11/29/2014

Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Banyak makanan kaya nutrisi yang sebenarnya belum pernah Anda ketahui, atau mungkin belum pernah Anda lihat di pasar dan tidak pernah tahu apa manfaat atau khasiat buah atau makanan tersebut. Salah satu buah yang baru-baru ini cukup populer dan banyak peminatnya yaitu buah bit atau beet. Tanaman yang lebih dikenal mempunyai khasiat kesehatan ini adalah umbinya. Diperkirakan bit berasal dari Mesopotamia, yang kemudian menyebar ke negara tetangga di daratan Asia dan Eropa. Menurut Wikipedia, meski mengandung karbohidrat, namun kalorinya rendah. Jadi jangan kuatir, karena menyantap bit tidak akan menaikkan berat badan Anda.
Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan Tubuh
Umbi Bit
Jus bit merupakan salah satu jus yang terbaik untuk kesehatan karena mengandung gula alami, sodium, kalsium, magnesium, potassium, zat besi, fosfor, sulfur, klorin, iodine, copper, vitamin B1, B2, C dan P. Kandungan bit dapat menyeimbangkan kadar basa dan asam, sehingga sangat bagus bagi keseimbangan tubuh. Buah yang merupakan umbi tanaman bit ini memiliki ciri yang sangat mencolok dan mudah dikenali, yaitu dengan warna kulit serta buah ungu matang yang sangat dominan. Banyak manfaat dari buah yang satu ini. Berikut ini berbagai manfaat mengkonsumsi buah bit bagi kesehatan tubuh.

1. Memperkuat fungsi darah
Bit yang berwarna kemarahan ini dikaitkan dengan warna darah manusia, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besi yang cukup tinggi, yang dapat mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah. Mengkonsumsi jus bit, bisa membantu Anda berolahraga lebih lama tanpa rasa capek. Selain itu, setengah liter jus bit sehari efektif untuk menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan.

Menurut peneliti, jus bit menunjukkan hasil yang mencengangkan karena manfaatnya melebihi rutinitas olahraga teratur di bawah pengawasan pelatih profesional. Dan meskipun rasanya mungkin tidak sesuai selera Anda, namun dampak kesehatannya bisa dirasakan oleh semua orang. Selain memperkuat fungsi darah jus bit juga berkhasiat untuk memperlancar sistem peredaran darah dan sistem imun tubuh, mengatasi anemia dan memproduksi sel-sel darah merah.

2. Sebagai obat hati
Kombinasi jus bit, wortel dan mentimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari toksin yang tertimbun di kedua organ penyaring tersebut. Bit juga bermanfaat untuk detoksifikasi (pembuangan toksin) dan pembersihan isi perut, serta mengatasi masalah wasir. Selain membuat jus dari campuran bit dan buah lainnya, cobalah merebus bit satu buah ukuran sedang yang diiris-iris. Lalu airnya diminum sebelum tidur sebanyak satu gelas. Air rebusan bit ini akan membantu gerakan otot perilstatik, sehingga keesokan harinya buang air besar jadi lancar. Selain berguna untuk obat hati, bit juga bermanfaat sebagai pembersih alami untuk ginjal dan kandung empedu. Serta membersihkan dan menetralkan toksin di dalam tubuh. Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal.

3. Menurunkan tekanan darah
Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita tekanan darah tinggi untuk minum 0.5 liter jus bit setiap hari. Hal ini telah terbukti bahwa jus dari umbi bit ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain diklaim menjadi salah satu buah super karena kandungannya yang sehat dan dapat menurunkan tekanan darah, juga dapat meningkatkan aliran darah meningkatkan kinerja atletik serta baik untuk penderita diabetes. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi buah bit atau minum jus bit sebanyak 0.5 liter setiap hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan nitrat dan kalium dalam buah bit. Sebenarnya nitrat secara efektif dapat mengobati penyakit kardiovaskuler dan tekanan darah. Minum jus bit dicampur jeruk lemon dan apel hijau, juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah diabetes
Buah bit mengandung antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti ampuh untuk menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan oleh perubahan metabolisme pada pasien diabetes. Tak tanggung-tanggung, bahkan asam alpha-lipoic juga dapat menurunkan gangguan neuropati perifer, yaitu kerusakan sistem syaraf yang mengirimkan informasi dari otak dan sumsum tulang belakang ke seluruh bagian tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung
Buah Bit berkhasiat untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, buah yang satu ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Kandungan betaine yang terdapat pada bit dapat mengurangi konsentrasi homosistein (zat yang dapat menyebabkan penyakit pembuluh darah perifer dan stroke). Bahkan, betaine juga bermanfaat untuk mengurangi timbunan lemak dari aliran darah yang menghambat aliran darah ke jantung. Minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung.

6. Menambah stamina tubuh
Minum jus bit juga bisa membantu orang berolahraga lebih lama 16 persen disebabkan oleh kandungan nitratnya yang dapat mengurangi pengeluaran atau pembakaran oksigen dalam olahraga, sehingga rasa letih yang disebabkan oleh olahraga berkurang. Hal ini disebabkan oleh kandungan nitrat yang tinggi dalam jus bit. Karena itu minum jus yang dicampur bit pada malam hari bisa dipakai sebagai penambah tenaga dan melancarkan aliran darah.

7. Melancarkan sistem peredaran darah
Selain dapat meningkatkan stamina. minum jus bit juga dapat membantu untuk melancarkan sistem peredaran darah. Hal ini tentu terkait dengan adanya kandungan nitrat yang tinggi pada jus bit. Zat kimia ini juga bisa ditemukan pada sayuran hijau seperti kol dan bayam, khususnya pada konsentrat jus.

8. Mengatasi masalah pencernaan
Jika mengalami masalah pencernaan, rasa mual dan nyeri, diare, disentri, Anda bisa minum jus bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis sebanyak satu kali sehari. Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi masalah sendawa di perut. Daun bit juga bermanfaat menanggulangi sakit kuning dan pencernaan.

9. Menurunkan kadar kolesterol
Kolesterol tinggi dapat memberikan efek negatif pada tubuh dan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Mengkonsumsi buah bit dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Jus ini akan terasa khasiatnya jika dikonsumsi secara rutin.

10. Mencegah sel tumor dan sel kanker
Jus bit kaya akan kandungan oksidan yang dibutuhkan oleh para pasien dengan masalah kanker. salah satunya adalah kandungan Coumarin, yakni sejenis senyawa yang bermanfaat untuk kanker dan tumor. Senyawa tersebut berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan zat tersebut juga bekerja membersihkan sel kanker sampai ke akarnya. Anda bisa mengkonsumsi buah bit yang telah diolah menjadi jus.

11. Mencegah penuaan
Manfaat buah bit yang selanjutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Buah bit mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas sehingga dapat mencegah penuaan dini.

12. Meningkatkan fungsi otak
Nitrat dikenal untuk dapat meningkatkan penyerapan oksigen oleh tubuh, hal ini juga bisa membantu untuk meningkatkan fungsi otak.

13. Pewarna makanan alami
Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah cemerlang dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, mewarna telur paskah, jeli, dan lain sebagainya.

14. Pewarna rambut alami
Bila Anda akan mewarnai rambut Anda dengan bubuk henna, cobalah pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda akan hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Tentu hal ini lebih sehat dan tetap cantik secara alami.

15. Mengatasi masalah ketombe
Untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel, cobalah merebus bit dengan sedikit cuka alami (apple cider vinegar). Lalu dioles-oleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya bilas dan keramas hingga bersih.

Ketika mengkonsumsi jus bit, sebaiknya akar bit dicampur dengan buah atau sayur lainnya, karena akar bit dapat menyebabkan tali pita suara kaku dan sulit bicara dalam waktu tertentu, kecuali Anda minum jus murni dari akar bit organik yang justru dapat menyembuhkan kelumpuhan pada pita suara.
Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan TubuhTitle : Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Banyak makanan kaya nutrisi yang sebenarnya belum pernah Anda ketahui, atau mungkin belum pernah Anda lihat di pasar dan tidak pernah tahu ...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|