6/27/2014

5 Rumah Gua Terunik di Dunia

5 Rumah Gua Terunik di Dunia -
unikposts -
Pada saat kita berpikir tentang gua, hal pertama yang muncul adalah kegelapan. Selain itu, kesan ruang yang dingin dan lembab penuh serangga serta arakhnida. Akan tetapi di berbagai tempat tertentu di dunia, nenek moyang prasejarah kita merasa lebih mudah untuk mengukir ruang hangat dan aman dari batu, ketimbang menggunakan bahan bangunan mereka sendiri. Di tempat-tempat seperti Inggris, Afghanistan dan Turki, beberapa tempat tinggal batu kuno bahkan ditempati oleh penduduk modern. Saat ini ada banyak para arsitek yang bereksperimen tentang keunggulan hidup di gua kontemporer. Apakah rumah gua adalah buatan manusia atau bentukan alam, ini merupakan bukti kemampuan manusia untuk berpikir di luar nalar. Berikut lima rumah gua terunik di berbagai penjuru dunia.

1. Holy Austin Rock Houses, Inggris
5 Rumah Gua Terunik di Dunia
By Mjr74 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Terletak di wilayah yang tinggi dan hutan lereng di sebelah barat dari Kinver, sekitar empat kilometer sebelah barat dari Stourbridge, dan empat kilometer sebelah utara dari Kidderminster, dan di perbatasan antara Worcestershire dan Staffordshire, Inggris. Dan sekarang dimiliki oleh National Trust. 

Di lereng batu pasir kemerahan, di bawah benteng 
besi di Kinver Edge, terdapat sisa-sisa komunitas pendeta terakhir Inggris. Rumah-rumah gua batu di Holy Austin ditinggalkan pada tahun 1960. Banyak bangunan yang terbengklai, tapi Anda masih bisa melihat pintu dan jendela diukir ke batu, serta National Trust dipulihkan museum rumah gua. Anda melihatnya di Midlands barat dari puncak bukit benteng.

2. Matmata Cave Dwellings, Tunisia
Tunisia matmata pacio
By Sarah Murray from Palo Alto, CA (3796) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Terletak di sebuah kota kecil Berber di Tunisia selatan. Beberapa warga Berber lokal tinggal di struktur tradisional di bawah tanah. Struktur khas desa ini diciptakan dengan menggali lubang besar di tanah. Di sekeliling lubang gua buatan ini kemudian digali untuk digunakan sebagai kamar, dengan beberapa rumah yang terdiri dari beberapa lubang, yang dihubungkan oleh lorong-lorong parit-seperti. Asal usul tempat yang luar biasa ini tidak diketahui, kecuali dari cerita yang dibawa dari generasi ke generasi. 

Penduduk sekitar mengatakan bahwa rumah bawah tanah pertama kali dibangun pada zaman kuno, ketika kekaisaran Romawi mengirim dua suku Mesir untuk membuat rumah mereka sendiri di wilayah Matmata. Ada pula mitos yang mengatakan bahwa monster muncul dari bawah tanah dan membunuh warga dan menguasai lokasi tersebut. Meski demikian, pemukiman bawah tanah tetap tersembunyi di daerah yang sangat terpencil selama berabad-abad, dan tak seorang pun mengetahui keberadaan mereka hingga ditemukan pada tahun 1967.

3. Kandovan, Iran
View of Kandovan - Iranian Azerbaijan - Iran
By Adam Jones from Kelowna, BC, Canada [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Kandovan adalah sebuah desa di Kecamatan Sahand, di Distrik Pusat Osku County, Provinsi East Azerbaijan, Iran. Desa ini adalah contoh yang indah dari tebing hunian buatan manusia yang masih dihuni. Rumah-rumah digali di dalam batuan vulkanik tufa dan mirip dengan tempat tinggal di wilayah Turki Cappadocia, penduduk lokal menyebutnya "Karaan". Karaan terbuat dari Lahar (lahar atau aliran debris) Gunung Sahand. 

Bentuk rumah yang seperti kerucut adalah hasil dari aliran lahar vulkanik. Setelah letusan gunung Sahand, laharnya secara alami bergerak dan membentuk batuan Kandovan. Ketebalan formasi ini melebihi 100 meter dan oleh erosi air, sehingga tercipta kerucut tebing. Beberapa tempat tinggal Kandovan ini telah juga telah diperluas selama bertahun-tahun untuk mencakup ruang penyimpanan dan tempat penampungan hewan, dan banyak dari mereka memiliki jendela, pintu, dan bahkan tangga yang terbuat dari batu.

4. Rock Sites and Cave Homes in Cappadocia, Turki
The-Church-with-Sandals
By Noumenon (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Cappadocia adalah wilayah bersejarah di Central Anatolia, terutama di Nev┼čehir Provinsi, di Turki. Pada masa Herodotus, Kapadokian menduduki seluruh wilayah dari Gunung Taurus ke sekitar dari Euxine (Laut Hitam). Pada bagian selatan, Pegunungan Taurus membentuk batas dengan Cilicia dan Cappadocia terpisah dari Laut Mediterania. Pada bagian barat, Cappadocia berbatasan dengan daerah historis Lycaonia ke barat daya, dan Galatia ke arah barat laut. Pesisir Laut Hitam memisahkan Cappadocia dari Pontus dan Laut Hitam, sedangkan untuk Cappadocia timur berbatasan dengan Eufrat atas, sebelum sungai yang membelok ke arah tenggara mengalir ke Mesopotamia, dan dataran tinggi Armenia. 

Karena lokasinya di pedalaman dan dataran tinggi, Cappadocia memiliki iklim yang mencolok dengan musim panas yang kering dan gersang serta musim dingin yang bersalju. Curah hujan jarang dan sebagian besar wilayah berupa setengah-gersang. Nama Cappadocia secara tradisional digunakan dalam sumber-sumber Kristen sepanjang sejarah dan masih banyak digunakan sebagai suatu konsep pariwisata internasional untuk mendefinisikan wilayah keajaiban alam yang luar biasa, khususnya ditandai dengan cerobong asap peri dan warisan sejarah serta budaya yang unik.

5. Qumran Caves
Qumran Caves 04
By SuperJew (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Qumran adalah situs arkeologi di Tepi Barat Palestina yang dikelola oleh Taman Nasional Qumran di Israel. Letaknya adalah 14,4 kilometer sebelah selatan kota Yerikho. Disini terdapat serangkaian gua alami dan buatan, ditemukan di sekitar situs arkeologi dari Qumran di Palestina. Sejak penemuan Gulungan Laut Mati pada tahun 1947-1956, penggalian ekstensif telah dilakukan di Qumran. Hampir 900 gulungan ditemukan. Kebanyakan ditulis pada meja kapur dan beberapa di papirus. Waduk, ritual mandi Yahudi, dan kuburan telah ditemukan, bersama dengan ruang makan dan lainnya. Para ahli berasumsi bahwa Qumran adalah tempat tinggal kaum Eseni dan juga menjadi pusat aktivitas para kaum Eseni di pesisir Laut Mati.
5 Rumah Gua Terunik di DuniaTitle : 5 Rumah Gua Terunik di Dunia ~ unikposts
Description : Pada saat kita berpikir tentang gua, hal pertama yang muncul adalah kegelapan. Selain itu, kesan ruang yang dingin dan lembab penuh serangg...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|