7/17/2014

Manfaat Ajaib Daun dan Buah Jeruk Nipis

Manfaat Ajaib Daun dan Buah Jeruk Nipis -
unikposts -
Selama ini apakah Anda menyadari bahwa begitu banyak manfaat buah dan daun jeruk nipis. Tahukah Anda? Buah kecil berwarna hijau dan berbentuk oval ini kaya akan nutrisi. Umumnya, anggota jeruk dimanfaatkan sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Diketahui bahwa jeruk nipis memiliki nutrisi limonen, linalin asetat, geranit asetat, asam sitrat, vitamin B, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, fellandren dan Sitral, karbohidrat, serat makanan dan sejumlah kecil protein. Jeruk nipis dikenal sebagai antibakteri, anti-virus dan antiseptik.
Manfaat Ajaib Daun dan Buah Jeruk Nipis
Buah dan Daun Jeruk Nipis
Tak hanya itu saja, ternyata jeruk nipis juga memiliki antioksidan yang dapat menjaga kesehatan, dalam maupun luar tubuh. Seakan tak mau ketinggalan, ternyata daun jeruk nipis juga memiliki manfaat. Sebab daun jeruk nipis biasa digunakan sebagai rempah-rempah. Apabila Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat buah dan daun jeruk nipis, mari simak ulasan yang berikut:

(I) Manfaat dan Khasiat jeruk nipis


1. Batuk kronis
Peras satu buah jeruk nipis, lalu ambil air perasannya sebanyak satu sendok teh dan campur dengan kecap manis. Minum tiga kali sehari. Cara lain untuk mengobati batuk ialah dengan memanggang jeruk nipis di atas api hingga diperkirakan air di dalam jeruk nipis mendidih. Angkat dan diamkan hingga panasnya berkurang. Kemudian belah jeruk nipis tersebut, lalu langsung peras ke dalam mulut hingga mengalir ke tenggorokan. Atau bisa juga dengan cara : satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

2. Perawatan kulit
Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa asam sitrat dari jeruk nipis baik untuk pengobatan jerawat. Penggunaan jeruk nipis untuk jerawat adalah cara yang aman untuk perawatan wajah anda. Jeruk nipis bahkan cukup baik untuk mengobati infeksi kulit yang dikenal sebagai eksim.

3. Cooling agent
Jeruk nipis juga penting bagi orang-orang yang mengalami demam dan luka. Jeruk nipis dapat membantu mengurangi rasa panas pada orang yang terkena luka bakar. Jeruk nipis bahkan dapat digunakan untuk memutihkan gigi.

4. Sakit tenggorokan
kebanyakan orang yang terserang flu atau pilek akan mengalami sakit tenggorokan. Perasan jeruk nipis yang dicampur dengan madu dapat meredakan sakit tenggorokan.

5. Menurunkan berat badan
Jeruk nipis berfungsi sebagai pembersih hati. Lemon juga dapat membantu organ pencernaan yang dalam memecah makanan. Ketika hati dibersihkan dan saluran  pencernaan berfungsi dengan baik, maka tubuh akan memproses makanan dengan lebih baik. Dengan begitu kemungkinan penimbunan lemak akan berkurang.

6. Mencegah rambut rontok dan ketombe
Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

7. Ambeien
Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

8. Amandel
Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

9. Anyang-anyangan
Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk selagi masih hangat dan minum sehari sekali.

10. Batuk disertai influenza
Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

11. Batu ginjal
Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

12. Difteri
Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

(II) Manfaat dan Khasiat Daun Jeruk Nipis

1. Mengatasi badan lelah sesudah bekerja atau sakit
Sediakan 2 genggam daun jeruk purut segar. Rebus dalam 3 liter air sampai mendidih (selama 10 menit). Tuangkan ramuan tersebut ke dalam 1 ember air hangat dan gunakan untuk mandi.

2. Penyedap rasa
Daun Jeruk Nipis dapat di gunakan sebagai penyedap rasa pada masakan kue atau rendang ( biasanya jika kue hanya menggunakan ekstrak). Untuk makanan atau sayuran biasanya dimasukkan 4-6 helai daun .

3. Vertigo
Caranya: Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Kemudian gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan sebanyak 2 kali sehari.

4. Gigi berlubang
Caranya adalah sebagai berikut : Siapkan 3 lembar pucuk daun jeruk nipis dan air hangat, kemudian masukan 3 lembar pucuk daun jeruk nipis kedalam air. Setelah itu, berkumur menggunakan air tersebut dan selanjutnya tutup bagian gigi yang berlubang dengan pucuk daun jeruk nipis.

5. Demam malaria
Caranya adalah, dengan menyediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal, serta 5 lembar daun prasman. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

Mungkin tak berlebihan juga jika dikatakan bahwa daun dan buah jeruk nipis ini memiliki manfaat dan khasiat yang ajaib bagi kesehatan kita. Bagaimana menurut anda, sangat banyak ya manfaat buah dan daun jeruk nipis ini. Berminat mencoba?
Manfaat Ajaib Daun dan Buah Jeruk NipisTitle : Manfaat Ajaib Daun dan Buah Jeruk Nipis ~ unikposts
Description : Selama ini apakah Anda menyadari bahwa begitu banyak manfaat buah dan daun jeruk nipis. Tahukah Anda? Buah kecil berwarna hijau dan berbent...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|