7/17/2014

Manfaat Sehat Buah Mengkudu yang Perlu untuk Diketahui

Manfaat Sehat Buah Mengkudu yang Perlu untuk Diketahui -
unikposts -
Mengkudu atau keumeudee merupakan jenis buah yang asal muasalnya berasal dari daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni, nonu, ungcoikan dan ach. Mengkudu memiliki nama ilmiah Morinda citrifolia dan termasuk dalam famili Rubiaceae. Beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan beragam untuk mengkudu ini. Beberapa diantaranya yaitu Pace, Kemudu, Kudu (Jawa), Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Wengkudu (Bali) dan masih banyak lagi. Pada umumnya buah mengkudu yang masih mentah dapat digunakan sebagai campuran rujak. Sementara buah yang telah masak bisa dimanfaatkan untuk pengobatan.
Manfaat Sehat Buah Mengkudu yang Perlu untuk Diketahui
Buah Mengkudu
Meskipun buah mengkudu tidak menarik baik dari segi bentuk maupun aromanya, akan tetapi buah mengkudu adalah salah satu buah dengan sumber antioksidan yang cukup besar. Sebagaimana yang kita tau bahwa antioksidan ini dapat menangkal radikal yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Berikut ini ada beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh. Mari kita simak bersama-sama.

1. Mengatasi penyakit jantung
Orang yang terkena penyakit jantung biasanya disebabkan oleh pola makannya yang tidak seimbang. Jadi penyumbatan pada nadi korener, ini dikarenakan adanya endapan kolestrol atau lemak, sehingga aliran darah ke jantung menjadi tidak normal. Kita bisa mengatasinya dengan mengimbangi makanan yang bernutrisi seperti buah-buahan yang banyak mengandung serat terutama buah mengkudu bisa mengatasi penyakit jantung. Oleh sebab itu sebaiknya konsumsi buah mengkudu dan dibarengi dengan berolahraga.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Dr. Schechter, telah menghasilkan data penting mengenai manfaat mengkudu. Sari dari mengkudu diambil dan kemudian diadakan sebuah penelitian yang hasilnya sangat mengagumkan. Mengkudu mampu merangsang produksi sel T dalam sistem kekebalan tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh terutama makrofaset dan limfosit dari sel darah putih, menghambat pertumbuhan sel kanker atau tumor yang ada dalam tubuh dan juga dapat membantu menormalkan fungsi sel-sel yang abnormal.

3. Melawan tumor dan kanker
Menurut salah seorang peneliti dari Harvard University yaitu Dr. Judah Folkman, buah mengkudu bekerja sinergis dengan mikronutrien lain dalam menghambat aliran darah menuju ke sel-sel tumor yang ada di dalam tubuh. Sehingga, mengkudu sangat baik untuk membantu mencegah berkembangnya sel-sel tumor dan juga kanker. Setiap manusia memiliki sel tersebut dan sel-sel tersebut dapat berkembang menjadi sebuah penyakit mematikan karena pola makan yang tidak terkendali. Untuk itu jika anda ingin melindungi tubuh anda dari perkembangan sel mematikan tersebut, anda bisa mengkonsumsi mengkudu sebagai pencegahannya.

4. Menjaga kesehatan tulang
Selain bermanfaat untuk tumor dan kanker, buah mengkudu juga memiliki khasiat bagi penderita osteoporosis. Sebab, kandungan asam kapril, metil asetil, morindin, morindone, morindadiol dan sorandiyiol yang dapat meningkatkan kekuatan tulang. Bagi wanita dengan usia 40-50 memiliki kemungkinan tinggi dalam keropos tulang. Mengkonsumsi jus mengkudu secara rutin dan teratur akan membantu dalam menjaga kesehatan tulang.

5. Mencegah diabetes
Dalam berbagai resep obat buah mengkudu telah diteliti oleh para ahli kesehatan, Terbukti bisa mengobati penyakit jantung, stroke, diabetes, kebutaan dan kegagalan organ, buah ini telah digunakan untuk mengobati diabetes dan khasiatnya sngat ampuh 26 juta di amerika mengalami diabetes dan bisa diatasi dengan obat alami.

6. Menurunkan gula darah
Diketahui bahwa buah mengkudu ini mengandung triterpen dan saponin yang sangat bermanfaat dalam menurunkan gula darah. Bagi anda yang memiliki masalah pada gula darah, tak ada salahnya mencoba alternatif pengobatan dengan rutin mengkonsumsi buah mengkudu.

7. Mengobati sakit kuning
Bahan-bahan yang diperlukan yaitu 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan sepotong gula batu. Adapun cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan aduk hingga merata. Kemudian saring airnya, diminum dan setiap 2 hari sekali.

8. Sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit
Buah mengkudu juga bermanfaat dalam menjaga kondisi rambut dan kulit. Bagi anda yang ingin menjaga kulit tetap kencang dan awet, ada baiknya untuk mencoba cara ini yaitu cukup dengan menggosokan buah mengkudu yang telah di kupas pada kulit kemudian di bilas dengan air. Begitu pula pada kulit kepala anda, sehingga dengan demikian anda akan memiliki kulit dan rambut yang senantiasa sehat.

9. Mencegah katarak
Katarak umumnya disebabkan oleh naiknya gula darah yang dapat menyebabkan rusaknya mata atau katarak yang kemudian akan menyebabkan pembengkakan sel-sel selaput mata sehingga penglihatan berkurang. Jika Anda rutin mengkonsumsi buah mengkudu, penglihatan mata anda akan senantiasa sehat dan baik-baik saja.

10. Menyembuhkan batuk
Selain bermanfaat untuk mencegah katarak, buah mengkudu juga berkhasiat untuk mengobati batuk. Adapun caranya yaitu dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan setengah genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Kemudian saring airnya, setelah dingin air rebusan diminum dua kali sehari pada pagi dan sore.
Manfaat Sehat Buah Mengkudu yang Perlu untuk DiketahuiTitle : Manfaat Sehat Buah Mengkudu yang Perlu untuk Diketahui ~ unikposts
Description : Mengkudu atau keumeudee  merupakan jenis buah yang asal muasalnya berasal dari daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|