6/25/2014

13 Manfaat Menakjubkan dari Daun Sirih

13 Manfaat Menakjubkan dari Daun Sirih -
unikposts -
Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai tradisi budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama pinang, gambir dan kapur. Uniknya, pada zaman dahulu mengunyah sirih dipercaya mampu membuat gigi menjadi lebih tahan lama dan jarang berlubang. Namun saat ini mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Umumnya, sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka) sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.
13 Manfaat Menakjubkan dari Daun Sirih
Daun sirih (karya sendiri)
Beberapa kandungan dan manfaatnya antara lain: minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang diakibatkan oleh bakteri dan cendawan. Tak sebatas itu, daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, digunakan 2 lembar daun segar Piper betle yang dicuci dan digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat digunakan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Untuk mengetahui penjelasan tentang manfaat daun sirih ini, ada baiknya segera membaca artikel berikut.

1. Mengobati kanker
Daun sirih memang berkhasiat untuk mengobati kanker, anda dapat menggunakannya untuk mengobati kanker yaitu dengan cara beberapa lembar daun sirih, dicuci bersih kemudian rebus hingga airnya tersisa seperempat bagian. Nantinya, air hasil rebusan daun sirih ini dicampur dengan madu. Minum sebanyak tiga kali sehari ketika masih dalam keadaan hangat.

2. Mengobati sakit jantung
Selain untuk mengobati kanker, daun sirih juga bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi penyakit jantung yaitu dengan cara cuci tiga lembar daun sirih, tiga butir bawang merah, dan empat biji kemukus. Setelah dicuci, tumbuk hingga halus, tambahkan satu sendok teh jintan. Setelah halus, tambahkan empat sendok makan air matang.Lalu aduk hingga merata dan saring. Nantinya, minum air ramuan tersebut dua kali sehari saat pagi dan sore. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan secara rutin dan teratur.

3. Mengobati gigi dan gusi bengkak
Selain untuk mengobati kanker dan jantung, daun sirih juga berkhasiat untuk mengobati gigi dan gusi bengkak yaitu dengan cara mengunyah daun sirih segar secukupnya. Ataupun dengan cara berkumur menggunakan rebusan daun sirih. Ini merupakan pengobatan alternatif, dengan begitu sakit gigi dan gusi bengkak akan berangsur-angsur menghilang.

4. Mengobati bronkitis
Apabila punya masalah dengan batuk bronkitis, anda bisa mencoba mengobatinya menggunakan daun sirih. Adapun caranya yaitu merebus 5 sampai 8 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama dengan sepotong gula batu didalam 2 gelas air bersih. Tunggu hingga air rebusan tersisa satu gelas. Nantinya, diminum tiga kali sehari setiap sepertiga gelas.

5. Mengobati demam berdarah
Tak sebatas mengobati bronkitis, gigi dan gusi bengkak saja, sebab daun sirih juga dipercaya bisa untuk mengobati demam berdarah. Anda bisa melakukannya dengan cara meminum air rebusan daunnya. Dengan begitu, kuman penyebab demam berdarah akan mati. Atau bisa juga dengan mengoleskan gilingan daun sirih ke tubuh atau dibalurkan. Nyamuk penyebab demam berdarah tidak berani mendekat sehingga akan terhindar dari demam berdarah.

6. Mengobati Bisul
Jika anda sedang mencari cara pengobatan alternatif untuk mengobati bisul, ada baiknya melakukan cara ini. Pasalnya, daun sirih juga bisa dijadikan untuk bisul. Caranya sangat mudah yaitu dengan menumbuk daun sirih tua secukupnya, setelah itu bubuhkan ke area yang terkena bisul. Supaya daun sirih tidak terlepas, anda bisa membalutnya menggunakan kain.

7. Mengatasi diare
Seperti yang kita tau bahwa diare adalah salah satu penyakit yang dapat membuat anda bolak-balik ke kamar mandi. Jika punya masalah dengan diare, anda bisa mencoba untuk mengatasinya dengan menggunakan daun sirih. Adapun cara yaitu siapkan 6 lembar daun sirih, 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak. Kemudian tumbuk ketiga bahan tersebut hingga lembut, setelah itu gosokkan pada perut.

8. Menyembuhkan sariawan
Biasanya saat musim panas tiba, banyak orang yang terkena sariawan. Bagi yang terkena sariawan, daun sirih juga bisa dijadikan solusi yang baik. Anda bisa melakukannya dengan mengunyah daunnya atau berkumur dengan air rebusan daun sirih. Sebab daun sirih ini dapat menyembuhkan sariawan.

9. Menghilangkan bau mulut
Untuk menghilangkan bau tak sedap pada mulut, Anda bisa melakukannya dengan mudah yaitu mengunyah satu lembar daun sirih yang telah dicuci bersih selama beberapa menit. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari. Sementara cara lainnya bisa dengan merebus 5 sampai 6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin disaring, lalu digunakan untuk berkumur-kumur setiap pagi dan sore.

10. Mengobati koreng dan gatal-gatal pada kulit
Salah satu khasiat daun sirih yaitu dapat mengobati koreng serta gatal-gatal yang disebabkan oleh kuman dan jamur. Anda bisa mengatasinya hanya dengan merebus daun sirih, kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk mandi atau bisa juga dengan membasuh kulit yang terkena gatal-gatal saja. Adapun caranya yaitu siapkan 15 hingga 20 lembar daun sirih yang dicuci bersih kemudian direbus. Nantinya, gunakan air rebusan daun sirih selagi masih hangat.

11. Mengobati mimisan (epistaxis)
Seandainya anda sering mengalami mimisan atau terjadi pendarahan pada hidung, anda bisa menghentikan pendarahannya dengan menggunakan daun sirih. Caranya cukup mudah yaitu dengan 1 lembar daun sirih yang masih muda, kemudian lumatkan dan gulung serta sambil ditekan sedikit hingga keluar minyaknya. Setelah itu gunakan untuk menyumbat hidung hingga darah tidak keluar lagi.

12. Menghilangkan bau badan (BB)
Sebetulnya cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih sangat mudah yaitu dengan merendam 2 sampai 3 lembar daun sirih dengan air panas di dalam setengah gelas air yang di tambah dengan satu sendok teh gula putih, diamkan daun sirihnya selama beberapa menit. Minum air remdamannya, jika perlu lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

13. Mengobati Jerawat
Jika punya masalah dengan jerawat, Anda bisa menggunakan daun sirih untuk mengobatinya. Caranya cukup mudah yaitu dengan 8 sampai 10 lembar daun sirih, kemudian di cuci bersih dan lumatkan, kemudian seduh dengan air panas dan gunakan air tersebut untuk membasuh wajah. Lakukanlah cara ini 2 atau 3 kali sehari.

Mungkin, setelah membaca artikel bermanfaat ini Anda akan tergerak untuk menanam jenis tumbuhan yang satu ini di pekarangan atau kebun. Ya, sebab ternyata daun sirih memiliki beragam manfaat untuk kesehatan mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Selain itu juga bermanfaat sebagai pengobatan alternatif. Jadi tanaman ini wajib ada di pekarangan rumah kita.

Referensi : wikipedia.org/wiki/Sirih
13 Manfaat Menakjubkan dari Daun SirihTitle : 13 Manfaat Menakjubkan dari Daun Sirih ~ unikposts
Description : Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai tradisi budaya daun dan buahnya ...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|