6/19/2014

7 Patung Kolosal Paling Spektakuler di Dunia

7 Patung Kolosal Paling Spektakuler di Dunia -
unikposts -
Diperkirakan ada bejuta-juta patung yang ada diseluruh jagad ini mulai dari, patung keagamaaan, patung hiasan dan patung-patung lainnya. Akan tetapi tahukah Anda bahwa ada patung yang menakjubkan hingga menjadi sangat terkenal dan menjadi salah satu icon di daerahnya. Patung kolosal paling menakjubkan di dunia adalah patung yang berukuran setidaknya tiga kali lebih besar daripada benda aslinya. Selain itu, patung ini diukir di pegunungan dan tebing batu. Oleh karena kemegahannya, patung-patung berikut menjadi salah satu bentuk seni yang paling dikagumi di berbagai penjuru dunia. Seperti apa sajakah patung-patung yang dimaksud? Mari kita simak yang berikut ini.

1. Patung Shapur I, Iran
7 Patung Kolosal Paling Spektakuler di Dunia
By Ali Ganjei علی گنجه ای (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Shapur I, juga dikenal sebagai Shapur I Agung, adalah Shahanshah kedua (raja segala raja) dari Kekaisaran Sasania. Shapur I merupakan raja kedua di Sassania, yang memerintah pada tahun 240 hingga 272. Patung ini dipahat pada stalagmit dan dibangun setinggi 6,7 meter. Patung Shapur I berada di dalam gua Shapur, tidak jauh dari kota kuno Bishapur di Iran. Beberapa waktu lalu, gempa bumi sempat mengancam keutuhan patung Shapur I. Namun sayang, bagian lengan dan kaki patung ini telah hilang termakan zaman. Oleh sebab itu, beberapa pilar ditaruh di dekat kaki patung.

2. Appennine Colossus, Italia
Appennino
By Valerio Orlandini (Karya sendiri) [CC-BY-SA-2.5], via Wikimedia Commons
Villa Demidoff adalah nama modern apa yang tersisa dari Villa Medici Pratolino dan terletak di kota Pratolino, wesel di Provinsi Florence. Medici villa sendiri dihancurkan pada tahun 1822, tetapi kemudian dibeli oleh keluarga asal Rusia dari Demidoff, yang digunakan sebagai bangunan sekunder baru villa paggerie, memperbesarnya dan mengembalikannya. Taman ini adalah salah satu yang terbesar dan paling indah di seluruh Tuscany, di antara yang paling penting dalam gaya Inggris. Appennine Colossus diukir oleh Giambologna sekitar tahun 1579 di taman Villa Medici di Pratolino, Italia. Patung ini dibangun atas permintaan Grand Duke Francesco I de Medici yang ingin memenuhi keinginan selirnya. Patung kolosal super megah ini juga mencakup labirin, air mancur, pipa air, dan gua-gua. Patung Appennine Colossus ini dibangun setinggi 10,6 meter.

3. Mount Rushmore, Amerika Serikat
Mount Rushmore National Memorial, merged
By Kimon Berlin (merged of IMG_3854, IMG_3853, IMG_3850) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Gunung terkenal di Amerika Serikat di South Dakota. Gunung Rushmore memiliki empat kepala presiden terbesar Amerika Serikat diukir, yaitu George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln. Mount Rushmore mungkin tidak sekuno patung-patung kolosal sebelumnya. Patung ini dibangun pada tahun 1927, dan butuh waktu 14 tahun untuk menyelesaikannya. Pembangunan awal dimulai dengan meledakkan bebatuan pada gunung batu. Setelah itu, 400 pekerja menyelesaikan patung ini dengan melakukan pengeboran, mengukir dan memahat wajah pada batu, sambil duduk di atas kursi ayunan yang mengangkat mereka sampai ketinggian tertentu. Di sini, Anda bisa menemukan beberapa wajah tokoh ternama seperti Presiden George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln.

4. Patung Buddha Avukana, Sri Lanka
Avukana Buddha Statue 08
By Cherubino (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Patung Avukana adalah patung Buddha berdiri di dekat Kekirawa di North Central Sri Lanka. Patung ini memiliki ketinggian lebih dari 12 meter, dan diukir dari batu granit besar selama abad ke-5. Ini menggambarkan variasi dari Abhaya mudra, dan dikenakan erat dengan jubahnya yang berukir. Patung Avukana adalah patung Buddha yang berada di dekat Kekirawa di Sri Lanka. Dibangun pada masa pemerintahan Dhatusena. Menurut legenda, patung ini dibangun sebagai hasil dari kompetisi antara guru dan murid. Patung Avukana merupakan salah satu contoh terbaik dari patung berdiri dibangun di Sri Lanka kuno. Patung ini sekarang telah menjadi atraksi wisata yang populer di Sri Lanka.

5. Dying Lion of Lucerne, Switzerland
LionMonument2007
By Der gestiefelte kater (Karya sendiri) [CC-BY-SA-2.5], via Wikimedia Commons
Lion Monument, Löwendenkmal, atau Lion of Lucerne, adalah sebuah patung di Lucerne, Swiss, yang dirancang oleh Bertel Thorvaldsen dan dipahat pada 1820-1821 oleh Lukas Ahorn. Patung kolosal paling menakjubkan di dunia ini diciptakan untuk menghormati para prajurit Swiss yang dibantai selama revolusi Perancis tahun 1792. Mark Twain menyebutnya sebagai batu paling menyedihkan di dunia. Patung singa ini memiliki panjang 10 meter dan tinggi 6 meter. Diukir pada dinding batu pasir di sebuah tambang yang telah ditinggalkan, pembuatan patung ini digagas oleh Karl von Pfyffer Altishofen, seorang prajurit Swiss yang selamat dari pembantaian karena kebetulan sedang cuti pada saat serangan itu terjadi. Penggalangan dana untuk pembangunan patung dimulai pada tahun 1818, dan karya seni menakjubkan ini diselesaikan pada tahun 1821.

6. Patung Jain Tirthankara, India
Jain Tirthankar Statue at Gwalior fort
By Architect vaibhav jain (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Jainisme, Tirthankara adalah manusia yang membantu dalam mencapai pembebasan dan pencerahan sebagai Arihant. Menurut Jain suci, yang membantu seseorang untuk menyeberangi samudera besar kehidupan duniawi adalah tirtha "ford" dan orang yang mengisi peran itu adalah Tirthankara "ford-maker". Jainisme adalah salah satu agama minoritas di India, dan telah meninggalkan jejak yang sangat penting pada arsitektur dan seni India. Candi dan kuil gua Jain yang berada di seluruh India umumnya berisi patung Tirthankara yang indah, yang seringkali ditutupi atau tersembunyi di balik dinding batu. Lereng dan sisi bukit dari kota bersejarah Gwalior memiliki hampir 100 patung kolosal dalam berbagai ukuran. Yang paling spektakuler dan tertinggi berukuran sampai 17 meter. Patung itu bernama patung Adinath atau Rsabha, yang dibuat antara abab ke-7 dan ke-15.

7. Leshan Giant Buddha, Cina
Leshan Giant Buddha
By Bernt Rostad from Oslo, Norway; Modified by Rbmk (Leshan Giant Buddha) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Leshan Giant Buddha merupakan patung Buddha Maitreya yang sedang duduk Terletak di timur Kota Leshan, Provinsi Sichuan, Cina. Patung kolosal yang menakjubkan ini merupakan dipahat di pinggir sebuah bukit pada abad ke-8 Masehi di pertemuan tiga sungai. Ketiga sungai itu adalah Sungai Min, Sungai Qingyi dan Sungai Dadu. Diperkirakan tingginya 71 meter dan merupakan patung Buddha terbesar di dunia. Selain itu detail dari patung ini dapat tercermin dari 1.021 sanggul yang bergelung di rambut Sang Buddha. Sistem arsitektur pembuangan air pun tersebar di bagian tangan, kepala, belakang telinga dan pakaian, membuat patung Leshan tetap kering sehingga tidak mudah rusak. Pembangunan dimulai pada tahun 713 Masehi pada zaman Dinasti Tang atas inisiasi dari Hai Tong (seorang Biksu) dan rampung pada tahun 803. Pada waktu awal dibangun, ini adalah patung tertinggi di dunia. Selama tahun ini, ribuan pekerja telah mengeluarkan kemampuan dan harapannya pada proyek ini. Sebagai ukiran batu Buddha terbesar, Leshan Giant Buddha adalah fitur dalam puisi, lagu dan cerita. Dijadikan salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996. 
7 Patung Kolosal Paling Spektakuler di DuniaTitle : 7 Patung Kolosal Paling Spektakuler di Dunia ~ unikposts
Description : Diperkirakan ada bejuta-juta patung yang ada diseluruh jagad ini mulai dari, patung keagamaaan, patung hiasan dan patung-patung lainnya. Ak...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|