8/27/2014

Manfaat Sehat Asam Jawa yang Perlu untuk Diketahui

Manfaat Sehat Asam Jawa yang Perlu untuk Diketahui -
unikposts -
Tamarin, asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang memiliki rasa sangat asam dan biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan. Selain itu biasa dikonsumsi untuk mengatasi rasa mual atau untuk membersihkan karat dari benda-benda logam. Asam jawa dihasilkan oleh pohon yang bernama ilmiah Tamarindus indica, termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Buah asam jawa berwarna kecoklatan.
Manfaat Sehat Asam Jawa yang Perlu untuk Diketahui
By Mlvalentin at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Asam jawa termasuk tumbuhan tropis yang diperkirakan berasal dari savana Afrika timur di mana jenis lainnya ditemukan, salah satunya di Sudan. Buah asam kaya akan berbagai macam vitamin, seperti kalsium, fosfor, vitamin C, vitamin A, vitamin B1, dan zat besi. Selain sehat untuk dikonsumsi, buah ini juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan. Asam cocok untuk meremajakan dan menyehatkan kulit dan rambut. Berikut ini ada beberapa manfaat asam jawa bagi kesehatan yang perlu untuk diketahui.

1. Mencegah penyakit jantung
Kalsium yang terdapat pada asam jawa sangat penting bagi kerja jantung. Jika jantung dapat bekerja dengan baik, maka Anda akan terhindar dari masalah penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan ginjal
Pada umumnya, batu ginjal disebabkan oleh kalsium oxalate. kalsium yang terdapat pada asam jawa berfungsi untuk menjaga kesehatan ginjal.

3. Menurunkan risiko kanker usus
Asam jawa kaya akan kalsium yang diperlukan oleh tubuh. Asupan kalsium yang cukup dapat membantu untuk menurunkan risiko kanker usus. 

4. Mencegah sakit pinggang
Sakit pinggang dapat disebabkan oleh pengaruh suatu penyakit, seperti gangguan ginjal, penyakit jantung, kanker, penyakit tulang, atau gangguan metabolik. Konsumsi asam jawa secara rutin dapat membantu untuk mencegah sakit pinggang. Tentunya hal ini terkait dengan adanya kalsium yang terdapat pada asam jawa.

5. Mengatasi kulit kering dan pecah-pecah pada kaki dan tangan
Khasiat kalsium selanjutnya yaitu dapat mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Selain itu, vitamin C yang terdapat pada asam jawa bermanfaat untuk menyehatkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Jika kulit sehat, maka Anda akan terhindar dari masalah kulit kering dan pecah-pecah baik pada kaki atau tangan.

6. Memaksimalkan fungsi otak
Karena, fosfor merupakan elemen penting ditemukan di sekitar dalam sel-sel otak, ia bertanggung jawab untuk berbagai fungsi penting. Kadar fosfor yang cukup dapat membantu untuk berpikir dan mengingat.

7. Menyehatkan tulang dan gigi
Kalsium dan fosfor akan membentuk senyawa kalsium fosfat. Kalsium fosfat merupakan senyawa utama yang memperkuat struktur tulang dan gigi. Mencukupi kebutuhan mineral fosfor dan kalsium dapat meminimalisir risiko osteoporosis, gangguan kesehatan gigi, dan mencegah pendarahan pada akar gigi

8. Membantu metabolisme tubuh
Mineral fosfor yang terdapat pada asam jawa sangat bermanfaat bagi metabolisma tubuh untuk menghasilkan energi. Fosfor berfungsi membantu tubuh memanfaatkan karbohidrat dan lemak untuk diubah menjadi energi. 

9. Menjaga kesehatan otot dan syaraf
Tingginya mineral fosfor yang terdapat pada asam jawa sangat bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan syaraf. Selain itu, kalsium yang terdapat pada asam jawa berfungsi untuk mengaktifkan fungsi syaraf dan melenturkan otot. Jika otot dan syaraf berfungsi dengan baik, maka Anda akan terhindar dari kelelahan otot, nyeri otot dan kram. 

10. Mengatasi inflamasi
Vitamin A, vitamin C, dan antioksidan dalam asam jawa bertindak sebagai obat alami untuk inflamasi yang disebabkan berbagai permasalahan kulit, antara lain jerawat. Senyawa-senyawa ini berfungsi untuk mengurangi peradangan kulit dan infeksi, dan menjadikan kulit Anda bercahaya. 
Manfaat Sehat Asam Jawa yang Perlu untuk DiketahuiTitle : Manfaat Sehat Asam Jawa yang Perlu untuk Diketahui ~ unikposts
Description : Tamarin, asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang memiliki rasa sangat asam dan biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masaka...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->