6/23/2014

7 Taman Kota Paling Populer di Dunia

7 Taman Kota Paling Populer di Dunia -
unikposts -
Areal berisikan komponen material yang saling mendukung satu sama lainnya, sengaja direncanakan dan dibuat sebagai tempat penyegar dalam dan luar ruangan. Taman yang sering dijumpai yaitu taman rumah tinggal, taman lingkungan, taman bermain, taman rekreasi, taman botani. Pertamanan lebih spesifik karena menyangkut aspek estetika atau keindahan dan penataan ruang sehingga memiliki fungsi dalam keberadaannya.
7 Taman Kota Paling Populer di Dunia
By "Public domain Courtesy of Longwood Gardens" (www.fhwa.dot.gov/byways/photos/60778) [Public domain], via Wikimedia Commons
Dari sejumlah taman yang ada di berbagai penjuru dunia, ternyata ada tujuh taman yang paling populer. Sebab taman-taman ini paling sering dikunjungi, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Tak salah memang jika taman terbaik ini dinobatkan sebagai tujuh taman kota paling populer di dunia.

1. Stanley Park, Vancouver, Kanada
Stanley Park, Vancouver (7889964786)
By InSapphoWeTrust from Los Angeles, California, USA (Stanley Park, VancouverUploaded by russavia) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Sebuah taman seluas 4 kilometer persegi dekat Vancouver, British Columbia, Kanada. Stanley Park, yang terletak di ujung semenanjung ini merupakan inti dari Vancouver, semula disisihkan untuk sebuah benteng, untuk melindungi pelabuhan Pasifik utama Kanada Vancouver dari invasi AS pada abad ke-19. Taman secara resmi dibuka September 27, 1888, di mana ia diangkat setelah Frederick Stanley, Gubernur Jenderal Kanada pada saat itu. Stanley Park merupakan ketiga terbesar di Amerika Utara, menonjolkan banyak pohon Douglas-fir, Western Redcedar, dan Western Hemlock yang besar. Taman menarik sekitar delapan juta pengunjung setiap 2 tahun, termasuk wisatawan dan penduduk lokal, yang datang untuk rekreasi dan atribut alamnya. 

2. Garden of the Gods, Colorado Springs, Kolorado
Garden of the Gods
By Daniel Schwen (Karya sendiri) [CC-BY-SA-4.0], via Wikimedia Commons
Taman umum yang terletak di Colorado Springs, Colorado, AS. Garden of the Gods ditetapkan sebagai Natural Landmark Nasional pada tahun 1971. Di taman ini terdapat formasi batuan merah yang diciptakan oleh alam selama pergolakan geologi di sepanjang garis patahan alami jutaan tahun lalu. Bukti arkeologis menunjukkan bahwa orang prasejarah mengunjungi Garden of the Gods sekitar 1330 SM. Pada 250 SM, orang-orang asli Amerika berkemah di taman. Mereka diyakini telah menggunakan batu-batu itu untuk berlindung. Di taman ini terdapat Steamboat Rock yaitu formasi batuan unik seperti kapal yang bisa diakses melalui jalan darat beraspal dan merupakan tempat populer bagi wisatawan fotografi. Pendakian di atas batu karang ini sekarang dilarang. Tangga menuju tulang belakang formasi masih terlihat.

3. Central Park, New York
3021-Central Park-Sheep Meadow
By Ingfbruno (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Adalah sebuah taman kota di borough New York City of Manhattan. Central Park dibuka pada tahun 1857. Pada tahun 1858, Frederick Law Olmsted dan Calvert Vaux memenangkan kompetisi desain untuk meningkatkan dan memperluas taman. Konstruksi dimulai pada tahun yang sama dan selesai pada tahun 1873. Central Park adalah taman kota yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat. Ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1962, dan saat ini taman dikelola oleh Central Park Conservancy di bawah kontrak dengan pemerintah kota. 

4. Millennium Park, Chicago
Millennium Park from Sears Tower
By Flickr user KE4SFQ (www.flickr.com/photos/kevcyn/469075034/) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Millennium Park atau Taman Millenium adalah taman umum yang terletak di daerah komunitas Loop of Chicago di Illinois, Amerika Serikat dan awalnya ditujukan untuk merayakan milenium. Ini adalah civic center terkemuka di dekat kota Lake Michigan garis pantai yang mencakup 24,5 hektar bagian barat laut Grant Park. Kawasan ini sebelumnya ditempati oleh taman, Illinois Central meter rel, dan tempat parkir. Taman dibatasi oleh Michigan Avenue, Randolph Street, Columbus Drive dan East Monroe Drive, menawarkan berbagai seni publik. 

Perencanaan taman dimulai pada Oktober 1997. Konstruksi dimulai pada bulan Oktober 1998, dan Millennium Park dibuka dalam suatu upacara pada tanggal 16 Juli 2004, empat tahun di belakang jadwal. Tiga hari pembukaan perayaan yang dihadiri oleh sekitar 300 ribu orang. Taman telah menerima penghargaan untuk aksesibilitas dan desain hijau. Tiket masuk gratis termasuk fitur Jay Pritzker Pavilion, Cloud Gate, Crown Fountain, Lurie Garden, dan berbagai atraksi lainnya. Karena taman terletak di atas sebuah garasi parkir dan kereta api komuter Millennium Station, sehingga dianggap sebagai taman atap terbesar di dunia.

5. High Line, New York
Highline NYC 3705376658 529a375621
High Line adalah sebuah taman seluas satu mil di New York City yang dibangun di bentangan jembatan sepur kereta barang sepanjang 145 mil bernama West Side Line di sepanjang Lower West Side, Manhattan. Jembatan ini dirancang ulang dan dihijaukan untuk menciptakan jalur hijau layang. High Line Park saat ini membentang dari Gansevoort Street, satu blok di bawah West 12th Street, di Meatpacking District, ke atas hingga 30th Street, melintasi permukiman Chelsea ke West Side Yard, dekat Javits Convention Center. Pendauran ulang kereta api menjadi taman kota telah mendorong pengembangan real estate di lingkungan yang terletak di sepanjang jalur ini.

6. Kings Park and Botanic Garden, Perth, Australia
Kings Park from South Perth
By Moondyne at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Taman kota seluas 4,06 kilometer persegi yang terletak di tepi barat distrik bisnis pusat di Perth, Australia Barat, Australia. Kings Park adalah campuran dari taman grassed, kebun raya dan daerah rerumputan alami di Gunung Eliza dengan dua pertiga dari dasar dilestarikan sebagai semak belukar. Dengan pemandangan panorama Sungai Swan dan Darling Range, yaitu rumah bagi lebih dari 300 varietas tanaman asli dan 80 jenis burung. Taman ini menghadap ke kota serta Perth Air dan Melville Air di Sungai Swan. Ini adalah salah satu taman kota yang terbesar terdalam di dunia dan tujuan pengunjung paling populer di Australia Barat, yang dikunjungi oleh lebih dari 5 juta orang setiap tahun. Taman ini lebih besar dari New York Central Park.

7. Guell Park, Barcelona, Spanyol
GuellTerraceSeperate
By Walter.Horvath (Karya sendiri) [CC-BY-3.0], via Wikimedia Commons
Taman Güell atau Parc Güell, adalah kompleks taman dengan elemen arsitektur yang terletak di bukit El Karmel di distrik Gracia Barcelona, Catalonia, Spanyol. Guell Park dirancang oleh arsitek Catalan Antoni Gaudí dan dibangun pada tahun 1900-1914. Memiliki luas 17.18 ha, sehingga menjadikannya sebagai salah satu yang terbesar dari karya arsitektur di Eropa selatan. Taman ini adalah bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO "Karya Antoni Gaudi". Terinspirasi oleh gerakan kota taman Inggris. Situs ini adalah sebuah bukit berbatu dengan sedikit vegetasi dan beberapa pohon, disebut Muntanya Pelada (Bare Mountain). Tujuannya adalah untuk memanfaatkan udara segar dan supaya tampak indah. Taman kota ini dapat dicapai dengan kereta api bawah tanah, bus kota, atau dengan bus pariwisata komersial. 
7 Taman Kota Paling Populer di DuniaTitle : 7 Taman Kota Paling Populer di Dunia ~ unikposts
Description : Areal berisikan komponen material yang saling mendukung satu sama lainnya, sengaja direncanakan dan dibuat sebagai tempat penyegar dalam da...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|