8/19/2014

Stonehenge, Lingkaran Batu Menakjubkan di Inggris

Stonehenge, Lingkaran Batu Menakjubkan di Inggris -
unikposts -
Stonehenge adalah sebuah bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Letaknya tak jauh dari Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Stonehenge merupakan sebuah monumen batu peninggalan manusia purba. Stonehenge sendiri terdiri dari tiga puluh batu tegak (sarsen) dengan ukuran yang sangat besar (masing-masing batu pada mulanya seragam tingginya, yaitu 10 meter dengan masing-masing batu mempunyai berat 26 ton), semua batu tersebut disusun dengan bentuk tegak melingkar yang dikenal sebagai megalitikum. Stonehenge berasal dari kata Stone dan Henge. Stone berarti batu, sedangkan Henge berarti lingkaran.
Stonehenge 1
By Kartik (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Menurut laporan dari britannia.com, Stonehenge adalah salah satu ikon nasional terbesar Inggris, melambangkan misteri, kekuasaan dan kekuatan. Tujuan aslinya tidak jelas bagi kita, tetapi beberapa telah berspekulasi bahwa itu adalah sebuah kuil yang dibangun untuk menyembah dewa bumi kuno. Telah disebut observatorium astronomi untuk menandai peristiwa penting dalam kalender prasejarah. Sementara yang lainnya mengklaim bahwa itu adalah situs suci bagi pemakaman warga berpangkat tinggi dari masyarakat sejak dulu. Tidak dapat diketahui dengan pasti apa tujuan pembuatan batu itu. Batu-batu yang kita lihat sekarang merupakan Stonehenge dalam kehancuran. Banyak dari batu asli telah jatuh atau telah dihapus oleh generasi sebelumnya untuk konstruksi rumah atau perbaikan jalan. Ada kerusakan serius pada beberapa bluestones kecil yang dihasilkan dari dekat kontak pengunjung dan ukiran prasejarah di batu sarsen yang lebih besar menunjukkan tanda-tanda keausan yang signifikan.
Stonehenge.arp
By Arpingstone (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Pembangunan Stonehenge adalah sebuah rekayasa prestasi mengesankan, membutuhkan komitmen, waktu dan sejumlah besar tenaga kerja manual. Dalam tahap pertama, Stonehenge adalah pekerjaan tanah terbesar, yang dibangun sekitar 5.000 tahun yang lalu. Diyakini bahwa parit digali dengan alat yang terbuat dari tanduk rusa merah atau mungkin kayu. Sekitar 2.000 SM, lingkaran batu pertama (yang sekarang lingkaran dalam) didirikan, terdiri dari bluestones kecil, namun ditinggalkan sebelum selesai. Batu-batu yang digunakan dalam lingkaran pertama diyakini dari Pegunungan Prescelly, terletak kira-kira 240 mil jauhnya, di ujung barat daya Wales. Berat masing-masing Bluestones mencapai 4 ton dan sekitar 80 batu yang digunakan.
Stonehenge on 27.01.08
By Mavratti (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Teori modern berspekulasi bahwa batu diseret oleh roller dan kereta luncur dari pegunungan pedalaman hulu Milford Haven. Di sana mereka dimuat ke rakit, tongkang atau perahu dan berlayar di sepanjang pantai selatan Wales, kemudian naik Sungai Avon dan Frome ke titik dekat masa kini Frome di Somerset. Menurut teori ini, dari sini batu-batu tersebut diangkut darat, sekali lagi, ke tempat dekat Warminster di Wiltshire, sekitar 6 mil jauhnya. Dari sana, batu itu dibawa melalui Sungai Wylye ke Salisbury, kemudian naik Salisbury Avon ke West Amesbury, hanya menyisakan 2 mil dari West Amesbury ke situs Stonehenge. Batu-batu sarsen besar (yang membentuk lingkaran luar), masing-masing beratnya 50 ton.
Stonehenge-Green
By Mactographer (Karya sendiri) [Attribution], via Wikimedia Commons
Untuk mengangkut batu dari Marlborough Downs, sekitar 20 kilometer ke utara, adalah masalah besarnya lebih besar daripada memindahkan bluestones. Sebagian besar jalan relatif mudah, tetapi pada bagian curam dari rute, di Redhorn Hill, studi kerja modern memperkirakan bahwa sedikitnya 600 orang untuk membawa masing-masing batu melewati rintangan ini. Setelah di situs, batu sarsen diseret sampai ke lubang. Tuas besar digunakan untuk membuat batu meluncur ke dalam lubang. Pada titik ini, batu berdiri di sekitar sudut 30° dari tanah. Tali diikat ke atas batu dan tim lainnya menarik dari sisi lain untuk membuat batu tegak. Pembangunan Stonehenge mungkin akhirnya selesai pada 1500 SM.
Stonehenge 05AUG06 84
By TheCreator (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Siapa yang membangun Stonehenge sebagian besar mungkin telah terjawab. Julius Caesar dan penulis Romawi lainnya menceritakan tentang seorang imamat Celtic yang berkembang di sekitar waktu penaklukan pertama mereka (55 SM). Pada saat ini, meskipun batu telah berdiri selama 2.000 tahun, dan mungkin sudah dalam kondisi hancur. Selain itu, Druid (kasta pendeta Keltik) menyembah kuil di hutan dan tidak menggunakan struktur batu. Perkiraan terbaik tampaknya situs Stonehenge dimulai oleh orang-orang dari periode Neolitik akhir (sekitar 3000 SM). Sangat mungkin bahwa mereka adalah orang-orang pribumi. Arkeolog mendefinisikan henge sebagai tembok tanah yang berbentuk melingkar dan terdapat parit di dalamnya. Terdapat perdebatan mengenai usia sebenarnya lingkaran batu itu, tetapi kebanyakan arkeolog memperkirakan bahwa sebagian besar bangunan Stonehenge dibuat antara 2500-2000 SM.
Stonehenge sunset
By Bkamprath (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Bundaran tambak tanah dan parit membentuk fase pembangunan monumen Stonehenge yang lebih awal sekitar 3100 SM. Walaupun seusia dengan (henges) zaman Neolithikum yang menyerupai Stonehenge, Stonehenge mungkin memiliki keterkaitan dengan bulatan batu lain yang terdapat di British Isle seperti Cincin Brodgar, namun ukuran trilitonnya sebagai contoh menjadikannya unik. Di dalam 30 lingkaran batu besar tadi, juga masih terdapat sekitar 30 batu dengan ukuran yang lebih kecil yang dinamakan Lintels, yang disusun dengan bentuk melingkar juga.Tapi pada saat ini kebanyakan batu-batu tegak tadi telah terkikis dan jatuh. Menurut Arkeolog inggris, Richard Jhon Coplan Atkinson (1950), Stonehenge kira-kira dibangun sekitar 5000 tahun silam, pembangunannya sendiri dibagi menjadi beberapa fase (I,II,IIIa,IIIb, dan IIIc). Tempat ini dimasukkan dalam daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986.

Tentunya dengan banyaknya tahapan fase dalam pembangunan Stonehenge, menunjukkan bahwa bangunan tersebut memerlukan waktu yang sangat lama dalam pengerjaannya, mulai dari pengangkutan batunya sendiri sampai tahap pengukiran pada setiap batunya. Penemuan diketahui adanya ukiran disetiap batu Stonehenge, hal ini baru diketahui oleh para peneliti baru-baru ini. Menurut seorang Arkeolog, Tom Goskar, dengan metode scaning laser, ukiran-ukiran pada batu tersebut baru akan terlihat. Tentunya dengan ditemukannya bentuk-bentuk ukiran pada batuan, setidaknya bisa memberikan secercah harapan untuk menguak kegunaan Stonehenge pada masa lalu. Diperkirakan kompleks Stonehenge dibangun dalam beberapa fase pembangunan selama 2.000 tahun dan sepanjang kurun waktu itu aktivitas terus berjalan. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya sesosok mayat seorang Saxon yang dikebumikan di tugu peringatan tersebut, dan kemungkinan mayat tersebut berasal dari abad ke-7 M.
Stonehenge, Lingkaran Batu Menakjubkan di InggrisTitle : Stonehenge, Lingkaran Batu Menakjubkan di Inggris ~ unikposts
Description : Stonehenge adalah sebuah bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Letaknya tak jauh dari Amesbury di Wiltshire, Inggris...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->