6/29/2014

7 Spesies Hewan Tertua di Bumi

7 Spesies Hewan Tertua di Bumi -
unikposts -
Di bumi ini terdapat jutaan spesies binatang yang berbeda dan ilmu pengetahuan hanya tahu tentang sebagian kecil dari mereka. Banyak spesies yang punah, beberapa di antaranya mati baru-baru ini dan yang lainnya sudah mati jauh sebelum manusia ada. 
7 Spesies Hewan Tertua di Bumi
7 Spesies Hewan Tertua di Bumi
Tapi bagaimana dengan hewan yang telah ada sejak jutaan tahun dan masih hidup sampai saat ini. Berikut tujuh spesies hewan tertua di bumi yang masih ada saat ini. Mari kita simak bersama-sama!

1. Cyanobacteria
Clyndrospermum (Cyanobacteria)
By Matthewjparker (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Cyanobacteria, dikenal pula sebagai sianobakteri, bakteri biru-hijau, ganggang biru-hijau, serta ganggang biru, adalah filum bakteri autotrof fotosintetik. Jejak fosilnya telah ditemukan berusia 3,8 miliar tahun. Cyanobacteria dianggap salah satu bentuk kehidupan pertama di Bumi. Cyanobacteria adalah yang pertama tinggal di sulfate dan metana yang berlebihan di atmosfer Bumi. Mereka berfotosintesis, tetapi beberapa juga menggunakan nitrogen untuk energi mereka. Cyanobacteria adalah pemecah masalah nitrogen. Ia mengubah nitrogen bebas menjadi nitrat yang digunakan oleh cyanobacteria dan dengan tanaman lain di laut. Cyanobacteria dapat bertahan hidup setiap peristiwa kepunahan besar termasuk kepunahan Permian yang menewaskan 90 persen dari spesies yang hidup pada waktu itu. Diperkirakan, mereka telah ada sejak 2.800 juta tahun.

2. Sponge
Psedoceratina crassa (Branching Tube Sponge - yellow variation)
By Nhobgood (bicara) Nick Hobgood (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Sponge, spons, porifera atau hewan berpori adalah sebuah filum untuk hewan multiseluler yang paling sederhana. Ciri-ciri morfologinya antara lain yaitu tubuhnya berpori multiseluler tubuh porifera asimetri, meskipun ada yang simetri radial. Spons dari kelompok garis keturunan hewan purba yang dapat ditelusuri kembali ke awal dari kehidupan binatang. Fosil dari kaca spons telah ditemukan dari sekitar 540 juta tahun yang lalu di batuan di Australia, Cina dan Mongolia. Meskipun sekitar 90% dari spons modern demosponges, fosil jenis ini kurang umum dibandingkan dengan jenis lain karena tengkorak mereka terdiri dari spongin relatif lunak yang tidak berfosil dengan baik.

3. Ubur-ubur
Moon jellyfish at Gota Sagher
By Alexander Vasenin (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Ubur-ubur adalah Sejenis binatang laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa. Ubur-ubur memiliki tubuh berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh. Rongga pada tubuh kelompok ubur-ubur disebut gastrovaskuler. Ubur-ubur termasuk dalam kelompok hewan yang disebut Cnidaria atau Coelenterata. Kelompok ini termasuk karang, hydras, ubur-ubur, anemon laut, pena laut, cambuk laut, dan penggemar laut. Mereka sulit untuk menjadi fosil, karena sebagian besar tubuh mereka terdiri dari air. Akan tetapi beberapa tahun lalu, beberapa fosil yang baru ditemukan yang membuat mereka bahkan lebih tua dari yang diduga sebelumnya. Diperkirakan, mereka telah ada sejak 505 Juta tahun.

4. Nautilus
Nautilus Palau
By Manuae (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Nautilus merupakan nama umum bagi sejumlah spesies moluska laut yang masuk dalam famili Nautilidae. Binatang ini mirip siput karena memiliki cangkang. Tapi, ia bukanlah keluarga siput. Meski bercangkang, Nautilus masih berkerabat dengan cumi-cumi dan gurita. Fosil nautilus ini hanya hidup di Cephalopoda. Dulu mereka lebih bervariasi dan jauh lebih makmur, tetapi sekarang hanya ada enam jenis nautilus, semua terbatas pada Indo-Pasifik. Namun, cara untuk menggantung di sana.

Cangkang Nautilus dipergunakan untuk melindungi tubuh mereka yang lunak. Seperti keluarga cumi-cumi lainnya, Nautilus juga memiliki tentakel. Tentakel-tentakel ini terbagi menjadi dua lingkaran. Berbeda dengan tentakel cumi-cumi atau gurita, tentakel Nautilus tidak memiliki pengisap. Untuk bernafas, Nautilus memiliki dua pasang insang. Nautilus tergolong predator. Ia memakan udang dan ikan-ikan kecil yang tertangkap oleh tentakelnya. Dan hebatnya, Nautilus hanya butuh makan sekali dalam sebulan. Diperkirakan, mereka telah ada sejak 500 juta tahun.

5. Belangkas
Carcinoscorpius rotundicauda (Chonburi)
By anonymous (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Belangkas mencakup empat jenis hewan beruas yang menghuni perairan dangkal wilayah paya-paya dan kawasan mangrove. Kesemuanya merupakan anggota suku Limulidae dan menjadi satu-satunya wakil dari bangsa Xiphosurida yang masih hidup di bumi. Meskipun namanya itu lebih terkait erat dengan laba-laba dan kalajengking (semua berada di subphylum Chelicerata) daripada kepiting. Mereka adalah satu-satunya spesies dalam genus Carcinoscorpius. Belangkas tidak banyak berubah sejak masa Ordovisium. Belangkas adalah makhluk tertua yang masih bertahan hidup hingga saat ini. Spesies ini paling awal yang merayap di laut dangkal, setidaknya 100 juta tahun sebelum dinosaurus ada. Jadi, mereka telah ada sejak 445 Juta tahun yang lalu. 

6. Coelacanth
Coelacanth model, Devonian - Houston Museum of Natural Science - DSC01709
By Daderot (Daderot) [CC0 or CC0], via Wikimedia Commons
Coelacanth adalah nama ordo ikan yang antara lain terdiri dari sebuah cabang evolusi tertua yang masih hidup dari ikan berahang. Coelacanth merupakan urutan ikan langka yang mencakup dua spesies yang masih ada dalam genus Latimeria yaitu coelacanth Barat Samudera Hindia (Latimeria chalumnae) dan Coelacanth Indonesia (Latimeria menadoensis). Mereka ditemukan di sepanjang garis pantai Samudera Hindia dan Indonesia. Karena hanya ada dua spesies Coelacanth. Sebelum 1938 Ikan raja laut diyakini telah punah sekitar 80 juta tahun yang lalu, ketika mereka menghilang dari catatan fosil. Ini "prehisotric fosil hidup" pernah dianggap sebagai nenek moyang dari tetrapoda. Diperkirakan, mereka telah ada sejak 360 juta tahun.

7. Sturgeon
Stör Sturgeon
By Aah-Yeah (Flickr: Stör Sturgeon) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Sturgeon adalah nama umum digunakan untuk beberapa 25 spesies ikan dalam keluarga Acipenseridae, termasuk genera Acipenser, Huso, Scaphirhynchus dan Pseudoscaphirhynchus. Istilah ini mencakup lebih dari 20 spesies yang biasa disebut sebagai sturgeon dan beberapa spesies terkait erat yang memiliki nama umum yang berbeda, terutama Sterlet, Kaluga dan beluga. Secara kolektif, keluarga juga dikenal sebagai Ikan sturgeon yang benar. Sturgeon kadang-kadang digunakan lebih eksklusif untuk merujuk pada spesies dalam dua genera paling terkenal, Acipenser dan Huso. Ikan sturgeon telah disebut sebagai "ikan primitif" karena karakter morfologi mereka relatif tidak berubah sejak catatan fosil paling awal. Diperkirakan, mereka telah ada sejak 200 juta tahun.
7 Spesies Hewan Tertua di BumiTitle : 7 Spesies Hewan Tertua di Bumi ~ unikposts
Description : Di bumi ini terdapat jutaan spesies binatang yang berbeda dan ilmu pengetahuan hanya tahu tentang sebagian kecil dari mereka. Banyak spesie...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|