6/30/2014

13 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Kita

13 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Kita -
unikposts -
Buah ajaib yang memiliki nama ilmiah Vitis vinifera, Vitis labrusca atau lazimnya kita sebut sebagai Buah Anggur sebetulnya termasuk jenis tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah anggur merupakan buah yang begitu elegan dengan bentuk yang solid dan exsotis ini akan menggoda siapa saja yang melihatnya, dan akan sangat pantas dengan harganya yang lumayan tinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya yang dijual di pasaran. 
13 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Kita
13 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Kita
Usut punya usut, ternyata tanaman ini telah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah.Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak satu kali sehingga saat ini baik itu di Indonesia atau di mancanegara, tampaknya banyak orang yang semakin berlomba-lomba untuk membudidayakan tanaman ini. 

Buah Anggur dapat dikelompokkan pada jenis tanaman obat, penggolongan ini berdasarkan adanya unsur-unsur yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Di dalam buah angur terkandung senyawa polifenol serta senyawa resveratol. Diketahui bahwa kedua senyawa tersebut ikut serta, dan berperan aktif pada sistem metabolisme tubuh. Selain itu, senyawa polifenol dan resverator juga berperan penting terhadap pencegahan terjadinya sel-sel kanker serta penyakit-penyakit lainnya. Tak sebatas itu saja, sebab buah yang tergolong di family vitacaee ini juga mempunyai kandungan senyawa antioksidan, senyawa antioksidan itu sendiri dapat berfungsi sebagai senyawa yang mampu menjadi pelindung dari radikal bebas yang ada pada tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai dahsyatnya manfaat buah anggur untuk kesehatan, berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung
Dengan Mengkonsumsi buah anggur dan dalam mengkonsumsinya secara rutin bisa meningkatkan kadar oksida nitrat yang terdapat dalam tubuh. Kenaikan kadar oksida nitrat yang terjadi pada tubuh, dapat menghindarkan diri dari pembekuan darah dan berfungsi juga untuk menurunkan adanya resiko terkena serangan penyakit jantung.

2. Mengobati asma
Kandungan assimiratory yang terdapat di dalam buah anggur dapat membantu tubuh untuk meningkatkan kadar air yang ada dalam paru-paru tubuh kita. Tentunya hal ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asma, karena Kandungan assimiratory berfungsi sebagai zat penurun sesak napas.

3. Menghilangkan migran
Jus anggur dikenal sebagai obat rumahan yang mampu membantu menyembuhkan migran. Jika Anda termasuk dalam penderita migran kronis, maka Anda patut mencoba obat alami ini. Caranya dengan membuat jus anggur murni tanpa air dan diminum setiap pagi hari.

4. Melindungi mata dari katarak
Kandungan buah anggur yaitu Flavonoid yang sangat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menjaga kesehatan mata dari radikal bebas yang bisa menyebabkan katarak.

5. Memutihkan gigi
Buah anggur yang sudah matang dapat dijadikan sebagai salah satu menu kudapan bagi Anda yang ingin memutihkan gigi. Berkat adanya asam malat yang terkandung di dalam buah anggur, secara alami akan menghapus noda pada gigi, serta mengatasi perubahan warna pada gigi.

6. Menjaga kesehatan ginjal
Buah anggur juga berfungsi baik untuk menghilangkan asam yang terdapat dalam ginjal. Sehingga ginjal terjaga dengan baik pula.

7. Membantu mengatasi sembelit
Didalam buah anggur terdapat aneka kandungan seperti gula, asam organic dan selulosa, ketiga kandungan tersebut dipercaya menjadi solusi yang tepat untuk mengobati penyakit sembelit atau yang lebih popular disebut penyakit susah buang air besar.

8. Memperlambat penuaan dini
Benih dan kulit anggur mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat kuat untuk menunda penuaan. Anda pun dapat memasukkan buah ini ke dalam sarapan pagi Anda secara teratur.

9. Mengatur gula darah
Buah anggur memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gula darah. Fitonutrien yang hadir dalam buah berbentuk mungil ini sangat membantu untuk mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

10. Mencegah kanker
Buah anggur sangat kaya akan sumber antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu menghambat peradangan kronis yang menjadi awal pertumbuhan sel kanker. Sementara fitonutrien resveratrol, anthocyanin dan proanthocyanidins yang terkandung di dalam buah anggur ini memiliki sifat anti-radang yang melawan pertumbuhan kanker.

11. Menu diet yang sehat
Piceatannol merupakan hasil dari perubahan Resveratrol. Perubahan ini terjadi dalam tubuh manusia setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa tersebut. Sebetulnya piceatannol memiliki kemampuan untuk merubah ekspresi gen, fungsi gen dan kerja insulin selama adipogenesis yaitu proses awal sel lemak berubah menjadi sel lemak matang. Dengan adanya piceatannol, maka proses adipogenesis dapat ditunda atau dihambat.

12. Sebagai antibakteri
Buah anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dengan mengkonsumsi buah anggur dapat membantu untuk melindungi tubuh dari infeksi.

13. Mengatasi susah tidur
Buah anggur merupakan satu-satunya buah yang mengandung melatonin, hormon yang mengatasi masalah susah tidur (Insomnia). Jadi makan buah anggur setelah makan malam supaya nantinya Anda dapat tidur lebih nyenyak.

Selain buahnya yang enak menggoda ternyata buah anggur memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya.
13 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan KitaTitle : 13 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Kita ~ unikposts
Description : Buah ajaib yang memiliki nama ilmiah Vitis vinifera, Vitis labrusca atau lazimnya kita sebut sebagai Buah Anggur sebetulnya termasuk jenis...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|