7/12/2014

8 Fenomena Alam Menakjubkan di Dunia

8 Fenomena Alam Menakjubkan di Dunia -
unikposts -
Dunia memang penuh dengan berbagai kejadian alam yang sangat memukau dan begitu menakjubkan. Tak heran jika banyak fenomena di bumi ini yang bisa memukau seperti Supercell. Dikatehui bahwa Supercells ialah salah satu badai terbesar, terkuat dan terkadang menjadi jenis badai yang merusak.

8 Fenomena Alam Menakjubkan di Dunia

8 Fenomena Alam Menakjubkan di Dunia
Selain Supercells, masih ada lagi beberapa fenomena alam menakjubkan lainnya yang mungkin belum anda ketahui. Anda penasaran? Mari kita simak 8 fenomena alam menakjubkan yang terjadi di berbagai penjuru dunia.

1. Brinicles
Brinicle adalah pembentukan es laut ketika air garam yang sangat dingin terjadi di dalam air laut. Selama musim dingin, suhu di atas laut - 20C, sedangkan suhu air laut hanya - 1.9C. Panas cenderung mengalir dari laut lebih hangat ke udara yang sangat dingin, sehingga terjadi pembentukan pipa es. Garam dalam es ini baru dibuat terkonsentrasi dan kemudian akan ditekan ke dalam saluran air garam. Sifat dingin dan asin, membuatnya lebih padat daripada air di bawahnya. Hasilnya, air garam dalam pembekuan air laut akan tenggelam. 

Proses ini menghasilkan pembentukan lapisan es halus yang berkembang menjadi brinicle. Ketika permukaan laut membeku seperti di Kutub Utara dan Selatan, maka akan ada air asin dan air tawar yang berkumpul di bawah lapisan es. Sudah pasti lapisan garam akan lebih padat daripada air laut sehingga membuatnya cenderung tenggelam ke dasar. Lantaran sangat dingin, kumpulan air garam itu membeku dan hal itu disebut dengan nama stalaktit es atau memiliki julukan keren brinicles

2. Pelangi terbakar
Kumpulan pelangi penuh warna di langit ini bisa kamu lihat selama musim panas di sebagian besar Amerika Serikat. Sebetulnya apa yang terlihat adalah pembiasan cahaya langsung di awan dan tak ada kaitannya dengan pelangi yang terbakar. Hanya saja motifnya yang mengkristal sehingga membuat tampilannya seakan terbakar dan sangat memukau. Meskipun "pelangi api" memiliki warna yang menyerupai pelangi, namun mekanisme pembentuknya memiliki perbedaan. 

Pada pelangi, terbentuk melalui pembiasan dan refleksi. Ketika cahaya dibiaskan, cahaya itu dibelokan melalui medium kerapatan yang berbeda seperti air atau prisma. Cahaya yang dipantulkan, memantul dari permukaan pada sudut yang sama dengan sudut yang menghantam permukaan. Jadi, awan ini disebabkan oleh badai yang tumbuh dengan cepat. Mendorong udara ke dalam atmosfer atas melalui lapisan kelembaban. Hal tersebut akan menciptakan awan yang menyerupai kabut, seperti glowing dome (kubah berkilau). 

3. Supercells

Supercell pada dasarnya adalah kumpulan tornado yang melebihi sel badai biasa dan begitu menyeramkan. Benda ini cenderung berputar dengan sangat cepat dan sangat besar. Untungnya fenomena alam mengerikan ini sangat langka dan cenderung hanya bisa ditemukan di kawasan Amerika Serikat saat musim semi. Jika kondisinya tepat, badai ini dapat terjadi hampir di mana saja, tapi badai ini paling sering ditemukan di "Tornado Alley" di Amerika Serikat. Formasi di bagian bawah dari supercell dikenal sebagai awan dinding (wall cloud). Awan dinding yang gelap menciptakan kontras dengan matahari terbenam yang cerah. 

4. Sun Dogs

Fenomena Sun Dog (Sundog) yang kadang juga disebut dengan Parhelion adalah sebuah fenomena ketika kita bisa melihat adanya kumpulan cahaya tambahan di kedua sisi matahari. Kadang-kadang kumpulan cahaya ini bisa terlihat seperti bola yang membuat kita berpikir kalau cahaya ini ialah matahari tambahan. Sun Dogs merupakan bentuk fenomena alam lainnya yang berkaitan dengan kristal es di atmosfer. Sama seperti 'pelangi yang terbakar', fenomena halo matahari ini tampak seperti ada dua titik terang menyerupai matahari di langit sehingga tampak ada 3 matahari di langit. Biasanya Sun Dog berwarna merah ketika berada pada jarak terdekat dari matahari. Namun ketika ia semakin menjauh dari matahari, maka warnanya akan berubah ke biru.

5. Pusaran air langit

Waterspout adalah sebuah fenomena alam yang bisa disebut tornado atau pusaran air yang membumbung tinggi sampai ke langit (awan cumuliform). Fenomena waterspouts kerap terjadi di daerah tropis, lokasi di lintang tinggi di zona beriklim sedang, seperti Eropa dan Great Lakes. Waterspouts memiliki siklus hidup lima bagian yaitu pembentukan tempat gelap di permukaan air, spiral pola di permukaan air, pembentukan cincin semprot, pengembangan corong kondensasi yang terlihat, dan akhirnya menghilang. Badai ini terbentuk di atas air dan sangat berbahaya karena bisa mencapai kecepatan 305 km/jam. Bisa kamu bayangkan cepatnya? Pusaran air ini dianggap sebagai salah satu penyebab banyaknya kapal atau pesawat tenggelam di Segitiga Bermuda dengan 400-500 pusaran/tahun.

6. Bunga es
Sederhananya bunga es adalah bunga yang terbuat dari es. Benda itu terbentuk dari penumpukan partikel es dipangkal tanaman tertentu atau pepohonan. Ketika suhu di luar tanaman membeku dan di dalamnya tidak, maka akan terjadi proses pembekuan. Hasilnya? Sebuah ciptaan cantik yang begitu mempesona. Bentuk bunga es ini terbilang sangat kecil dan dengan bentuk bagian ujung yang agak meruncing. Selain bunga es ini juga merupakan tempat hidup dari makhluk mikro-organisme. Bahkan lebih padat dibanding mikro-organisme yang hidup di bawah air beku Arktika. Bunga es ini diketahui dapat memproduksi bahan kimia seperti formaldehida yang dapat menjadi sebuah petunjuk mengenai asal-usul kehidupan seluruh makhluk di muka bumi ini.

7. Penitentes
Ini adalah formasi lapisan es yang juga keren dan biasanya terdapat di kawasan pegunungan. Bidang-bidang es yang runcing ini memiliki julukan penitentes dan bisa mencapai ketinggian 4 meter. Bisa kamu temukan di kawasan pegunungan Andes seperti jarum-jarum es di hamparan pegunungan. Fenomena alam ini hanya terjadi di tempat antara Chili dan Argentina. Hamparan salju yang berasal dari gletser, setiap musim dingin bergerak turun perlahan hingga menutupi sebagian jalan Internasional antara Argentina dan Chile. Gumpalan es ini biasanya terputus dari gletser antara 1,5 sampai 3 meter dengan tebal 5 hingga 10 kaki. Lebih dari 4000 meter di bawah titik beku. Sementara pada siang hari, suhu matahari mulai menghaluskan es tapi tidak meleleh.

8. Columnar Basalt

Columnar Basalt adalah batuan vulkanik yang terbentuk oleh lava dari letusan gunung yang mendingin. Basalt terletak di Giant’s Causeway di Irlandia Utara. Columnar Basalt pada dasarnya adalah formasi semacam batuan dengan bentuk persegi sempurna yang ada di pinggiran lautan. Tidak ada yang tahu bagaimana basalt ini bisa terbentuk. Menjadi salah satu hal misterius di dunia.
8 Fenomena Alam Menakjubkan di DuniaTitle : 8 Fenomena Alam Menakjubkan di Dunia ~ unikposts
Description : Dunia memang penuh dengan berbagai kejadian alam yang sangat memukau dan begitu menakjubkan. Tak heran jika banyak fenomena di bumi ini yan...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|