6/13/2014

7 Tempat Unik dan Paling Mengherankan di Dunia

7 Tempat Unik dan Paling Mengherankan di Dunia -
unikposts -
Tempat-tempat unik dan paling menakjubkan yang ada di dunia ini, telah terbentuk selama ribuan sampai jutaan tahun, tak terduga dan menciptakan rasa takjub. Tempat nyata yang ada di Bumi ini memang mengherankan sehingga membuat banyak orang bertanya-tanya. Beberapa tempat memiliki estetika penampilan yang sangat unik, sementara yang lainnya juga cukup mengherankan. Seperti apakah tempat yang dimaksud? Ini tujuh tempat unik dan paling mengherankan di dunia. Mari kita simak bersama-sama!

1. Salar de Uyuni
7 Tempat Unik dan Paling Mengherankan di Dunia
By Lion Hirth (User:Prissantenbär) (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Dataran garam terluas di dunia ini terletak di Departemen Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara, dekat puncak Andes, pada ketinggian 3650 meter. Sekitar 40.000 tahun yang lalu, Salar de Uyuni atau Salar de Tunupa merupakan bagian dari Danau Michin, danau besar pada masa prasejarah. Diperkirakan, Salar de Uyuni mengandung 10 miliar ton garam, dan kurang dari sekitar 25.000 ton garam diperoleh tiap tahun. 

2. Tsingy de Bemaraha, Madagaskar
Tsingy de Bemaraha Strict Nature Reserve
By ASMaloney at en.wikipedia (Transferred from en.wikipedia;) [Public domain], from Wikimedia Commons
Sebuah taman nasional yang terletak di Melaka Region, Madagaskar. Tsingy de Bemaraha National Park berpusat pada dua formasi geologi, Great Tsingy dan Little Tsingy. Formasi geologi ini berdekatan Tsingy de Bemaraha Strict Nature Reserve, Taman Nasional adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Tsingy de Bemaraha adalah lanskap karst dari pinnacles kapur tajam yang disebut tsingy. Ngarai spektakuler dari sungai dan bukit-bukit Manambolo memotong melalui tsingy sehingga menciptakan pemandangan yang beragam. Hutan tidak terganggu, danau dan rawa bakau dari taman nasional adalah habitat langka dan burung.

3. Kawah Berapi, Derweze
Darvaza
By P.Lechien (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Di sebuah desa di Turkmenistan, yang terletak di tengah padang pasir Karakum, sekitar 260 kilometer sebelah utara dari Ashgabat ternyata terdapat lubang berapi di jantung Gurun Karakum di Derweze. Sebetulnya ini bukanlah akibat serangan terhadap Bumi yang diluncurkan dari luar angkasa. Melainkan adalah kawah yang dibuat oleh ahli geologi lebih dari 40 tahun yang lalu, dan api terus membakar sejak saat itu. Akan tetapi anehnya sudah lebih dari empat dekade yang lalu, dan kawah masih menyala. Nyalanya terlihat dari Derweze setiap malam. Penduduk setempat 'suku Teke' telah menjuluki kawah pembakaran ini sebagai gerbang ke neraka.

4. Racing Rock, Racetrack Playa
Racing rock at Racetrack Playa, 2011
By Jason Hickey (_DSC9310.jpg) [CC-BY-3.0], via Wikimedia Commons
Di Death Valley National Park, Inyo County, California, Amerika Serikat, terdapat fitur danau kering indah dengan "batu berlayar" yang menuliskan jejak linear "pacuan kuda". Lebih tepatnya kota ini terletak di atas sisi barat laut Death Valley. Tak tanggung-tanggung, bahkan NASA masih bingung mengapa batu-batu disana bisa berjalan. Playa terkenal karena salah satu misteri yang paling aneh dari planet Bumi. Batuan ini dapat ditemukan di tanah datar playa dengan jejak yang panjang di belakangnya. Meski tidak ada yang pernah benar-benar melihat Pergerakan Batu, trek berkelok-kelok tertinggal di permukaan tanah membuktikan aktivitas mereka. Beberapa batuan berat beberapa ratus pound dan telah menempuh perjalanan sejauh 1.500 meter.

5. Gunung Roraima, Venezuela
Roraima cliffs1
By Paulo Fassina (View from Mt. Roraima "Window") [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Ada sebuah gunung datar yang letaknya membentang antara wilayah Venezuela, Guyana dan Roraima, sebuah negara bagian Brasil. Ketinggiannya mencapai 2.810 meter, Roraima puncak tertinggi di Guyana, meski Venezuela dan Brasil memiliki pegunungan yang lebih tinggi. Gunung datar ini merupakan formasi geologi tertua di Bumi, yang diperkirakan telah berumur sekitar dua miliar tahun yang lalu. Gunung ini disebut sebagai dunia yang hilang dari zaman purba, sebab wisatawan yang pergi ke sana dibuat melongo dengan kombinasi aneka keindahan alam di dalam satu kawasan. Bayangkan saja, ada air terjun, kolam alami, pantai berpasir, formasi karang, kabut, lembah kristal, retakan gunung, sabana, hutan hujan dan bahkan ngarai juga ada.

6. Kelimutu, Indonesia
Kelimutu Eastern Crater (8184683221)
By Michael Day (Kelimutu Eastern CraterUploaded by russavia) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia, terdapat gunung yang memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau kawah ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Meski begitu, anehnya warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. Diperkirakan warna terbentuk akibat garam yang berbeda dan oksida dalam suspensi atau larutan memberikan warna danau yang dapat berubah-ubah, bervariasi mulai dari hijau, biru dan gelap menjadi merah intens. Bahkan saking uniknya, dulu pernah dibuat mata uang Indonesia dalam pecahan Rp 5.000 bergambar danau ini.

7. Socotra, Republik Yaman

Dragon Tree, Socotra Is, Yemen (9855361935)
By Rod Waddington from Kergunyah, Australia [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Socotra tempat paling aneh dan paling unik di dunia. Hampir semua yang ada di sana terlihat aneh, mulai dari bentuk pohon maupun lingkungannya, tak heran banyak yang menyebut Socotra yang berada di Republik Yemen sebagai salah satu sarang alien di dunia. Tempatnya sangat terisolir, iklim kering lain daripada yang lain. Keanehan ini bisa jadi menyebabkan kehidupan tanaman maupun benda apapun di sana tumbuh dengan aneh. Sebut saja tanaman terkenal seperti Dragon’s Blood Tree yang aneh, bentuknya sangat tidak umum, terlihat mirip paying. Pohon ini memproduksi getah berwarna merah. Selain itu ada pula binatang binatang asli, seperti burung-burung, laba-laba dan binatang asli lainnya. Belum lagi bebatuan juga karang, yang bentuknya tidak umum dan hanya ada di pulau itu. Dengan segala keanehan isi pulau itu, tak heran kalau Socotra, pulau yang berada di laut arab, masuk dalam Warisan Peninggalan Dunia.
7 Tempat Unik dan Paling Mengherankan di DuniaTitle : 7 Tempat Unik dan Paling Mengherankan di Dunia ~ unikposts
Description : Tempat-tempat unik dan paling menakjubkan yang ada di dunia ini, telah terbentuk selama ribuan sampai jutaan tahun, tak terduga dan mencipt...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|