7/07/2014

15 Manfaat Paprika yang Belum Anda Ketahui

15 Manfaat Paprika yang Belum Anda Ketahui -
unikposts -
Paprika adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau Solanaceae. Buahnya yang berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad. Buah paprika tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Sayuran yang masih sekeluarga dengan cabai ini juga bisa meningkatkan kecantikan kulit Anda.
15 Manfaat Paprika yang Belum Anda Ketahui
15 Manfaat Paprika yang Belum Anda Ketahui
Selain itu, paprika kaya vitamin dan antioksidan, yaitu vitamin A, B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalsium, seng, zat besi, potasium, magnesium, dan fosfor. Semua kandungan ini sangat berguna dalam menjaga keindahan kulit dan rambut Anda. Jika Anda ingin mengetahui manfaat dan khasiat paprika, mari kita simak yang berikut ini.

1.  Kesehatan Mata
Paprika mengandug vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan paprika merah membantu untuk mendukung penglihatan yang sehat. Paprika merupakan sumber yang kaya karotenoid yang disebut lutein yang membantu dalam mengurangi resiko degenerasi makula pada mata. Degenerasi makula mata ialah penyebab paling umum dari usia terkait kehilangan penglihatan. Selain itu, paprika juga melindungi mata dari katarak karena tingkat tinggi beta-karoten dan juga  vitamin C.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh
Vitamin C sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan untuk membangun kolagen yang kuat untuk menjaga kesehatan kulit dan sendi. Hal ini berperan dalam menurunkan risiko radang sendi dan mengurangi peradangan. Terdapat pula vitamin K yang bermanfaat untuk membantu dalam pembentukan bekuan darah. Tentunya hal ini sangat penting untuk mengembangkan tulang yang kuat dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

3. Anti kanker
Beberapa kandungan paprika yaitu antioksidan dan anti-inflamasi nutrisi sehingga paprika memberikan beberapa manfaat anti-kanker. Selain itu, paprika juga mengandung senyawa belerang. Enzim-enzim paprika membantu untuk mencegah kanker lambung dan kanker kerongkongan. Sementara kandungan karotenoid lycopene sangat efektif dalam pencegahan prostat, dan berbagai jenis kanker termasuk kanker pankreas.

4. Menjaga kesehatan jantung
Paprika merah kaya akan kandungan likopen, sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung. Sementara paprika hijau merupakan sumber serat yang baik untuk menurunkan kolesterol. Peningkatan kadar homosistein dapat menyebabkan risiko lebih tinggi penyakit jantung. Kalium yang terkandung dalam paprika membantu untuk menurunkan sekitar 162 miligram tekanan darah yang juga bermanfaat bagi jantung. 

5. Mencegah radikal bebas
Terdapat pula kandungan vitamin A dan C dan antioksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas. Selain itu paprika juga mengandung vitamin B6 dan folat yang efektif untuk menurunkan kadar homocysteine.

6. Mencerahkan wajah
Paprika mengandung vitamin, zat besi, dan beta-karoten yang mencegah terjadinya bintik-bintik di wajah, baik yang muncul karena pengaruh sinar ultra violet maupun bintik yang muncul karena faktor usia. Paprika akan memperbaiki kondisi kulit dengan membatasi produksi melanin, yang dapat membuat kulit gelap. 

7. Penuaan dini
Seperti telah disebutkan sebelumnya, paprika kaya akan beta-karoten. Beta karoten ini akan dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sendiri memainkan peran penting dalam pemeliharaan kesehatan kulit. Ini mencegah terjadinya keriput dan dan penuaan dini serta menjadikan kulit cerah.

8. Mengobati varises
Paprika berguna untuk pencegahan dan pengobatan varises karena dapat memperkuat pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Jika Anda memiliki varises di kaki, Anda tinggal mengkonsumsi sayuran ini secara rutin untuk mengatasinya.

9. Penurunan berat badan
Paprika merah membantu dalam mengaktifkan thermogenesis dan meningkatkan tingkat metabolisme. Paprika memiliki aksi termogenik ringan yang meningkatkan metabolisme tanpa meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah sehingga tidak seperti cabai. Jadi, paprika dapat mendukung penurunan berat badan.

10. Menurunkan kadar gula dalam darah
Paprika mengandung antioksidan, vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu untuk meningkatkan regulasi insulin, sehingga kadar gula dalam darah menjadi stabil.

11. Mengatur suhu tubuh
Meski makanan pedas dapat membuat kita berkeringat, namun ini akan memberikan sensasi dingin. Sebab mereka memengaruhi tubuh ketika berkeringat dengan pendinginan evaporative sehingga  di permukaan kulit Anda akan terasa dingin.

12. Mengatasi masalah kulit
Sifat antibakteri dalam paprika menjadikannya efektif untuk pengobatan masalah kulit yang disebabkan oleh berbagai jenis bakteri. Jerawat adalah salah satunya. Rajin konsumsi paprika akan membantu dalam mencegah munculnya jerawat di wajah.

13. Menjadikan kulit bercahaya
Anda dapat mempersiapkan masker wajah dengan mencampurkan satu sendok makan paprika dengan dua sendok makan madu. Oleskan di seluruh wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Kandungan dalam paprika akan meratakan warna kulit Anda serta mengurangi kusam. Masker ini juga dapat mengobati noda dan komedo, serta menjadikan kulit Anda lembut dan bersinar.

14. Mencegah rambut rontok

Paprika merupakan sumber vitamin B6 yang membantu dalam mencegah rambut rontok. Selain itu terdapat pula kandungan zat besi yang berguna untuk memfasilitasi peredaran oksigen ke folikel rambut. Ini akan memicu pertumbuhan rambut yaitu dengan cara meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

15. Menjaga warna rambut
Vitamin B6 dalam paprika berkaitan erat dengan produksi melanin, yaitu pigmen yang menentukan warna rambut. Paprika bubuk bahkan dapat dimanfaatkan untuk mewarnai rambut secara alami. Akan tetapi sebelum menggunakannya di kulit kepala Anda, disarankan untuk melakukan tes alergi di bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi pada kulit kepala anda. 

Mengkonsumsi paprika selain enak ternyata juga menyehatkan dan memberikan perlindungan terhadap kesehatan tubuh serta dapat mengobati penyakit-penyakit tertentu. Semoga artikel singkat tentang manfaat paprika ini bermanfaat bagi anda yang memerlukannya.
15 Manfaat Paprika yang Belum Anda KetahuiTitle : 15 Manfaat Paprika yang Belum Anda Ketahui ~ unikposts
Description : Paprika adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau Solanaceae. Buahnya yang berwarna...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|