sangat tinggi di dalamnya, fungsi serat di dalam markisa dapat membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan. Markisa bisa dijadikan sebagai alternatif obat alami untuk melancarkan pencernaan tubuh, dan dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati sakit maag.

8. Menyembuhkan Insomnia
Buah markisa memiliki efek untuk menenangkan saraf manusia sehingga dapat membuat perasaan menjadi tenang dan membantu untuk menenangkan pikiran yang sedang kacau, mengkonsumsi buah markisa sebelum tidur akan dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak.

9. Mempercepat proses pemulihan
Markisa mempunyai khasiat untuk menyembuhkan gejala alergi kronis, juga pemulihan kondisi pasien liver dan ginjal, serta memicu peningkatan sistem imun tubuh dan antibodi dalam darah. Bahkan, markisa juga mampu menyaring, memisahkan, dan membuang toksin dari dalam tubuh.

10. Merelaksasi pikiran, otot, dan saraf
Minum satu gelas jus markisa dingin dapat membantu kita mengendurkan saraf, pikiran, dan membuat perasaaan menjadi lebih tenang.
Ragam Khasiat Buah Markisa bagi Kesehatan TubuhTitle : Ragam Khasiat Buah Markisa bagi Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Markisa diperkirakan berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora. Buah Markis...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->