8/11/2014

Jenis-Jenis Bunga Unik di Dunia

Jenis-Jenis Bunga Unik di Dunia -
unikposts -
Di seluruh penjuru dunia ini ada banyak jenis bunga. Selain bunga melati, mawar, krisan dan sebagainya, ada banyak jenis bunga yang cantik. Namun, bentuknya juga banyak yang unik dan bahkan terkesan aneh. Ada bunga yang bentuknya mirip bebek terbang, ada yang mirip kepala kera, dan lain sebagainya. Ya, sepertinya ada saat-saat dimana alam ingin kita menjadi kagum pada keanehan daripada keindahan. Berikut ini ada 7 bunga dengan bentuk unik dan bahkan bisa dibilang aneh.

1. Flying Duck Orchid
Duck closed off Elvina
By Poyt448 Peter Woodard (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Bunga yang memiliki bentuk unik, masih satu keluarga dengan anggrek. Berbentuk bebek yang sedang terbang. Nama anggrek ini adalah Caleana major atau lebih dikenal dengan nama Flying Duck Orchid, atau Anggrek Bebek Terbang. Bunga ini tampak cantik dengan gradasi warna merah tua dan ungu. Yang mengagumkan dari bunga ini tentu saja bentuk kelopaknya yang menyerupai bebek yang sedang terbang. Bunga anggrek ini sebenarnya kecil dan akan tumbuh di batang yang sudah setinggi 50 cm. Bunga anggrek Bebek Terbang banyak ditemukan di Australia.

2. Erythrina coralloides
ErythrinaXsykesii
By Kahuroa (photograph by author) [Public domain], via Wikimedia Commons
Erythrina coralloides juga dikenal sebagai Pohon Karang Api, ini adalah jenis pohon berbunga dalam keluarga kacang polong Fabaceae, bisa ditemukan dari negara bagian Arizona Amerika ke Oaxaca di Meksiko. Tanaman ini mempunyai kelopak yang keras dan berwarna merah, terlihat seperti terumbu karang, tempat biasanya tumbuh di tengah padang pasir.

3. Barringtonia asiatica
Krabi2591
By Wicki (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Barringtonia asiatica adalah spesies Barringtonia habitat asli mangrove di pantai tropis dan pulau-pulau di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat dari Zanzibar timur ke Taiwan, Filipina, Fiji, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon, Kepulauan Cook, Wallis dan Futuna dan Polinesia Prancis. Di Indonesia disebut pohon keben. Barringtonia asiatica merupakan famili Lecythidaceae. Secara lokal dikenal sebagai Putat laut yang merupakan spesies umum di sepanjang pantai laut. Ukuran tengah pohon yang tumbuh dari kelopak bunga menghasilkan buah yang hampir berbentuk kotak.

4. Stapelia grandiflora
CactusFlowerLeonGTO
By Thelmadatter (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Stapelia grandiflora, umumnya disebut sebagai Bunga Carrion, Giant Zulu, Starfish Bunga, atau Starfish Cactus, meskipun tidak terkait dengan kaktus. Bunga tanaman ini memiliki tampilan yang unik dan lembut. Bunganya yang seperti bintang laut ini berfungsi untuk menarik minat serangga untuk penyerbukan mereka.

5. Rafflesia
Raffle
By Flowerz4u.biz at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Rafflesia adalah jenis bunga parasit yang ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1818 selama ekspedisi melalui hutan hujan Indonesia. Bagian dari tanaman yang terlihat selain batang rambat adalah bunganya. Bunganya memiliki lima kelopak bulat besar dan dapat tumbuh hingga lebih dari 100 sentimeter. Bau Rafflesia seperti daging busuk, ini adalah taktik untuk menarik serangga seperti lalat atau kumbang bangkai untuk tujuan penyerbukan.

6. Bee Orchid
20140610Ophrys apifera4
By AnRo0002 (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Bunga yang satu ini termasuk keluarga anggrek, seperti bunga wajah kera. Nama bunga ini adalah Ophrys apifera atau lebih dikenal dengan nama Bee Orchid atau Anggrek Lebah. Tidak perlu dijelaskan kenapa diberi nama seperti itu, karena bentuknya memang mirip lebah. Bunga ini memiliki kelopak warna ungu yang cantik, dan bagian yang bentuknya mirip tubuh lebah. Keunikan lain dari bunga ini, bagian yang mirip lebah membentuk aksen seperti wajah yang tertawa lebar. Menyenangkan melihat bunga ceria ini saat sedang sedih.

7. Osteospermum fruticosum
Osteospermum 0.2 R
By Rob Hille (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Jika melihat bunga ini, bentuknya tidak seperti bunga yang ada di Bumi. Bunga ini tampak aneh karena bagian tengah kelopaknya menggulung ke bagian tengah, sehingga tidak seperti kelopak bunga pada umumnya. Bunga ini sering disebut bunga Alien, nama ilmiahnya Osteospermum fruticosum. Sebenarnya bunga ini cantik, walau sedikit mirip 'alien'.
Jenis-Jenis Bunga Unik di DuniaTitle : Jenis-Jenis Bunga Unik di Dunia ~ unikposts
Description : Di seluruh penjuru dunia ini ada banyak jenis bunga. Selain bunga melati, mawar, krisan dan sebagainya, ada banyak jenis bunga yang canti...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->