6/28/2014

7 Tempat Unik dan Menakjubkan di Bumi

7 Tempat Unik dan Menakjubkan di Bumi -
unikposts -
Bumi yang menjadi tempat untuk kita hidup ini memiliki banyak tempat luar biasa, baik keunikannya, keanehannya, yang semuanya menarik untuk diketahui. Terkadang, beberpa keindahan alam ini sirna oleh derasnya kebutuhan manusia terhadap sumber energi yang disandarkan pada air seperti Guaíra Falls. Berikut ini ada tujuh tempat unik dan menakjubkan dari seluruh dunia. Mari kita simak bersama-sama!

1. Guaíra Falls, Brazil - Paraguay
Bendungan Itaipu
By Herr stahlhoefer (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Air Terjun Guaira adalah serangkaian air terjun besar di Sungai Parana sepanjang perbatasan antara Brasil dan Paraguay. Air terjun ini sebenarnya tidak lagi ada, terendam pada tahun 1982 oleh proyek bendungan Itaipu "Itaipu Dam"Derasnya air yang mengalir di air terjun ini bervariasi, angka yang dipublikasikan mulai dari 13.000 m3 per detik hingga 50.000 m3 per detik, sehingga laju aliran air Guaira adalah yang terbesar di dunia. Deru air terjun yang dihasilkan bisa didengar hingga 20 mil jauhnya.

Kebanyakan orang menganggap air terjun Niagara adalah yang terbesar di dunia. Padahal Guaira Falls lah yang terbesar di dunia. Sumber Guaira Falls yang terletak di perbatasasn Brasil-Paraguay, adalah sungai Parana. Tahun 1982, air terjun Guaira ini dibangun bendungan untuk pembangkit listrik dengan nama Itaipu Dam yang sekarang menjadi bendungan terbesar kedua penghasil listrik terbesar di dunia setelah Gorges Dam. Itaipu Dam menyuplai 90 persen listrik ke Paraguay, dan 19 persen ke Brasil, juga Rio de Janeiro dan Sao Paulo.

2. Iceberg B-15, Antartika
Iceberg 15 2001 07 23
By Ansgar Walk (photo taken by Ansgar Walk) [CC-BY-SA-2.5], via Wikimedia Commons
Iceberg B-15 adalah gunung es terbesar di dunia yang pernah tercatat. Panjangnya sekitar 295 kilometer dan lebar 37 kilometer, dengan luas permukaan 11.000 kilometer persegi atau lebih besar dari pulau Jamaika. Calved dari Ross Ice Shelf Antartika pada Maret 2000, Iceberg B-15 pecah menjadi gunung es yang lebih kecil, yang terbesar bernama Iceberg B-15A. Pada tahun 2003, B-15A terhanyut jauh dari Ross Island ke Laut Ross dan menuju utara, akhirnya putus menjadi beberapa gunung es yang lebih kecil pada bulan Oktober 2005. Setelah hampir satu dekade, bagian dari B-15 masih belum mencair. Pada 2006, angin topan di Alaska, menyebabkan gelombang lautan yang melintas hingga 13.500 kilometer selama 6 hari ke Antartika, dan memisahkan pecahan pecahan sisa menjadi semakin banyak. Gambar di atas merupakan gunung es yang disebut B-15a sesudah terhanyut ke Drygalski Glacier, yang akhir nya pecah menjadi beberapa potong.

4. Rotorua, Selandia Baru
City of Rotorua
By Sircha at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Rotorua adalah sebuah kota di tepi selatan Danau Rotorua di region Bay of Plenty di Pulau Utara di Selandia Baru, dan Distrik Rotorua mencakup daerah otoritas lokal. Rotorua terletak di jantung Pulau Utara, hanya 60 kilometer selatan Tauranga, 80 kilometer utara dari Taupo, 105 kilometer timur dari Hamilton, dan 230 kilometer tenggara dari kota yang paling padat penduduknya, Auckland. Tepatnya di teluk Plenty, pulau utara dari New Zealand. Keunikan dari kawasan itu adalah banyaknya kolam-kolam sumber air panas, khususnya Pohutu Geyser di Whakarewarewa, dan lumpur-lumpur mendidih. Kawasan itu menjadi unik dan menarik sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

6. Socotra, Republik Yaman
Bottle Trees, Socotra Island (9888518324)
By Rod Waddington from Kergunyah, Australia (Bottle Trees, Socotra IslandUploaded by russavia) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Suquthra atau Sokotra adalah kepulauan kecil yang terletak di Samudera Hindia. Kepulauan ini terletak 80 kilometer sebelah timur dari Tanduk Afrika, dan 380 kilometer sebelah selatan dari Jazirah Arab. Pulau ini sangat terisolasi dan sepertiga dari tanaman hidup yang ditemukan di tempat lain di planet ini. Socotra telah digambarkan sebagai "tempat yang paling asing yang tampak di Bumi". Ukuran panjang pulau ini yaitu 132 kilometer dan lebarnya 49,7 kilometer. Socotra merupakan bagian dari Yaman dan sudah lama menjadi bagian dari 'Adan Governorate. 

Socotra adalah tempatnya sangat terisolir, dan iklimnya kering lain daripada yang lain. Keanehan ini bisa jadi menyebabkan kehidupan tanaman maupun benda apapun yang ada di sana tumbuh dengan aneh. Sebut saja tanaman terkenal seperti Dragon’s Blood Tree dan Bottle Trees yang aneh, bentuknya sangat tidak umum, terlihat mirip payung. Ada juga sejumlah besar burung, laba-laba dan binatang lain asli pulau tersebut, dan terumbu karang di sekitarnya yang juga memiliki sejumlah besar endemik (yaitu hanya ditemukan di sana) spesies. Dengan segala keanehan isi pulau itu, tak heran kalau Socotra, pulau yang berada di laut arab, masuk dalam Warisan Peninggalan Dunia.

7. Great Dune of Pyla, Perancis
Dune Pyla 18-06-2006
By Philippe Manaël (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Dune of Pilat atau Dune du Pilat, juga disebut Grande Dune du Pilat, adalah gundukan pasir tertinggi di Eropa. Gundukan ini terletak di La Teste-de-Buch di daerah Teluk Arcachon, Prancis, atau 60 kilometer dari Bordeaux. Sebagaimana yang kita tahu bahwa Eropa tidak mempunyai gurun, paling banter hanya bukit pasir yang biasa saja. Tapi anggapan ini salah, sebab Eropa memiliki bukit pasir unik yakni Pyla, panjangnya mencapai 3 kilometer, sementara lebarnya 500 meter dengan tinggi yang mencapai 100 meter. Bukit pasir ini sangat curam sebagiannya menghadap ke hutan. Tempat ini terkenal karena menjadi tempat aktivitas paragliding. Selain keunikan bukit pasir itu, yang juga menakjubkan adalah pemandangan sekitarnya di mana dari ketinggian kita bisa melihat laut dan hutan. Karena bukit pasir ini jauh lebih tinggi dari hutan, sehingga dari bukit pasir itu kita bisa melihat semuanya.

8. Meteor Crater, Arizona
Meteor Crater Arizona 3
By Simeon87 (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Meteor Crater adalah kawah meteorit 60 kilometer sebelah timur Flagstaff dan 29 kilometer sebelah barat dari Winslow di gurun utara Arizona Amerika Serikat. Situs ini sebelumnya dikenal sebagai Canyon Diablo Crater dan fragmen meteorit yang secara resmi disebut Canyon Diablo Meteorite. Meskipun penting sebagai situs geologi, kawah tidak dilindungi sebagai monumen nasional, status yang akan membutuhkan kepemilikan federal. Hal ini ditetapkan sebagai Natural Landmark Nasional pada bulan November 1967. 

Meteor Crater merupakan kawah yang terbentuk akibat jatuhnya meteorit. Kawah meteor ini konon terbentuk sejak 50.000 tahun lalu pada zaman Pleistocene ketika iklim setempat menjadi lebih sejuk dan basah. Pada saat itu di sana adalah padang rumput yang luas serta hutan yang dihuni oleh wol mammoths, kukang tumbuk raksasa, dan unta. Mungkin kawasan itu belum dihuni manusia. Meteor yang jatuh itu mengandung nikel dan membuat kawah seluas 50 meter.

9. Gunung Roraima, Venezuela - Guyana
Roraima cliffs1
By Paulo Fassina (View from Mt. Roraima "Window") [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Gunung Roraima merupakan pegunungan yang letaknya membentang antara wilayah Venezuela, Guyana dan Roraima, sebuah negara bagian Brasil. Mount Roraima adalah tempat luar biasa yang indah. Gunung batu ini berbentuk unik karena seperti meja raksasa yang berada di awan yang tingginya mencapai 400 meter. Satu-satunya cara untuk mencapai puncak atap meja itu yaitu dengan memanjat jalur tangga yang memang sudah disediakan pemerintah Venezuela. Adapun cara lain yang tidak disarankan adalah yang biasa dilakukan para pemanjat tebing. Di sana hujan nyaris turun setiap hari, menghanyutkan tanaman-tanaman menjalar yang berada di atas atap. Alhasil, atap gunung itu menjadi unik karena bersih dari apapun yaitu seperti ‘meja kosong’.
7 Tempat Unik dan Menakjubkan di BumiTitle : 7 Tempat Unik dan Menakjubkan di Bumi ~ unikposts
Description : Bumi yang menjadi tempat untuk kita hidup ini memiliki banyak tempat luar biasa, baik keunikannya, keanehannya, yang semuanya menarik untuk...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|