6/16/2014

Khasiat Buah Sawo bagi Kesehatan

Khasiat Buah Sawo bagi Kesehatan -
unikposts -
Secara umum, sawo merupakan jenis pohon buah yang berumur panjang. Pohon dan buahnya dikenal dengan beberapa nama di Indonesia yaitu dengan sebutan sawo, sauh atau sauh manila, Malaysia menyebutnya ciku, India lebih populer dengan sebutan chikoo atau sapota, sementara di Bangladesh dikenal dengan nama sofeda, di Vietnam justru lebih akrab dengan nama xa pô chê atau hồng xiêm, di Sri Lanka disebut rata-mi, namun dalam bahasa Inggris sawo dikenal dengan nama sapodilla. 
Khasiat Buah Sawo bagi Kesehatan
Khasiat Buah Sawo bagi Kesehatan
Buah Sawo yang memiliki Nama ilmiah Achras Sapota ini selain Buahnya yang banyak di gemari ini ternyata memiliki kandungan yang cukup baik untuk kesehatan. Buah sawo biasanya di Konsumsi saat masih segar dan biasanya pula buah sawo ini sering di jadikan sebagai pelengkap untuk Es buah, karena rasanya yang Lezat dan membuat kita selalu ingin mencicipi dan mencoba terus menerus. Selain itu, sawo termasuk buah yang tersedia hampir sepanjang tahun sehingga sangat mudah dijumpai di berbagai tempat di Indonesia dan mancanegara.

Bagi Anda yang ingin mengetahui segudang manfaat atau khasiat menakjubkan buah sawo bagi kesehatan, ada baiknya untuk segera membaca penjelasan berikut ini.

Sebagai antioksidan
Adanya kandungan vitamin C dan A pada buah sawo sehingga sangat berperan aktif sebagai antioksidan.

Menjaga kesehatan mata
Selain jambu biji dan jagung, ternyata buah sawo juga mengandung vitamin A, sebagaimana yang kita tau bahwa vitamin ini sangat berperan aktif dalam menjaga kesehatan mata.

Mengurangi kram setelah berolahraga
Dengan adanya kandungan vitamin C pada buah sawo sehingga dapat mengurangi rasa sakit atau kram yang biasanya terjadi setelah Anda berolahraga. Vitamin C juga dapat mengurangi produksi radikal bebas.

Menurunkan risiko serangan jantung
Vitamin C yang terdapat pada buah sawo mampu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Aterosklerosis merupakan suatu kondisi dimana arteri jantung Anda menebal dan dapat meningkatkan serangan jantung sebab darah Anda menjadi tidak lancar.

Mencegah infeksi
Kandungan vitamin C pada buah sawo dapat memberikan perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan pencegahan infeksi.

Mengurangi risiko diabetes
Berkat adanya kandungan vitamin C pada buah sawo ini sehingga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh dan membantu mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya.

Menekan risiko asma
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita asma biasanya memiliki jumlah vitamin C yang kurang di dalam tubuh mereka. Karenanya, hanya dengan mengkonsumsi buah sawo setiap hari maka dapat mengurangi sesak napas. Hal ini tentunya berkat kandungan vitamin C dari buah sawo.

Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Mengkonsumsi buah sawo yang mengandung vitamin C dengan dosis yang disarankan secara rutin mampu mengurangi tekanan darah dan kerusakan jantung serta ginjal.

Menjaga kesehatan kulit
Berkat kandungan vitamin A, sehingga membantu menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. 

Mencegah kanker usus
Buah Sawo memiliki kandungan serat yang tinggi, karenanya buah ini sangat baik untuk pencernaan di dalam usus. Sebab dapat menyembuhkan penyakit sembelit dan bertindak sebagai pencegah serangan kanker di dalam usus.

Mengobati wasir
Di dalam buah sawo terkandung tanin yang cukup tinggi, tanin diketahui memiliki anti-parasit, antivirus, anti-inflamasi dan juga anti-bakteri. Karenanya buah sawo sangat baik bagi penderita wasir.

Baik untuk tulang
Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan juga kalsium, sehingga sangat baik bagi kesehatan tulang. karena tulang memang sangat membutuhkan fosfor dan kalium untuk menjaga kekuatannya.

Melancarkan pencernaan
Buah sawo sangat baik untuk pencernaan, karena di dalamnya terkandung zat yang bernama inflamasi yang diperlukan oleh usus.

Baik untuk masa pertumbuhan
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa protein baik bagi pertumbuhan terlebih lagi bagi anak-anak. Sebetulnya anda bisa juga mendapatkan asupan protein hanya dengan mengkonsumsi buah sawo.

Menjaga kesehatan kulit
Di dalam buah sawo terkandung vitamin E, tentu kita tahu bahwa kulit sangat membutuhkan vitamin ini. Karena dengan vitamin E kulit kita akan tampak lebih bersih, menjaganya tetap lembab dan mencegah penuaan dini atau keriput pada kulit.

Baik untuk ibu hamil
Dengan adanya kandungan vitamin B, sehingga sangat efektif untuk mengurangi rasa mual dan muntah selama masa kehamilan.

Mengobati disentri
Usut punya usut ternyata buah sawo muda bermanfaat untuk mengobati disentri, yaitu dengan cara menghaluskan buah sawo muda kemudian di campur dengan garam secukupnya. Setelah itu dikonsumsi sebanyak dua kali sehari.

Mengobati diare
Untuk mengobati diare Anda bisa melakukannya dengan cara menghaluskan buah sawo muda yang telah dicuci bersih, lalu diperas dan disaring. Setelah itu, tambahkan sedikit air matang. Kemudian diminum sebanyak dua kali sehari. Jika dikonsumsi secara rutin, maka diare yang Anda alami berangsur-angsur menghilang.

Tanpa kita sadari rupanya banyak sekali manfaat dari buah-buahan yang sebetulnya ada di sekeliling kita. Hanya saja kita belum mengetahui beragam manfaat buah-buahan yang tumbuh subur di bumi kita ini.
Khasiat Buah Sawo bagi KesehatanTitle : Khasiat Buah Sawo bagi Kesehatan ~ unikposts
Description : Secara umum, sawo merupakan jenis pohon buah yang berumur panjang. Pohon dan buahnya dikenal dengan beberapa nama di Indonesia yaitu dengan...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|