11/07/2014

Kenali Penyebab dan Tips untuk Mengatasi Sariawan secara Alami

Kenali Penyebab dan Tips untuk Mengatasi Sariawan secara Alami -
unikposts -
Sariawan, adalah suatu kelainan pada selaput mulut berupa luka yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Umumnya, sariawan disertai rasa sakit yang tinggi. Adapun faktor penyebab munculnya seriawan, yaitu luka tergigit, mengkonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C, dan zat besi. Selain itu faktor lain yang juga menjadi penyebab munculnya sariwan adalah kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang kurang fit.
Kenali Penyebab dan Tips untuk Mengatasi Sariawan secara Alami
Daun Kemangi
Meski tidak tergolong berbahaya, munculnya sariawan sangat mengganggu rutinitas. Rasa sakit dan perih di dalam mulut akibat sariawan membuat kita sulit untuk mengunyah sehingga selera makan menurun. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa solusi untuk mengatasi dan mengobati sariawan dengan bahan alami, mudah, dan cepat.

1. Menggunakan daun kemangi
Daun kemangi mengandung komponen gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain sebagai lalapan, daun kemangi juga bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Mengunyah 5 - 7 lembar daun kemangi merupakan salah satu cara efektif untuk meredakan dan menyembuhkan sariawan.

2. Menggunakan bawang putih
Umbi, daun, atau bunga bawang umumnya dimanfaatkan sebagai sayuran atau sebagai rempah-rempah. Bawang putih yang masih mentah kaya akan senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin. Untuk menyembuhkan sariawan, oleskan bawang mentah ke luka sariawan. Selain itu, anda juga bisa mengunyah bawang mentah untuk mengobati dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

3. Berkumur dengan air garam
Garam adalah senyawa netral yang terdiri atas ion-ion. Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam tiga kali sehari merupakan salah satu cara mudah dan efektif untuk menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sehingga mempercepat proses penyembuhan sariawan.

4. Minyak kelapa dan madu
Minyak yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, dan diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan, tanpa bahan kimia ini juga berkhasiat untuk mengatasi sariawan. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri. Caranya, campur minyak kelapa dengan madu, kemudian oleskan pada luka sariawan sebanyak tiga kali sehari.

5. Natrium bikarbonat
Campur Natrium bikarbonat, atau yang disebut sebagai soda kue (baking soda) dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Senyawa ini berfungsi untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut, dan mengurangi rasa sakit, juga mempercepat proses penyembuhan sariawan.

6. Minum vitamin
Berdasarkan penelitian ilmiah menunjukan bahwa sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kekurangan vitamin B. Asupan vitamin C, zat besi, dan asam folat juga berperan penting dalam mencegah dan menyembuhkan sariawan. Untuk mengatasi sariawan, anda dapat mengkonsumsi semua vitamin ini.

7. Minum yogurt
Yogurt adalah susu atau sari kacang kedelai yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Yoghurt kaya akan protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting. Yogurt dapat membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Sehingga akan mempercepat proses penyembuhan dan membantu mencegah sariawan datang kembali.

8. Madu
Menurut catatan sejarah, telah sejak lama madu digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit, namun baru beberapa periode ini antiseptik dan antibakteri yang berasal dari madu bisa dijelaskan secara kimiawi. Salah satu manfaat madu adalah untuk mengobati sariawan. Pengobatan sariawan menggunakan madu di katakan sangat ampuh dan prosesnya pun cepat. Caranya cukup oleskan madu murni pada luka sariawan atau minum madu tiga kali sehari sebanyak dua sendok makan.

9. Kulit batang jambu air
Jambu yang juga dikenal sebagai machom phupa atau chomphu pa (Thailand), tambis (Filipina), bell fruit, water apple (Inggris) ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Caranya ambil kulit batang jambu air yang masih muda sebanyak 10 - 15 gram, cuci dan tumbuk hingga halus. Kemudian tambah setengah gelas air matang dan saring. Gunakan air tadi untuk berkumur.

10. Daun jambu batu
Jambu batu atau sering juga disebut jambu biji ini dikenal mengandung banyak vitamin C. Selain buahnya yang kaya manfaat, ternyata daun jambu biji juga memiliki banyak khasiat. Selain ampuh untuk mengobati sakit perut, juga dapat mengobati sariawan secara alami. Caranya kunyah beberapa daun jambu biji kemudian berkumur dengan air bersih.

11. Tomat
Buah tomat kaya akan kandungan vitamin C. Sehingga saat ini tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan, melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan kulit. Selain itu, tomat juga ampuh untuk mengobati sariawan. Mengkonsumsi tomat mentah merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi sariawan. Atau bisa juga, berkumur menggunakan jus tomat.

12. Daun sirih
Sirih umumnya digunakan sebagai tanaman obat. Daun sirih berfungsi untuk menahan perdarahan, dan menyembuhkan luka pada kulit. Daun ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan bakteri dan kuman penyebab sariawan serta mencegah bau mulut akibat sariawan. Caranya rebus beberapa lembar daun sirih, lalu saring, dan tambahkan sedikit garam. Kemudian gunakan ramuan tadi sebagai obat kumur setelah menyikat gigi.

13. Air kelapa muda
Air yang telah sejak lama menjadi minuman populer di wilayah tropis, seperti di India, Pesisir Brasil, Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, Afrika, dan Kepulauan Karibia ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan secara alami. Meski bukan jenis makanan, namun air kelapa merupakan obat ampuh yang dapat menyembuhkan luka pada mulut. Minum air kelapa secara rutin juga bermanfaat untuk meredakan peradangan, mencegah, dan mengobati sariawan. Selain diminum, berkumur dengan air kelapa adalah salah satu cara untuk mengobati sariawan.

14. Kunyit
Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri. Selain digunakan sebagai rempah atau bumbu masakan, kunyit atau kunir yang kaya akan antiseptik ini bisa juga digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Caranya, cuci rimpang kunyit, lalu diblender dan dicampur dengan satu sendok teh gliserin. Kemudian oleskan pada bagian luka sariawan.

15. Kopi bubuk
Tepung hitam yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk ini juga ampuh untuk mengobati sariawan secara alami. Caranya, ambil sedikit bubuk kopi kemudian oleskan pada luka sariawan. Diamkan selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air bersih.
Kenali Penyebab dan Tips untuk Mengatasi Sariawan secara AlamiTitle : Kenali Penyebab dan Tips untuk Mengatasi Sariawan secara Alami ~ unikposts
Description : Sariawan, adalah suatu kelainan pada selaput mulut berupa luka yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|