7/19/2014

Manfaat Sehat Buah Apel yang Perlu untuk Diketahui

Manfaat Sehat Buah Apel yang Perlu untuk Diketahui -
unikposts -
Kulit buah apel biasanya berwarna merah jika masak, namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, sedangkan daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya. Dipercaya apel berasal dari Asia Tengah. Saat ini apel berkembang di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel ialah Malus domestica. Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris.
Manfaat Sehat Buah Apel yang Perlu untuk Diketahui
Buah Apel (Karya sendiri)
Sebagaimana yang kita tau, bahwa apel merupakan salah satu buah yang familiar dan mudah ditemukan di sekitar kita. Namun ada hal penting selain itu yang perlu untuk Anda ketahui, ternyata buah apel memiliki banyak manfaat menakjubkan terutama untuk kesehatan. Berikut ini ada beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah diabetes

Kandungan pectin pada apel mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan insulin, salah satu penyebab diabetes. Hal ini karena produksi insulin yang tinggi memicu diabetes, oleh karena itu apel juga bermanfaat untuk mengontrol seseorang yang terserang atau memiliki faktor genetik penyakit diabetes. Selain itu, serat pada apel dapat mengontrol tingkat gula dalam darah.

2. Sistem pencernaan

Serat pada buah apel mampu mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan, seperti konstipasi atau diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan membuat sistem pencernaan menjadi lancar. 

3. Mencegah kanker

Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, dan usus besar. Namun sebelumnya, penelitian menemukan bahwa ekstrak buah apel mampu menurunkan jumlah dan ukuran tumor pada tikus. Apel yang tinggi serat juga diketahui mampu menurunkan risiko kanker usus besar. 

4. Menjaga kesehatan gigi

Menggigit dan mengunyah apel mampu meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Yang nantinya hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut. 

5. Risiko alzheimer

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengkonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif. 

6. Sistem imun tubuh

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan sistem imun tubuh, terutama pada saat Anda sedang mengalami depresi. 

7. Mencegah katarak
Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel memiliki risiko terkena katarak 10 hingga 15 persen lebih sedikit. 

8. Menurunkan berat badan
Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah apel atau pir setidaknya 3 buah sehari selama diet akan lebih cepat menurunkan berat badan, dibandingkan mereka yang tidak memasukkan buah-buahan dalam menu diet.

9. Melindungi tulang
Penelitian di Perancis menemukan bahwa flavonoid yang disebut phloridzin pada apel bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, dan meningkatkan massa tulang. Boron, kandungan lain dari apel yang juga berfungsi untuk memperkuat tulang.

10. Mencegah asma
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa seorang anak yang mengkonsumsi jus apel setiap hari secara rutin memiliki resiko sangat rendah terkena gangguan pernafasan dibandingkan anak yang hanya mengkonsumsi jus apel sebulan sekali. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang gemar mengkonsumsi apel setiap harinya memiliki risiko yang rendah terkena asma, dibandingkan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi jus apel.

Jadi itulah beberapa manfaat mengejutkan apel bagi kesehatan. Apel adalah buah yang mudah didapatkan dan terjangkau. Tak ada salahnya jika mulai saat ini Anda membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah apel setiap hari.
Manfaat Sehat Buah Apel yang Perlu untuk DiketahuiTitle : Manfaat Sehat Buah Apel yang Perlu untuk Diketahui ~ unikposts
Description : Kulit buah apel biasanya berwarna merah jika masak, namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, sedangk...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|