6/24/2014

16 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

16 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan -
unikposts -
Jeruk ataupun limau ialah jenis tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae. Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. 
16 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan
16 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan
Jeruk merupakan buah yang sangat di sukai oleh semua orang dari kalangan anak-anak sampai dewasa. Dari rasanya yang sebagian besar manis itulah yang menarik lidah setiap orang untuk merasakan buah jeruk tersebut. Sudah menjadi rahasia umum, kalau jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik untuk tubuh kita. Lantas, apa saja manfaat buah jeruk bagi kesehatan tersebut.

Usut punya usut, kandungan yang terdapat dalam buah jeruk antara lain serat, kalium, fruktosa, limonoid, vitamin A, air, polyphenol, carotenoid, flavonoid, beta-carotene, gula dan karbohidrat. Kandungan buah jeruk sangat baik untuk menjaga dan melindungi tubuh kita dari beberapa penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyerang tubuh. Tak hanya itu saja, jeruk juga memiliki antioksidan yang dapat menjaga kesehatan, dalam maupun luar tubuh. Apabila Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat mengejutkan dari jeruk, mari simak ulasan yang berikut.

1. Mencegah kanker
Manfaat pertama yaitu jeruk sangat baik untuk mencegah penyakit kanker seperti kanker kulit, paru-paru, mulut dan usus besar. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung D-limonene yang merupakan senyawa yang sangat baik untuk mencegah berbagai kanker tersebut.


2. Mencegah diabetes
Serat yang terdapat pada buah jeruk, mengandung fruktosa yang dapat membantu kadar gula darah terjaga secara stabil.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Bagi anda yang bermasalah dengan kadar kolersterol yang tinggi, maka mengkonsumsi jeruk merupakan salah satu solusi yang dapat anda ambil. Ini dikarenakan, buah jeruk mengandung Hesperidin dan Pectin. kedua zat tersebut sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. 


4. Menghilangkan Sariawan
Jika anda sedang sariawan, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi jeruk. Sebab rasa asam dari Jeruk dapat membantu untuk menyembuhkan sariawan. 

5. Menurunkan tekanan darah tinggi
Anda memiliki tekanan darah yang tinggi. Maka mengkonsumsi buah jeruk juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung Hesperidin dan magnesium yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi anda.


6. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan kalium dalam buah jeruk berperan dalam menjaga detak jantung agar tetap seimbang. Selain itu, makan jeruk juga mampu mencegah penyakit kardiak aritmia yaitu detak jantung yang tidak teratur.

7. Mengatasi radang sendi
Anda mengalami radang sendi atau kekakuan pada otot dan sendi anda. Maka mengkonsumsi buah jeruk merupakan alternatif yang dapat anda ambil. Ini dikarenakan buah jeruk terbukti dapat mengurangi radang pada sendi atau kekakuan pada otot dan sendi anda.


8. Melawan infeksi virus
Berdasarkan sejumlah penelitian membuktikan kalau kadar polyphenol dalam buah jeruk mampu melawan infeksi virus yang menyerang tubuh.

9. Membantu perkembangan otak
Buah jeruk ternyata sangat baik untuk perkembangan otak anda. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung asam folat yang merupakan zat yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak anda.

10. Menetralkan keasaman tubuh
Meskipun jeruk bersifat asam sebelum dikonsumsi, akan tetapi buah yang satu ini punya khasiat menyeimbangkan kadar keasaman dalam tubuh.

11. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Manfaat berikutnya yaitu, buah jeruk juga sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Ini dikarenakan buah jeruk merupakan sumber vitamin C. Fungsi vitamin C yaitu membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh kita. Sehingga sangat baik dan dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita.


12. Menjaga kesehatan kulit
Buah jeruk juga mengandung zat antioksidan. Fungsi antioksidan yaitu dapat membantu menjaga dan melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas, sehingga anda akan tampak lebih awet muda. 

13. Karbohidrat sehat
Hampir sama seperti buah lain yang mengandung gula, keistimewaan buah jeruk yaitu kadar glikemik indeks di dalamnya yang hanya berjumlah 40. Jumlah tersebut tergolong rendah, sehingga jeruk termasuk sumber karbohidrat sehat yang tak akan meningkatkan berat badan atau kadar gula darah.

14. Membatu sistem pencernaan
Serat yang terdapat di dalam jeruk, bisa dimanfaatkan untuk membantu sistem pencernaan agar lancar. Sehingga jika mengkonsumsi jeruk dengan rutin, maka sembelit dan masalah susah buang air besar dijamin selalu lancar.

15. Mencegah batu ginjal
Demi menurunkan risiko penyakit batu ginjal, cobalah minum jus jeruk setiap hari secara rutin. Tapi jangan berlebihan, sebab gula yang pecah ketika jeruk diolah menjadi jus justru bisa membuat gigi anda cepat berlubang.

16. Menjaga kesehatan mata
Komponen carotenoid pada buah jeruk yang diubah menjadi vitamin A bersifat seperti wortel. Apabila dikonsumsi, maka kesehatan mata anda akan tetap terjaga.

Dengan rajin mengkonsumsi buah jeruk tersebut anda akan senantiasa sehat. Oleh sebab itulah, mengkonsumsi buah jeruk sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh anda. 
16 Manfaat Buah Jeruk untuk KesehatanTitle : 16 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan ~ unikposts
Description : Jeruk ataupun limau ialah jenis tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae. Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berd...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|