6/26/2014

5 Hewan Unik dan Menakjubkan di Dunia

5 Hewan Unik dan Menakjubkan di Dunia -
unikposts -
Hewan-hewan unik yang ada di berbagai penjuru dunia memang banyak jenisnya. Meski demikian, tapi lima hewan unik berikut ini adalah terunik dari yang unik. Seperti apa sajakah keunikan hewan-hewan yang dimaksud? Ini beberapa hewan unik dan menakjubkan yang mungkin belum anda ketahui. Mari kita simak bersama-sama!

1. Kalajengking Cambuk
Whipscorpion
By Biomechanoid56 at en.wikipedia Later version(s) were uploaded by Angr, Vezhlys at en.wikipedia. [Public domain], from Wikimedia Commons
Thelyphonida adalah jenis hewan beruas mirip kalajengking namun memiliki semacam "cambuk" di bagian belakangnya, tapi tidak memiliki sengat. Semua jenis ini termasuk ke dalam bangsa Thelyphonida. Sebelumnya, ordo ini digabung bersama Schiyomida membentuk ordo Uropygi. Mereka juga dikenal sebagai kalajengking cambuk karena kemiripannya dengan kalajengking sejati dan memiliki cambuk di ekor.

Arakhnida menakutkan ini memiliki pedipalus (penjepit) besar dan "cambuk" di tepi perut mereka. Lebih menakutkan lagi, hewan ini dapat menyemprotkan berbagai cairan kimia dari perut mereka, termasuk asam semut (asam formiat), klorin dan campuran asam asetat serta asam oktanoic, tapi tergantung dari spesies mereka. Semprotan terakhir mereka baunya seperti cuka, karena itulah mereka juga disebut "Vinegarroons".


2. Synodontis Nigriventris
Synodontis Eupterus 3
By Silex6 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Synodontis nigriventris atau blotched upside-down catfish, adalah spesies lele terbalik asli dari Kongo Basin di Kamerun, Republik Demokratik Kongo dan Republik Kongo. Seperti namanya, ikan dari Afrika ini seringkali ditemukan berenang dalam keadaan terbalik. Diperkirakan mereka melakukan hal ini agar dapat menjangkau makanan di permukaan air, seperti telur serangga. Uniknya, warna tubuh mereka juga terbalik. Tidak seperti kebanyakan ikan, perut mereka lebih gelap dari bagian atas tubuh mereka. Hal ini berguna untuk kamuflase saat menghadapi pemangsa di atas. Mereka adalah jenis ikan peliharaan yang populer.

3. Hering Raja
Sarcoramphus papa (Königsgeier - King Vulture) - Weltvogelpark Walsrode 2013-02
Olaf Oliviero Riemer [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
King vulture atau Hering Raja, Nasar Raja, Ruak-ruak Bangkai Raja (Sarcoramphus papa), adalah spesies burung hering Dunia Baru yang hidup di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Spesies ini masuk dalam famili Cathartidae. Burung unik ini hidup terutama di hutan dataran rendah tropis yang membentang dari selatan Meksiko ke Argentina utara. Ini adalah satu-satunya anggota yang masih hidup dari genus Sarcoramphus, meskipun anggota fosil diketahui.

Burung Heriang biasanya terlihat sebagai burung yang hitam, jelek dan membosankan. Namun, mereka adalah burung yang berwarna-warni. Tubuhnya berwarna putih di bagian atas dan putih di bagian bawah, sementara kepalanya ditutupi berbagai warna mulai dari merah, oranye dan kuning sampai biru dan ungu. Ia juga punya pial di kepalanya. Meski tidak memiliki pangkal tenggorokan, tetapi mereka masih bisa mengeluarkan suara keras. Menurut mitologi Suku Maya, burung ini merupakan penyampai pesan dari Tuhan.

4. Laba-laba Laut
Pycnogonida
By jkirkhart35 (originally uploaded to Flickr as Sea Spider) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Sea spider atau Laba-laba laut, juga disebut Pantopoda atau Pycnogonida, adalah arthropoda laut kelas Pycnogonida. Mereka kosmopolitan, ditemukan terutama di Mediterania dan Karibia Seas, serta Kutub Utara dan Antartika Samudra. Ada lebih dari 1300 spesies yang dikenal, mulai dari ukuran 1 sampai 10 milimeter ke lebih dari 90 sentimeter di beberapa kedalaman yang berbeda-beda di laut. Ukuran mereka lebih kecil jika hidup di kedalaman yang relatif dangkal, namun mereka dapat tumbuh menjadi cukup besar di perairan Antartika. 

Meskipun "laba-laba laut" tidak benar-benar seperti laba-laba, atau bahkan arakhnida, klasifikasi tradisional mereka sebagai chelicerates akan menempatkan mereka lebih dekat dengan laba-laba sungguhan dari kelompok arthropoda terkenal lainnya, seperti serangga atau krustasea. Namun hal ini dalam sengketa, sebagai bukti genetik menunjukkan mereka bahkan mungkin menjadi adik kelompok kuno untuk semua arthropoda hidup lainnya. Karakteristik yang paling menonjol selain tempat tinggalnya adalah kakinya yang besar (kalau dibandingkan dengan badannya). Mereka tidak memiliki sistem respirasi, tapi menggunakan difusi untuk bertahan hidup. Spesies yang terbesar dari jenis ini adalah Colossendeis colossea.

5. Kepiting Laba-laba Jepang
Macrocheira kaempferi (Japanese spider crab), first moult in Burgers zoo (Ocean), Arnhem, the Netherlands
By Bj.schoenmakers (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Japanese spider crab atau Kepiting laba-laba Jepang adalah spesies kepiting laut yang dapat ditemukan di perairan sekitar Jepang dan itu merupakan arthropoda terbesar di dunia dalam ukuran keseluruhan. Rentang kaki hewan ini 3,6 meter dan beratnya bisa mencapai 20 kg. Mereka memiliki 8 kaki yang sangat tipis dibandingkan dengan sisa tubuhnya. Kepiting laba-laba Jepang biasanya ditemukan di lepas pantai selatan pulau Honshu Jepang, dari Tokyo Bay ke Kagoshima Prefecture dan beberapa populasi terpencil juga telah ditemukan di Prefektur Iwate dan Su-ao di Taiwan.

Kepiting jenis ini mendiami kedalaman 150-800 meter, tetapi mereka biasanya tinggal di kedalaman sekitar 200 meter. Makanan utamanya kerang dan hewan bangkai, ganggang, tanaman, dan moluska. Mereka menggunakan capit raksasa untuk menangkap dan merobek makanannya. Hewan ini memiliki rentang hidup yang lama dan dapat hidup sampai 100 tahun. Meskipun memiliki penampilan yang sengit dan menakutkan, tapi mereka adalah hewan yang tenang.
5 Hewan Unik dan Menakjubkan di DuniaTitle : 5 Hewan Unik dan Menakjubkan di Dunia ~ unikposts
Description : Hewan-hewan unik yang ada di berbagai penjuru dunia memang banyak jenisnya. Meski demikian, tapi lima hewan unik berikut ini adalah teruni...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|