7/14/2014

Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih (Garlic)

Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih (Garlic) -
unikposts -
Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium, juga nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Bawang putih dapat dikenali dengan warnanya yang putih. Sebab sangat berbeda dengan bawang merah yang warnanya merah. Selain itu bawang putih banyak digunakan sebagai bahan dasar bumbu yang tidak boleh terlewatkan di dalam segala jenis masakan. 
Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih (Garlic)
Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih (Garlic)
Selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga berkhasiat sebagai obat-obatan untuk segala macam penyakit. Dalam keadaan mentah, bawang putih diketahui mengandung senyawa sulfur termasuk zat kimia bernama Alliin. Pada saat bawang putih dimemarkan atau dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau ini akan terurai. 

Akibat dorongan enzim alinase, aliin akan terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Sebetulnya bau tajam alisin disebabkan oleh kandungan zat belerang. Aroma khas ini akan bertambah menyengat apabila zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara. Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

Selain mengandung alisin, bawang putih juga memiliki senyawa lain yang bermanfaat sebagai obat. Senyawa tersebut bernama alil, senyawa ini paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang bermanfaat untuk mengobati penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

Mulai dari sebagai bahan masakan hingga menyembuhkan diabetes, ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat lain yang patut untuk Anda ketahui. Berikut ini ada beberapa manfaat bawang putih yang perlu untuk diketahui.

1. Menjaga kesehatan
Makan satu sampai dua siung bawah putih sehari dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti jantung, hati, metabolisme, mencegah kanker, serta melawan bakteri dan virus.

2. Mengatasi diabetes
Apabila Anda menderita diabetes, bawang putih juga sangat baik untuk membantu untuk mengontrol jumlah kadar gula di dalam darah.

3. Mencegah kanker
Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Di dalam penggunaannya, Anda boleh mengunyah bawang putih mentah untuk melindungi tubuh dan mencegah kanker.

4. Melancarkan peredaran darah
Mengunyah bawang putih mentah juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.

5. Anti-radang
Bawang putih mengandung anti-peradangan. Seandainya Anda mengalami demam, atau sakit tenggorokan, cukup dengan mengunyah bawang putih dan hasilnya tenggorokan Anda akan segera kembali fit.

6. Antibakteri
Bawang putih juga merupakan anti-bakteri yang baik. Jika Anda mengalami infeksi pencernaan, maka campurkan cacahan bawang putih mentah di dalam salad. Maka pencernaan Anda akan segera lancar.

7. Campuran umpan pancing
Khususnya bagi anda yang gemar memancing, ada baiknya menggunakan bawang putih sebagai campuran umpan. Sebab ikan akan sangat tertarik dengan aroma bawang putih yang ditautkan pada umpan.

8. Mengusir hama tanaman
Hama tanaman tidak suka bawang putih. Tak ada salahnya menggunakan pestisida alami yang terbuat dari bawang putih, minyak mineral, air, dan sabun cair untuk mengusir hama tanaman. Kemudian campuran tadi di tuang ke dalam wadah penyemprot dan segera semprotkan ke tanaman.

9. Menyuburkan rambut
Bawang putih dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Dengan kandungan Allicin yang sangat tinggi, sama dengan senyawa belerang pada bawang merah, yang dipercaya sangat efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Gosokkan irisan bawang putih pada kulit kepala kemudian dipijat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Atau dengan cara bawang putih ditambahkan minyak, kemudian dipijatkan ke kepala.

10. Zat perekat alami
Bawang putih mengandung bahan perekat alami yang berkualitas dimana banyak orang meyakini dan menggunakannya untuk memperbaiki keretakan pada benda kaca. Cara menggunakannya, hancurkan beberapa cengkeh dan beberapa siung bawang putih lalu oleskan bahan tersebut ke bagian yang akan direkatkan.

11. Membersihkan jerawat
Mungkin tidak ditemukan sebagai bahan utama dalam obat jerawat yang ada di apotek, tetapi bawang putih merupakan obat alami yang mampu mengusir jerawat sebab mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri. Cara menggunakannya yaitu dengan menggosokan satu irisan bawang putih pada jerawat di wajah secara perlahan-lahan.

12. Menyembuhkan sariawan
Bawang putih mengandung suplemen yang dapat membantu proses penyembuhan pada masalah sariawan. Dengan adanya sifat alami anti-inflamasi maka secara otomatis dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

13. Mencegah dan mengobati flu
Adanya kandungan antioksidan di dalamnya, maka akan menjadikan sistem imun tubuh manusia apabila bawang putih secara konstan dikonsumsi. Jika flu menghampiri, cobalah untuk minum teh bawang putih. Caranya dengan memasukkan bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam air panas untuk beberapa menit kemudian saring. Teh siap diminum. Dapat pula ditambahkan dengan sedikit madu atau jahe untuk menambah rasa.

14. Mengusir nyamuk dan serangga
Cukup dengan menggosokan ramuan bawang putih di lengan dan kaki, maka Anda akan terbebas dari gangguan nyamuk. Adapun caranya, buatlah larutan minyak bawang putih, minyak jeli dan lilin lebah atau memarkan satu siung bawang putih kemudian gogokan pada tubuh atau letakan di tempat tertentu sebagai pengusir nyamuk dan serangga. Bahkan vampir akan merasa takut jika ada bawang putih di dekat Anda :D

15. Menyembuhkan penyakit kulit
Karena telah terbukti memiliki khasiat anti radang, maka bawang putih juga berguna untuk mengurangi terjangkitnya penyakit kulit. Cukup dengan mengoleskan sedikit minyak bawang putih di area yang terinfeksi untuk hasil kulit yang lebih halus.

16. Mengontrol berat badan
Bawang putih ini memang sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena dapat digunakan sebagai pengontrol berat badan. Selain menghasilkan makanan yang lezat ternyata pinggang Anda akan ramping jika rutin memakan masakan yang mengandung bawang putih ini.

17. Menghilangkan gatal akibat jamur
Dengan sifat anti-jamurnya, bawang putih dapat menjadi obat yang begitu mujarab bagi atlet untuk menghilangkan rasa gatal di kaki. Rendam kaki ke dalam bak yang berisi air hangat dan cincangan bawang putih selama satu setengah jam.

18. Memperlambat penuaan
Bawang putih mengandung antioksidan, vitamin A dan C, yang bermanfaat untuk kecantikan kulit dan mengencangkan kulit, serta memperlambat penuaan dini.

19. Menyembuhkan luka serpihan
Cukup dengan menempelkan potongan bawang putih di atas luka akibat serpihan kaca kemudian menutupnya dengan balutan perban merupakan obat tradisional yang telah lama digunakan oleh sebagian masyarakat.

20. Menyembuhkan luka kering
Seperti menghilangkan jerawat, metode yang sama bisa digunakan untuk menyembuhkan luka kering. Dengan demikian, maka kulit pun akan terbebas dari luka kering yang mengganggu dan menyakitkan.

21. Meredakan nyeri
Apabila Anda menderita arthritis, sebaiknya haluskan bawang putih mentah lalu kompreskan pada bagian lutut atau tulang yang terasa nyeri. Maka bawang putih akan meredakan nyeri tersebut.

22. Untuk hewan peliharaan
Bawang putih mampu membantu Anda untuk menghilangkan kutu pada hewan peliharaan. Namun ingat, jangan sampai Anda memberi makan bawang putih bagi hewan peliharaan karena hal itu sangat berbahaya bagi mereka.

Mengingat banyaknya manfaat yang dimiliki oleh bawang putih, maka ada baiknya kita selalu menyimpan persediaan bawang putih di dapur sebanyak mungkin. Anda tidak perlu khawatir membusuk, sebab bawang putih termasuk bumbu dapur yang tahan lama asalkan disimpan di tempat yang kering tanpa terkena sinar matahari. Demikian berbagai kegunaan mengejutkan dari bawang putih (Garlic). Selain dapat membuat masakan Anda menjadi sedap nikmat, ternyata bawang putih juga baik bagi kesehatan.
Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih (Garlic)Title : Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih (Garlic) ~ unikposts
Description : Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium, juga nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan uta...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|