6/11/2014

5 Arsitektur Bangunan Paling Unik di Eropa

5 Arsitektur Bangunan Paling Unik di Eropa -
unikposts -
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bangunan atau gedung terdiri dari berbagai macam bentuk dan fungsi, dan telah diadaptasi sepanjang sejarah. Tampaknya bukan rahasia lagi jika Eropa adalah rumah bagi beberapa arsitektur unik dan paling luar biasa di dunia. Desain yang unik dari arsitek dan desainer ini telah dihargai atas beberapa pekerjaan yang luar biasa. Adapun keunikan bangunan ini berasal dari imajinasi dan kreativitas pembuatnya. Beberapa desain bangunan yang luar biasa ini dirancang untuk menarik reaksi, dan membuat takjub para wisatawan. Seperti apa saja keunikan arsitektur bangunan yang dimaksud? Ini lima diantaranya yang mungkin belum Anda ketahui. Mari kita simak bersama-sama!

1. Kunsthaus Graz, Austria
Graz Kunsthaus 3
By Marion Schneider & Christoph Aistleitner (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Kunsthaus Graz, Grazer Kunsthaus, atau Museum Seni Graz dibangun sebagai bagian dari perayaan Kebudayaan Ibukota Eropa pada tahun 2003 dan sejak itu menjadi landmark arsitektur di Graz, Austria. Program pameran ini mengkhususkan diri dalam seni kontemporer dari empat dekade terakhir. Bentuk yang tidak biasa berbeda secara radikal dari konteks pameran konvensional, banyak yang mempertahankan tradisi modernis "Kubus Putih". Tim arsitek menggunakan idiom gaya yang inovatif, yang dikenal sebagai arsitektur gumpalan dalam suasana sejarah Maxvorstadt. Dengan demikian, bangunan raksasa ini disebut "Ramah Alien" oleh penciptanya Colin Fournier sebagai mitra bersama dengan Peter Cook. Bangunan ini memiliki bentuk organik dengan kulit yang terbuat dari panel akrilik biru berwarna-warni.

2. Kinemax, Perancis
Kinemax
By World3000 (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Kinemax dibuka pada tahun 1987, adalah kristal kuarsa raksasa, muncul seperti kekuatan kolosal dari perut bumi, melambangkan kecerdasan dan kesempurnaan alam. Permukaan ini berkilauan, berdasarkan kerangka asli, baja berbentuk mawar untuk berat total bingkai 420 ton. Di dalam kristal terdapat IMAX bioskop (film high definition) dengan 480 kursi dan layar datar raksasa 27.2 x 21.4 meter dengan luas sekitar 600 meter persegi. Di musim panas, pada akhir film, dua silinder kuat disinkronkan dari layar lift hidrolik 18 ton untuk membuat keluar ke area umum, tangga lebar mengarah ke tepi danau buatan seluas 7.000 meter persegi. Terdapat sebuah restoran bernama Crystal, di kaki danau Kinemax, memiliki arsitektur yang sama, namun lebih kecil dan sederhana untuk dimensi realisasinya.

3. Eden Project, Inggris Raya
Eden project
By A1personage at en.wikipedia (Karya sendiriTransferred from en.wikipedia) [Public domain], via Wikimedia Commons
Eden Project merupakan daya tarik pengunjung di Cornwall, Inggris, Inggris Raya. Di dalam bioma buatan terdapat tanaman yang dikumpulkan dari seluruh dunia. Proyek ini terletak di area reklamasi Kaolinite, 2 kilometer dari kota St Blazey dan 5 kilometer dari kota besar St Austell, Cornwall. Kompleks didominasi oleh dua kandang besar yang terdiri dari kubah sebelah yang menampung ribuan spesies tanaman, dan masing-masing kandang mengemulasi bioma alami. Kubah terdiri dari ratusan sel plastik heksagonal dan pentagonal bertingkat yang didukung oleh rangka baja. Kubah pertama mengemulasikan lingkungan tropis, dan yang kedua lingkungan Mediterania. Proyek Eden adalah daya tarik pengunjung di Cornwall, Inggris.

4. Guggenheim Museum Bilbao, Spanyol
Guggenheim Bilbao may-2006
By Samuel Negredo [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Sebuah museum seni modern dan kontemporer, yang dirancang oleh arsitek Kanada-Amerika Frank Gehry, dan terletak di Bilbao, Basque Country, Spanyol. Guggenheim Museum Bilbao diresmikan pada 18 Oktober 1997 oleh Raja Juan Carlos I dari Spanyol. Dibangun di samping sungai Nervion. Guggenheim adalah salah satu dari beberapa museum milik Solomon R. Guggenheim Foundation. Museum ini memiliki pameran permanen dan karya-karya seniman Spanyol dan internasional. Salah satu karya arsitektur kontemporer yang paling dikagumi yaitu bangunan telah dipuji sebagai "momen sinyal dalam budaya arsitektur". Museum ini adalah bangunan yang paling sering disebut sebagai salah satu karya yang paling penting yang diselesaikan sejak tahun 1980 dalam Arsitektur Survey Dunia 2010 antara para ahli arsitektur.

5. Dancing House, Republik Ceko
Dancing House (7339585566)
By Christine Zenino from Chicago, US (Dancing HouseUploaded by russavia) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Dancing House atau Fred dan Ginger adalah julukan yang diberikan pada gedung Nationale Nederlanden di Praha, Republik Ceko. Ini dirancang oleh arsitek Ceko Kroasia-Vlado Milunic dalam kerjasama dengan arsitek terkenal Kanada-Amerika, Frank Gehry. Bangunan ini dirancang pada tahun 1992 dan rampung pada tahun 1996. Desainnya pada saat itu non-tradisional sangat kontroversial karena rumah berdiri di antara bangunan Baroque, Gothic dan Art Nouveau yang terkenal di Praha dan menurut beberapa pendapat hal itu tidak sesuai dengan baik dengan gaya arsitektur ini. Kemudian presiden Ceko, Václav Havel, yang tinggal selama puluhan tahun di samping situs tersebut, telah rajin mendukung proyek ini, berharap bahwa bangunan akan menjadi pusat kegiatan budaya. Gehry awalnya bernama rumah Fred dan Ginger, namun julukan ini sekarang jarang digunakan.
5 Arsitektur Bangunan Paling Unik di EropaTitle : 5 Arsitektur Bangunan Paling Unik di Eropa ~ unikposts
Description : Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bangunan atau gedung terdiri dari berbagai macam bentuk dan fungsi, dan telah diadaptasi sepanjang seja...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|