8/09/2014

Wow! 7 Akuarium Terbesar di Dunia

Wow! 7 Akuarium Terbesar di Dunia -
unikposts -
Akuarium ialah sebuah vivarium yang biasanya ditempatkan di sebuah tempat dengan sisi yang transparan, di dalamnya terdapat berbagai satwa dan tumbuhan air, dan digunakan untuk display publik. Ukuran rata-rata untuk tangki akuarium rumahan adalah 29 atau 30 galon. Namun akuarium publik dapat secara dramatis jauh lebih besar dari pada akuarium rumah dan berukuran sampai beribu-ribu bahkan berjuta-juta galon. Tapi hanya sedikit yang cukup besar untuk membuatnya masuk ke daftar akuarium terbesar di dunia yaitu jenis akuarium yang dapat menampung hiu paus dan ikan pari. Dibutuhkan sebuah tangki yang sangat besar untuk menampung makhluk air semacam ini. Berikut ini ada 7 akuarium unik dan terbesar di dunia.

1. L’Oceanogràfic, Spanyol
Beluga im L'Oceanogràfic
By StFr (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
L’Oceanogràfic adalah kompleks laut di mana habitat laut yang berbeda yang ditampilkan. Hal ini terintegrasi dalam sebuah kompleks yang dikenal sebagai Kota Seni dan Ilmu Pengetahuan dalam kota Valencia, Spanyol. Oceanogràfic memiliki tangki akuarium terbesar di Eropa dan lebih dari 45.000 makhluk laut. Selain itu, di dalamnya juga terdapat sembilan menara di bawah air, terstruktur pada dua tingkat yang mewakili beberapa ekosistem laut. Dua menara air dihubungkan dengan sebuah terowongan bawah air sepanjang 35 meter dan tangki tersebut dipenuhi dengan hiu, pari dan 7 juta liter (1,85 juta galon) air.

2. Turkuazoo, Turki
Catfish in Turkuazoo, Istanbul, Turkey (9606744672)
By l0da_ralta [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Turkuazoo adalah akuarium pertama dan terbesar di Turki yang menampilkan hutan hujan tropis, hutan tropis dan zona laut. Dibuka pada tahun 2009, akuarium ini terletak di dalam Forum Istanbul Shopping Mall dan berisi sebuah terowongan sepanjang 80 meter di bawah air. Turkuazoo menampung sekitar 10 ribu makhluk laut termasuk hiu macan, ikan pari raksasa dan piranha di 29 tangki yang berbeda di mana yang terbesar dapat menampung 5 juta liter (1,32 juta galon) air.

3. Monterey Bay Aquarium, California
Monterey Bay Aquarium - DSC07048
By Daderot (Daderot) [CC0 or CC0], via Wikimedia Commons
Terletak di lokasi bekas tempat pengalengan ikan sarden di Monterey, California. Salah satu tangki berukuran 10 meter dan dapat menampung 1,3 juta liter (0,33 juta galon) untuk memperlihatkan kehidupan bawah laut pesisir California. Tangki utamanya sendiri dapat menampung 4,5 juta liter (1,2 juta galon) yang ditampilkan dari jendela tunggal dan merupakan salah satu terbesar di dunia. Kehidupan laut yang ditampilkan ikan pari, ubur-ubur, berang-berang laut, dan berbagai spesies laut asli, yang dapat dilihat di atas dan di bawah permukaan air. Monterey Bay Aquarium dapat menampung 1,2 juta galon air.

4. UShaka Marine World, Afrika Selatan
UShaka Marine World dolphins
By Christophe Badoux (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Terletak di Durban, Afrika Selatan. UShaka Marine World berisi akuarium terbesar di Afrika dan memuat 32 tangki aquarium. Akuarium tersebut sengaja didesain agar terlihat seperti bagian kabin kapal yang karam. Akuarium ini berbentuk seperti rangka perahu yang sudah tenggelam. Di sana, hidup aneka biota laut dari 7 samudera. Masing-masing memiliki areanya sendiri sehingga pengunjung bisa melihat biota apa saja yang endemik di kawasannya. Pengunjung pun bisa menikmati aneka atraksi seperti lumba-lumba atau anjing laut. Yang paling menonjol terdapat “The Cargo Hold”, restoran yang dindingnya dari akuarium berisi sejumlah hiu yang terlihat dari sebagian besar ruang makan. Akuarium ini dapat menampung <1 juta galon air.

5. Shanghai Ocean Aquarium, Cina
Ducks in Shanghai Ocean Aquarium
By Aapo Haapanen [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Shanghai Ocean Aquarium adalah akuarium publik yang terletak di Shanghai, Cina. Dirancang oleh Advanced Aquarium Technologies, akuarium mencakup 120 meter terowongan yang membawa pengunjung melalui karang pesisir, laut terbuka, gua kelp, hiu cove, dan terumbu karang. Akuarium ini merupakan salah satu akuarium terbesar di Asia. Terdiri dari 9 zona pameran dari seluruh dunia, termasuk Zona China, Zona Antartika dan Zona Australia. Zona China adalah rumah bagi beberapa spesies yang terancam punah di perairan China, termasuk spesies langka dan berharga dari Sungai Yangtze. Daya tarik terbesar dari akuarium ini adalah terowongan bawah air yang memiliki panjang 155 meter dan menobatkannya sebagai terowongan bawah laut terpanjang di dunia. Akuarium ini dapat menampung <1 juta galon air.

6. Aquarium of Genoa, Italia
Genova akwarium 21
By Andrzej Otrębski (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Aquarium of Genoa di Italia adalah salah satu akuarium terbesar di Eropa, dibangun untuk Expo 92. Terdapat 70 tangki akuarium mereproduksi habitat laut dan darat dari seluruh dunia dan menyediakan rumah untuk lebih dari 6000 hewan. Beberapa tangki mereproduksi lingkungan alam dari daerah yang berbeda seperti Mediterania, Laut Merah dan Samudra Hindia. Yang paling spektakuler adalah tangki yang berisi hiu, lumba-lumba dan anjing laut. Akuarium ini dapat menampung <1 juta galon air.


7. Aquarium of Western Australia
Wow! 7 Akuarium Terbesar di Dunia
Ilustrasi Aquarium of Western Australia
Terletak di tepi pantai Perth, Aquarium of Western Australia atau biasa disingkat dengan AQWA, memiliki tangki akuarium terbesar di Australia. Panjang tangki utama akuarium adalah 40 meter dan lebar 20 meter yang dapat menampung 3.000.000 liter (793.000 galon) air laut. Di dalamnya terdapat terowongan bawah air sepanjang 98 meter. Dengan biaya tambahan, pengunjung dapat melakukan snorkling dan menyelam untuk dapat berada lebih dekat dengan ikan, hiu, dan ikan pari dengan ditemani penyelam profesional dalam menjelajahi tangki aquarium utama.
Wow! 7 Akuarium Terbesar di DuniaTitle : Wow! 7 Akuarium Terbesar di Dunia ~ unikposts
Description : Akuarium ialah sebuah vivarium yang biasanya ditempatkan di sebuah tempat dengan sisi yang transparan, di dalamnya terdapat berbagai satwa...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->