6/22/2014

Manfaat Sehat Lidah Buaya yang Belum Anda Ketahui

Manfaat Sehat Lidah Buaya yang Belum Anda Ketahui -
unikposts -
Aloe Vera atau yang lebih umum kita sebut Lidah Buaya merupakan sejenis tumbuhan yang telah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Biasanya, tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di wilayah kering seperti di Afrika. Namun secara umum, tanaman yang bernama ilmiah Aloe barbadensis Milleer merupakan satu dari sepuluh jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Meski tanaman ini sangat mudah ditemukan di Afrika, namun saat ini juga telah banyak taman lidah buaya yang tumbuh subur di Indonesia. Hanya saja dengan berbagai alasan, masih banyak orang yang belum mengetahui beragam manfaat yang dimiliki lidah buaya.
Manfaat Sehat Lidah Buaya yang Belum Anda Ketahui
Manfaat Sehat Lidah Buaya yang Belum Anda Ketahui
Satu hal yang mengejutkan adalah lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, beberapa diantaranya mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Sementara dalam penggunaannya sebgai perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan bahkan bisa digunakan untuk meremajakan kulit. Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai bahan untuk penyubur rambut saja. Oleh karenanya, untuk mengetahui manfaat-manfaat lidah buaya mari kita simak yang berikut.

1. Sebagai antiinflamasi
Lidah buaya dapat membantu mengatasi luka bakar, digigit serangga atau masalah pencernaan. Hal ini bisa diperoleh dengan cara meminum lidah buaya sebagai pengobatan secara internal. Jus lidah buaya dipercaya dapat membantu mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan. Minuman ini dibuat dari gel yang dihasilkan oleh lidah buaya.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tanaman lidah buaya mengandung zat yang dapat membantu sel-sel darah putih melawan virus, sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah sistem kekebalan tubuh kronis. Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin dan teratur dapat membuat Anda tidak mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuh Anda akan terus meningkat.

3. Mengatasi diabetes
Konsumsi lidah buaya dengan cara tertentu akan dapat membantu dalam menurunkan level gula darah Anda yang sedang menderita diabetes. Caranya cukup mudah yaitu dengan merebus lidah buaya yang sudah dibuang durinya dengan air sebanyak 3 gelas dan menyisakan air rebusan hingga setengahnya. Nantinya, ramuan ini dapat dikonsumsi sebanyak tiga kali per hari tiap setengah gelas.

4. Sebagai antioksidan
Dengan adanya kandungan vitamin C dan E pada lidah buaya, maka bisa di manfaatkan sebagai antioksidan. Sehingga nantinya dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan juga mem­bantu untuk mencegah penyakit degeneratif. Anda bisa mengambil manfaatnya dengan cara mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin.

5. Mengobati luka
Dalam menangani luka-luka ringan, lidah buaya memiliki banyak fungsi. Anda dapat menggunakannya untuk mengobati luka bakar, meredakan rasa perih karena terbakar sinar matahari (sunburn), mengurangi warna lebam karena memar, meredakan rasa perih karena lecet, dan mengurangi kerusakan sel akibat frostbite.

6. Mengobati wasir
Bagi anda yang ingin mengobati wasir, siapkan setengah dari batang lidah buaya beserta dua sendok madu dan setengah cangkir air matang. Cara membuatnya cukup mudah yaitu parut lidah buaya, lalu tambahkan madu dan setengah cangkir air matang pada parutan tadi. Setelah itu aduk hingga merata dan kemudian di saring. Minum ramuan ini tiga kali sehari.

7. Melancarkan pencernaan
Pencernaan yang sehat merupakan kunci utama dari tubuh yang sehat, karena pencernaan yang buruk dapat berujung pada berbagai jenis penyakit. Setidaknya, lidah buaya ini telah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat yang ampuh untuk melancarkan pencernaan dan menjaga pencernaan supaya senantiasa sehat.

8. Mengurangi peradangan
Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin, maka dapat meningkatkan fleksibilitas sendi dan membantu dalam regenerasi sel-sel tubuh. Selain itu, dapat memperkuat otot-otot sendi, mengurangi nyeri dan peradangan pada sendi yang disebabkan oleh faktor usia.

9. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
Tak jauh berbeda dengan rumput laut, pasalnya lidah buaya merupakan salah satu dari tanaman yang mengandung gelatin. Gelatin tersebut bermanfaat untuk menyerap racun yang berada pada usus dan mengeluarkannya bersama dengan kotoran. Dengan adanya proses detoksifikasi ini jelas sangat menguntungkan bagi tubuh kita.

10. Menyembuhkan luka
Lidah buaya sangat membantu untuk mengembalikan jaringan kulit yang luka. Untuk kegunaan ini biasanya dengan menggunakan gel lidah buaya yaitu berupa lendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, yang juga digunakan untuk membantu mengatasi masalah eksternal seperti masalah pada kulit, mulai dari luka bakar, jerawat bahkan hingga masalah kulit akibat gigitan serangga.

11. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala
Untuk menyuburkan rambut, bisa dengan cara memotong daunnya kemudian mengoleskan getah yang keluar (eksudat) langsung di kulit kepala secara berkala. Setelah itu baru dibersihkan dengan cara dibilas menggunakan air.

12. Menjaga kesehatan mulut
Kesehatan mulut pasti berkitan dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada lidah buaya. Pasalnya, vitamin C sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.

13. Sebagai bahan kecantikan
Seperti yang kita tau bahwa beberapa manfaat lidah buaya yang telah lama diketahui adalah sebagai penyubur rambut. Namun ada hal penting yang patut diketahui tentang manfaatnya untuk kecantikan. Ternyata, lidah buaya banyak dipergunakan pada berbagai produk kosmetik, seperti krim, lotion, atau sabun. Kandungan lidah buaya di dalam produk kosmetik tersebut membantu meningkatkan kadar oksigen yang berguna bagi kulit, membantu menguat­kan jaringan kulit sehingga tidak mudah mengendur, serta mem­bantu untuk mencegah penuaan dini.

14. Mengatasi ketombe, rambut rontok, dan kebotakan
Dalam hal ini sebetulnya sudah menjadi rahasia umum. Pasalnya, telah sejak lama lidah buaya dikenal sebagai obat untuk mengatasi ketombe serta gatal-gatal pada kulit kepala. Selain itu juga bermanfaat untuk mencegah rambut rontok dan kebotakan. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala sambil di pijat-pijat. Setelah itu diamkan selama 40 hingga 60 menit kemudian dibilas hingga bersih.

Memang tak dapat dipungkiri jika lidah buaya ini memiliki segudang manfaat mengejutkan bagi kita. Mengingat banyaknya manfaat penting yang terkandung di dalam lidah buaya, sepertinya tanaman yang satu ini wajib ada di pekarangan rumah kita.
Manfaat Sehat Lidah Buaya yang Belum Anda KetahuiTitle : Manfaat Sehat Lidah Buaya yang Belum Anda Ketahui ~ unikposts
Description : Aloe Vera atau yang lebih umum kita sebut Lidah Buaya merupakan sejenis tumbuhan yang telah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan ...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|