7/22/2014

Manfaat Menakjubkan Jambu Mete untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Menakjubkan Jambu Mete untuk Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Jambu monyet, jambu mede atau jambu mete adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki "buah" yang dapat dimakan. Ya, siapa sangka buah tropis yang aslinya berasal dari Timur Laut Brasil ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi hingga 265 mg per 100 gr buah atau 5 kali lipat dibandingkan jeruk. Tentunya yang dimaksud adalah bagian dari buah jambu monyet, bukan kacang mede-nya. 
Manfaat Menakjubkan Jambu Mete untuk Kesehatan Tubuh
Buah Jambu Mete (Jambu Monyet)
Buah yang biasa disebut dengan jambu mede atau jambu mete ini sudah jarang ditemui di wilayah kota di Indonesia, namun masih bisa dijumpai di hampir seluruh pedesaan. Dalam bahasa Inggris dinamakan cashew (tree). Sementara nama marganya (Anacardium) merujuk pada bentuk buah semunya yang seperti jantung terbalik. Beberapa nutrisi yang dimiliki jambu monyet yaitu vitamin A, C, kalori, protein, hidrat arang, kalsium, fosfor dan zat besi serta air. Berikut ragam manfaat menakjubkan buah jambu mete (jambu monyet) bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan risiko serangan jantung
Vitamin C pada buah jambu monyet mampu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Aterosklerosis adalah suatu kondisi dimana arteri jantung menebal sehingga meningkatkan serangan jantung sebab darah menjadi tidak lancar. Mengkonsumsi buah jambu monyet dapat menyehatkan jantung anda.

2. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Mengkonsumsi buah jambu monyet secara rutin mampu mengurangi tekanan darah dan kerusakan jantung serta ginjal.

3. Mengatasi asma
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang menderita asma biasanya memiliki jumlah vitamin C yang kurang di dalam tubuh mereka. Oleh sebab itu mengkonsumsi buah jambu monyet setiap hari mampu mengurangi sesak napas.

4. Melawan kanker dan mengurangi efek kemoterapi
Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa vitamin C mampu melawan kanker dalam beberapa tahap. Tidak hanya itu, vitamin C pada buah jambu monyet juga dapat meminimalisir efek kemoterapi seperti mual.

5. Mengurangi risiko diabetes
Buah jambu monyet bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh dan membantu mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya. Mengapa? Sebab vitamin C pada buah jambu monyet sangat tinggi hingga 265 mg per 100 gr buah atau 5 kali lipat dibandingkan jeruk.

6. Menyehatkan mata
Vitamin A pada buah jambu monyet berperan dalam pembentukan indra penglihatan bagi manusia. Vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Senyawa yang berperan utama dalam hal ini adalah retinol. Bersama dengan rodopsin, senyawa retinol akan membentuk kompleks pigmen yang sensitif terhadap cahaya untuk mentransmisikan sinyal cahaya ke otak. Rutin mengkonsumsi jambu monyet akan membantu untuk menyehatkan organ penglihatan anda. 


7. Meningkatkan sistem imun
Buah jambu monyet juga dapat melindungi tubuh dari infeksi organisme asing, seperti bakteri patogen karena kandungan vitamin A yang dimilikinya. Vitamin ini akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin maupun terhadap gangguan mikroorganisme parasit, seperti bakteri patogen dan virus.

8. Menangkal radikal bebas
Pada buah jambu monyet terdapat senyawa beta karoten, salah satu bentuk vitamin A yang merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Senyawa radikal bebas ini banyak berasal dari reaksi oksidasi di dalam tubuh maupun dari polusi di lingkungan yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan di dalam tubuh dapat mencegah kerusakan pada materi genetik (DNA dan RNA) oleh radikal bebas sehingga laju mutasi dapat ditekan.

9. Mengatasi anemia
Buah jambu monyet mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Mengkonsumsi jambu monyet secara rutin mampu untuk mengatasi anemia. Zat besi memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel.

10. Mengurangi kram setelah berolahraga
Buah jambu monyet dapat mengurangi rasa sakit atau kram yang biasanya terjadi setelah Anda berolahraga dan mengurangi produksi radikal bebas karena tingginya kandungan vitamin C yang dimilikinya.
Manfaat Menakjubkan Jambu Mete untuk Kesehatan TubuhTitle : Manfaat Menakjubkan Jambu Mete untuk Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Jambu monyet, jambu mede  atau  jambu mete  adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki "buah...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|