7/14/2014

Manfaat Sehat Bawang Merah yang Perlu untuk Diketahui

Manfaat Sehat Bawang Merah yang Perlu untuk Diketahui -
unikposts -
Bawang merah adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Bawang merah atau yang disebut juga sebagai Allium cepa var aggregatum, telah sejak lama dikenal sebagai bumbu masakan. Oleh karena kaya akan kandungan zat bermanfaat, maka bawang merah juga berkhasiat untuk kesehatan. 
Manfaat Sehat Bawang Merah yang Perlu untuk Diketahui
Manfaat Sehat Bawang Merah yang Perlu untuk Diketahui
Diketahui bahwa bawang merah ini sangat berkhasiat untuk mengatasi demam pada anak, perut kembung pada anak, sakit kepala, mengobati batuk, sakit tenggorokan, melancarkan buang air besar, mengatasi haid tidak teratur, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak. 

Adapun zat-zat yang bermanfaat dalam bawang merah adalah: flavonglikosida yang berfungsi mengobati radang, saponin yang membantu dalam mengencerkan dahak, dan antioksidan kuat yang bertindak sebagai agen yang menghambat sel kanker. Kandungan minyak atsiri pada bawang merah juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. 

Seperti halnya bawang putih, bawang merah juga memiliki aroma yang sangat khas dan tajam. Akan tetapi yang pasti makanan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat dan khasiat bawang merah bagi kesehatan tubuh yang perlu untuk anda ketahui diantaranya:

1. Mencegah kanker
Bawang merah memiliki banyak kandungan senyawa belerang. Sulfur dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker.

2. Mengontrol kadar kolesterol
Makanan herbal ini dapat mengontrol kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat (LDL). Bawang merah juga mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

3. Melindungi jantung
Konsumsi bawang merah mentah secara teratur dapat melindungi jantung dari bahaya penyakit koroner. Makanan ini juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat.

4. Masalah pendarahan
Bawang merah merupakan salah satu obat ampuh untuk menyembuhkan hemoroid atau wasir. Bahkan, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengobati pendarahan di hidung. Adapun caranya cukup mudah, iris bawang merah dan hirup baunya secara perlahan.

5. Mengontrol diabetes
Makan bawang merah mentah dapat meningkatkan produksi insulin. Jadi, apabila Anda menderita diabetes, perbanyak konsumsi salad bawang secara teratur.

6. Nyeri perut
Konsumsilah jus bawang merah agar nyeri tersebut segera mereda. Bawang merah mengandung senyawa yang bersifat anti-radang. Senyawa ini akan membantu meringankan sakit pada perut Anda.

7. Menyembuhkan sembelit
Serat yang dikandung bawang merah membantu membuang toksin dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Jika Anda menderita sembelit, sebaiknya mengkonsumsi bawang merah mentah.

8. Masalah jerawat
Sebaiknya membuat jus bawang merah dan tambahkan madu serta minyak zaitun ke dalamnya. Konsumsi sehari sekali dan lihatlah, dalam waktu yang singkat maka jerawat Anda akan menghilang.

9. Kesehatan mulut dan gigi
Disetiap hari, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk mengunyah bawang merah mentah minimal 2 menit sekali. Hal ini akan membantu memelihara kesehatan mulut dan gigi Anda.

Berikut ini adalah salah satu cara membuat obat sederhana dari bawang merah:

Mengobati luka akibat sengatan serangga
Ternyata tidak hanya untuk mengobati jerawat saja, sebab jus bawang merah juga dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang di sebabkan oleh sengatan serangga seperti, kalajengking, ular, laba-laba, dan sebagainya. Adapun caranya dengan membuat jus atau pasta dari bawang merah yang yang kemudian oleskan pada daerah yang tersengat atau di gigit serangga. Sehingga nantinya rasa sakit akan berangsur-angsur berkurang.

Mengobati perut kembung dan masuk angin
Ambil masing-masing satu siung bawang merah dan bawang putih, kemudian tumbuk, setelah itu tambahkan 5-8 tetes minyak kayu putih, aduk hingga rata. Lalu oleskan ramuan tadi pada bagian perut dan punggung secara merata.

Mengatasi rambut rontok
Siapkan jus bawang merah secukupnya Kemudian lakukan pemijitan kulit kepala menggunakan hot coconut oil selama 30 menit, setelah itu oleskan jus bawang merah pada kulit kepala anda secara rata, Tutup rambut menggunakan handuk bersih hangat beberapa saat.

Menghilangkan Ketombe di kepala 
Siapkan bawang merah, madu murni dan air perasan jeruk lemon secukupnya. Jus bawang merah hingga lembut. Setelah itu campur jus dengan air perasan lemon, tak lupa masukan juga madu murni kedalamnya. Gunakan campuran bahan ini untuk mengkramas kepala anda atau oleskan pada seluruh bagian rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit, kemudian keramas dengan menggunakan sampo. Sebaiknya lakukan secara teratur hingga ketombe anda teratasi.

Menumbuhkan rambut secara alami
Siapkan bawang merah jus dan minyak kelapa secukupnya. Kemudian campur kedua bahan hingga merata. Gunakan bahan ini untuk memijat kulit kepala anda secara perlahan, setelah itu diamkan selama 30 hingga 40 menit, lalu bilas menggunakan air bersih dan sampo.

Sudah tak dapat dipungkiri jika bawang merah ajaib ini tak kalah hebatnya dengan bawang putih. Setelah mengetahui berbagai manfaat dan cara pengobatan menggunakan bawang merah ini, ada baiknya Anda mencobanya di rumah. Semoga yang begitu singkat ini dapat memberi manfaat yang berarti bagi Anda semua.
Manfaat Sehat Bawang Merah yang Perlu untuk DiketahuiTitle : Manfaat Sehat Bawang Merah yang Perlu untuk Diketahui ~ unikposts
Description : Bawang merah adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia.  Bawang merah atau yang disebut juga sebag...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|