8/09/2014

Ragam Serangga Unik di Dunia

Ragam Serangga Unik di Dunia -
unikposts -
Serangga adalah kelompok utama dari hewan beruas yang bertungkai enam. Serangga merupakan hewan-hewan mungil namun menyimpan beraneka ragam keunikan. Mereka adalah hewan dengan spesies terbanyak di dunia. Berikut ini ada 10 jenis serangga pemegang rekor di berbagai penjuru dunia.

1. Treehopper, Serangga dengan Bentuk Teraneh
Insekt auf Weinrebe
By Haplochromis [Public domain], via Wikimedia Commons
Treehoppers atau lebih tepatnya ''treehoppers khas'' untuk membedakan mereka dari Aetalionidae dan bug berduri, adalah anggota keluarga Membracidae, kelompok serangga yang terkait dengan jangkrik dan wereng. Mereka ditemukan di semua benua kecuali Antartika, hanya tiga spesies yang dikenal dari Eropa. Treehoppers Individu biasanya hidup hanya beberapa bulan. Ukuran dan warna serangga ini sangat bervariasi, namun biasanya, serangga dewasa berukuran tinggi 0,5 inci dan berwarna hijau.

2. Desert Locust, Serangga Paling Merusak
Desert.locust.arp
By Arpingstone (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Desert Locus (Schistocerca gregaria) adalah spesies belalang subtropis yang hidup berkelompok, dan berkembang biak dengan cepat pada awal musim hujan. Jika rayap menyebabkan banyak kerusakan pada rumah, itu tidak ada artinya jika dibandingkan dengan kerusakan yang dihasilkan oleh belalang ini. Mereka masing-masing makan dengan ukuran yang sama dengan berat tubuhnya. Mereka memakan hampir semua jenis sayuran, dedaunan, bunga, padi, buah, dan biji-bijian. Tahun 2003-2005 merupakan periode gangguan desert locus terburuk di Afrika Barat. 

3. Giant Stick Insect, Serangga Terpanjang
Parapachymorpha zomproi -
By Drägüs (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Giant Stick Insect adalah jenis serangga terpanjang di dunia, yang telah berevolusi dengan bentuk aneh untuk menyembunyikan diri dari predator diantara cabang, ranting dan dedaunan. Panjangnya serangga ini yaitu 163 mm, dan jika dihitung ketika semua kakinya terentang, panjangnya menjadi 295 mm. Pada beberapa kasus, panjangnya bisa mencapai 20 inci. Ada lebih dari 3.000 spesies dari serangga ini yang ditemukan, dan beberapa dari mereka memiliki sayap dan dapat terbang. Beberapa spesies dapat menghasilkan semprotan defensif pedas berbau, tetapi serangga ini sebagian besar tidak berbahaya dan sering disimpan sebagai hewan peliharaan. 

4. Myrmecia, Semut Paling Berbahaya
Myrmecia sp
By Damon Rao.Urbanbicyclist at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Myrmecia, sering disebut semut bulldog, semut banteng, semut inci, semut sersan, semut jumper, adalah genus semut. Panjang Semut Bull bisa mencapai lebih dari 40 mm, dengan spesies terkecil 15 mm. Mereka hampir 90 persen endemik Australia, dengan pengecualian tunggal Myrmecia apicalis dari Kaledonia Baru. Secara literatur, semut ini diketahui pernah menyebabkan kematian pada manusia. Serangga unik ini merupakan jenis yang paling primitif dari semua semut dan sangat agresif. Sesuai namanya, semut ini hanya ditemukan di Australia dan gerakannya pun sangat cepat.

5. Queen of Termites, Serangga dengan Waktu Hidup Terlama
PSM V27 D769 The queen termite
By Tak diketahui (Popular Science Monthly Volume 27) [Public domain], via Wikimedia Commons
Rayap jenis ini diketahui telah hidup selama 50 tahun. Mereka telah ada di bumi sejak 200 juta tahun yang lalu. Mereka memakan kayu-kayu kering dan menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah dibanding kebakaran dan badai. Ratu rayap dapat menelurkan 5.000–7.000 butir telur per hari.

6. Horse Fly, Serangga Terbang Tercepat
Daas op been (omgeving Goor)
By Pudding4brains (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Horse Fly adalah lalat berukuran besar dan pengisap darah. Serangga ini, termasuk ke dalam suku Tabanidae. Mereka dapat terbang dengan kecepatan 90 MPH (miles per hour). Ia juga memiliki manuver yang sangat baik di udara. Ia dapat berbelok dan berganti arah dengan kecepatan cahaya. Mereka juga memiliki mata yang sangat besar, dan dapat melihat dengan sudut hampir 360 derajat.

7. Kumbang Goliath, Serangga Terberat
Goliathus giganteusDruryV1P031A
By Drury, Dru, 1725-1803. Westwood, J. O. 1805-1893. [Public domain], via Wikimedia Commons
Kumbang Goliath atau Goliathus, adalah jenis serangga terbesar di dunia, jika dilihat dalam hal ukuran, besar dan berat. Mereka merupakan anggota subfamili Cetoniinae, dalam scarab keluarga kumbang. Serangga ini suka memakan tanaman mati. Ia memiliki panjang 2 hingga 4,3 inci dan berat sekitar 3 hingga 3,5 oz (28,35 gram). Kumbang ini memainkan peran penting dalam ekosistem sebagai dekomposer.

8. Brevisana brevis, Serangga Ternyaring
Cicada Turkey
By Aleksasfi (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Brevisana brevis adalah jangkrik yang ditemukan di Afrika dan merupakan serangga yang paling keras dalam sejarah. Spesies jangkrik ini bunyinya dapat terdengar hingga 1 mil jauhnya. Pada jarak dekat, bunyinya dapat mencapai 120 dB. Sebagai perbandingan, musik pada diskotik ‘hanya’ berukuran 100 dB.

9. Ceratopogonidae, Serangga Paling Mengganggu
Chironomidae sp. (Nonbiting midge), Arnhem, the Netherlands
By Bj.schoenmakers (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Ceratopogonidae, atau Midge Biting (di Amerika Serikat dan Kanada disebut, no-see-ums, pengusir hama, lalat pasir, punkies, dan lain-lain), adalah keluarga lalat kecil (1-4 mm) di ordo Diptera. Mereka terkait erat dengan Chironomidae, Simuliidae (atau lalat hitam), dan Thaumaleidae. Serangga ini merupakan lalat yang sangat kecil yang berkumpul dalam sebuah kelompok dan terbang dalam arah yang tidak jelas. Mereka dapat melewati celah-celah pintu atau jendela. Mereka biasanya hidup di tempat yang ada sumber airnya. Hanya yang betina yang menggigit dan menghisap darah, dengan tujuan mendapatkan protein untuk membesarkan telur-telurnya.

10. Chrysiridia rhipheus, Serangga Paling Mengesankan dan Menarik
Chrysiridia rhipheus praep
By Siga (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Madagascan sunset moth, ngengat sunset Madagaskar (Chrysiridia rhipheus) adalah ngengat terbang dari keluarga Uraniidae. Sayap serangga ini sebenarnya tidak memiliki pigmentasi apapun. Warna yang muncul di sayapnya berasal dari refraksi cahaya dari pita-pita mikro pada sayapnya. Serangga ini aktif pada siang hari, ketika serangga dari family yang sama aktif pada malam hari. Mereka berasal dari Madagascar dan Amerika Selatan, dan sayapnya berganti warna dari biru ke hijau keemasan dan lalu ke warna kuning ketika dilihat dari sisi yang berbeda.
Ragam Serangga Unik di DuniaTitle : Ragam Serangga Unik di Dunia ~ unikposts
Description : Serangga adalah kelompok utama dari hewan beruas yang bertungkai enam. Serangga merupakan hewan-hewan mungil namun menyimpan beraneka raga...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->