6/20/2014

Khasiat dan Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan -
unikposts -
Salam merupakan nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sementara nama ilmiahnya adalah Syzygium polyanthum. Tinggi pohonnya bisa mencapai 30 meter. Selain itu di beberapa daerah, salam memiliki nama yang berbeda-beda. Melayu: ubar serai, Sunda, Jawa dan Madura: Salam, Kangean: kastolam, Jawa: manting, Sumatera: meselengan. Di Indonesia, daun salam sering dijadikan sebagai rempah-rempah yang biasa di gunakan untuk masakan terutama untuk masakan Kari.
Khasiat dan Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan
Beberapa kandungan yang dimiliki daun salam diantaranya adalah Vitamin A, B-6, B-9, C, Kalori, Karbohidrat, serat, dan Mineral. Untuk mengetahui keajaiban manfaat serta cara pengobatan menggunakan daun salam, langsung saja simak yang berikut ini.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada daun salam terdapat kandungan berbagai jenis vitamin, vitamin C salah satu diantaranya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Anda dapat menambahkan daun salam ke dalam masakan atau bisa juga mengolahnya menjadi teh agar mendapatkan khasiat untuk menambah daya tahan tubuh. Cara membuat teh daun salam akan dijelaskan di bawah.

2. Pengharum masakan
Sebetulnya, manfaat daun salam untuk mengharumkan aroma masakan sudah tidak diragukan lagi. Anda bisa mencampur daun salam yang masih segar ataupun yang telah kering ke dalam masakan seperti daging, ikan, nasi atau bahkan sayur supaya aroma masakan lebih harum. Dengan begitu, selera makan akan bertambah.

3. Mengobati sakit maag
Siapkan 20 lembar daun salam yang telah dicuci bersih, rebus dengan 0.5 liter air hingga mendidih. Kemudian tambahkan gula merah secukupnya. Air rebusan ini diminum setiap hari hingga rasa perih di lambung menghilang.

4. Mengobati batuk 
Rebus 7 lembar daun salam yang telah dikeringkan dengan dua gelas air hingga mendidih dan air rebusan tersisa setengah. Tunggu hingga dingin dan tambahkan madu sebanyak 3 sendok makan serta air perasan lemon. Nantinya, ramuan ini secara secara teratur hingga batuk reda.

5. Memutihkan gigi
Sulit dipercaya, ternyata pasta gigi tradisional yang terbuat dari daun terbukti ampuh memutihkan gigi kuning secara alami tanpa efek samping. Untuk memutihkan gigi yng kuning, pertama-tama jemur daun salam dan kulit jeruk hingga kering. Setelah itu, haluskan dengan cara diblender. Jika telah halus, kemudian campurkan sedikit air dan aduk hingga berbentuk pasta. Anda bisa menggunakan pasta daun salam ini sebagai pasta gigi.

6. Mengobati asam urat
Selain sebagai obat batuk dan maag, rupanya daun salam ampuh untuk mengobati asam urat. Untuk mengobati asam urat caranya cukup mudah yaitu siapkan 10 lembar daun salam dan rebus bersama sekitar 0.7 liter air bersih hingga tersisa setengah (0.35 liter). Setelah itu saring air rebusan tersebut, sebaiknya diminum selagi masih hangat.

7. Menyembuhkan radang lambung
Caranya cukup mudah yaitu daun salam sebanyak 15 lembar dan 10 lembar sambiloto kering, serta gula batu secukupnya. Lalu semua bahan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minumlah secara rutin sebanyak dua kali sehari.

8. Menurunkan kolesterol dan diabetes
Pertama-tama, ambil 15 lembar daun yang masih segar, cuci hingga bersih. Setelah itu, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengah saja. Jika telah dingin, saring air rebusan daun salam tersebut dan minum sekaligus di malam hari. Lakukan secara rutin agar kolesterol dan diabetes cepat sembuh.

9. Membantu menurunkan berat tubuh
Khususnya bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, manfaat daun salam untuk menurunkan berat badan bisa anda coba. Siapkan 25 – 30 lembar daun salam yang telah dicuci bersih kemudian rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas, angkat dan dinginkan. Nantinya, air rebusan ini di minum 2 kali sehari setiap pagi dan malam sebanyak 1 gelas. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan secara rutin agar berat badan segera turun.

10. Mengobati kencing manis
Untuk mengobati kencing manis, Anda harus merebus 10 - 15 daun salam yang telah di cuci bersih dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah itu disaring dan tunggu sampai dingin kemudian minum sekaligus sebelum makan. Lakukan dua kali dalam sehari agar manfaat daun salam berfungsi dengan baik.

11. Menurunkan tekanan darah tinggi
Kandungan flavonoida dan juga zat tanin yang cukup tinggi memungkinkan untuk bisa menjadi obat herbal yang dapat mengobati penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Anda bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara merebus 7 – 10 lembar daun yang masih segar bersama 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring kemudian minum 2 kali sehari tiap setengah gelas.

12. Mengobati diare
Selain sebagai obat kencing manis dan diabetes, ternyata daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diare. Jika anda tiba-tiba diserang diare, sebaiknya langsung sediakan 15 lembar daun salam yang masih segar. Cuci hingga bersih dan direbus dengan dua gelas air hingga mendidih. Kemudian tambahkan sedikit garam dan tunggu hingga dingin. Minum air rebusan daun salam ini sekaligus supaya diare yang anda alami segera sembuh.

13. Mengobati penyakit kulit
Untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti alergi dan gatal-gatal, sediakan secukupnya daun salam, kulit pohonnya dan juga akarnya. Setelah itu dicuci bersih kemudian digiling halus hingga menjadi adonan seperti bubur. Kemudian balurkan ke tempat yang sakit.

Lumayan banyak ya, manfaat sehat daun salam ajaib ini. Selain sehat dapat pula menyembuhkan beragam penyakit. Oleh karenanya, anda tak perlu ragu untuk selalu menyediakan daun salam dirumah.
Khasiat dan Manfaat Daun Salam untuk KesehatanTitle : Khasiat dan Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan ~ unikposts
Description : Salam merupakan nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai  Indonesian b...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|