7/19/2014

Tempat-Tempat yang Diyakini Sebagai Pintu Gerbang Menuju Akhirat

Tempat-Tempat yang Diyakini Sebagai Pintu Gerbang Menuju Akhirat -
unikposts -
Di dunia ini, banyak orang percaya bahwa gerbang akhirat, neraka, atau kehidupan sesudah kematian hanya bisa dimasuki setelah meninggal. Akhirat akan menjadi muara di mana kehidupan abadi seorang manusia bermula. Nanti di sana, semua perbuatan baik dan buruk manusia bakal diperhitungkan secara adil dan teliti. Namun beberapa percaya pintu dunia lain itu dapat ditemukan pada beberapa tempat di bumi ini. Berikut 7 tempat di dunia yang dipercaya sebagai pintu gerbang menuju akhirat.

1. Tujuh Gerbang Neraka
Tempat-Tempat yang Diyakini Sebagai Pintu Gerbang Menuju Akhirat
By Ijanderson977 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Pernah mendengar cerita Tujuh Gerbang Neraka? Rupanya itu adalah kisah di mana jika ada orang yang bisa menemukannya dan melewatinya, maka orang tersebut sudah mencapai akhirat. Namun masalahnya, sejauh ini belum ada yang mengetahui di mana keberadaan tujuh gerbang tersebut. Melalui rumor yang ada, tujuh gerbang itu dipercaya tersebar di setiap benua di Bumi ini. Tempat-tempat seperti tangan kiri Sphinx di Mesir, dekat kuil Mount di Israel, pemakaman Pere Lachaise di Paris, dekat Patung Kristus Penebus di Brasil sampai Kutub Selatan adalah lokasi di mana pintu gerbang akhirat berada. Namun yang menjadi pertanyaannya, apakah benar ada di sana?

2. Gunung Hekla, Islandia
Hekla hraun
By Gsd97jks (Self-photographed) [Public domain], via Wikimedia Commons
Gunung Hekla adalah sebuah Gunung berapi yang terletak di negara Islandia yang memiliki ketinggian 1491 meter, atau setara dengan 4892 kaki. Dataran tinggi berbentuk Gunung yang bernama Gunung Hekla ini berada di wilayah Eropa. Semenjak meletus pada tahun 1104, gunung Hekla memang selalu saja aktif sepanjang waktu sehingga disebut sebagai salah satu pintu gerbang menuju akhirat di Bumi ini. Seramnya, Hekla ternyata terletak di dekat kawasan padat populasi. Jadi bisa kamu bayangkan jika suatu hari nanti Hekla meletus kembali, maka dia akan menghancurkan daratan tersebut dan membunuh banyak orang. Banyak orang percaya jika Hekla menjadi titik di mana para penyihir bertemu dengan Iblis. Bahkan ada juga kisah jika Judas, sosok yang dikabarkan mengkhianati Yesus dikurung di dalam tempat ini. Dalam beberapa kisah, ketika Hekla meletus pada tahun 1341, ada yang mengaku melihat burung-burung terbang di atasnya yang dipercaya jika burung-burung itu perwujudan dari roh dunia lain. 

3. Danau Avernus, Italia
Ruined temple to Apollo, Avernus
By get directly down from Chicago (Ruined temple to Apollo) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Avernus adalah nama kuno untuk sebuah kawah di dekat Cumae (Cuma), Italia, di Daerah Campania barat dari Naples. Dalam kawah adalah Danau Avernus (Lago d'Averno). Nama berasal dari kata Yunani, yang berarti "tanpa burung", karena menurut tradisi, semua burung terbang di atas danau akan jatuh dan mati. Disebut demikian karena penampilan danau ini gelap dengan luapan-luapan gas yang rupanya di dalam sana ada kawah berapi pasif. Penduduk setempat percaya bahwa luapan gas itu adalah Hades, sang Penguasa Neraka. Kisah lain diuraikan oleh Virgil, seorang penyair Roma kuno yang menceritakan jika Avernus pernah dikunjungi oleh Heracles dan Odysseus. Mereka meyakini jika Avernus adalah pintu masuk ke neraka. Bahkan jika kamu mencari tahu lebih dalam lagi, banyak kejadian di mana burung-burung yang terbang di atas Avernus akan langsung mati karena luapan sulfur yang begitu pekat. Disini ada juga sisa-sisa kuil Apollo dan Jupiter. Terdapat pula sisa-sisa pelabuhan yang dapat dilihat di bawah permukaan danau.

4. Fengdu, China
Fengdu Ghost City, China -01
By High Contrast (Karya sendiri) [CC-BY-2.0-de], via Wikimedia Commons
Terletak di tepi utara Sungai Yangtze, Fengdu adalah sebuah kota yang terkenal oleh legenda kuno roh jahat dan hantu yang merupakan bahan penting dalam budaya Cina. Fengdu Ghost City, Fengdu Guǐ Cheng merupakan daya tarik wisata di Fengdu County, kota Chongqing, China. Kota ini terletak 170 kilometer dari hilir Chongqing di tepi utara Sungai Yangtze.  Kota ini terdiri dari bangunan, struktur, diorama, dan patung-patung yang terkait dengan Diyu, konsep bawah dan neraka (atau Naraka) dalam mitologi dan Buddhisme Cina. Hal ini dimodelkan menyerupai Youdu, ibukota Diyu. Kawasan yang dijuluki Kota Hantu ini sudah berusia lebih dari 2.000 tahun. Banyak orang China percaya jika tempat ini adalah lokasi sementara roh orang mati sebelum mereka pergi ke akhirat. Tak heran jika di Fengdu banyak kuil-kuil Buddha dan Tao yang diyakini didiami oleh setan neraka. Ada pula pahatan Raja Neraka di salah satu sudut Fengdu yang membuatnya lekat dengan imej gerbang akhirat. Sebuah kisah dari Dinasti Han pernah menceritakan ada dua pejabat mereka yang bernama Wang Fangping dan Yin Changseng memilih tinggal di Fengdu untuk mencapai keabadian. Apakah di antara kamu ada yang pernah ke Fengdu?

5. Sacred Cenotes, Meksiko
Sacred Cenote Chichen Itza
By Altairisfar (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
The Sacred Cenotes atau Mayan Cenotes pada dasarnya adalah gua sebagai saluran air bawah tanah yang kerennya terbentuk secara alami. Dulu tempat ini konon dipakai oleh bangsa Maya untuk berbagai hal termasuk upacara adat. Dari ekspedisi yang dilakukan, di dalam lokasi ini ditemukan sebuah kuil bangsa Maya serta sisa-sisa tulang belulang manusia dan hewan. Selain itu, The Sacred Cenotes dipercaya sebagai tempat tinggal Chaak, sang Raja Hujan bangsa Maya yang selalu menerima persembahan bangsa Maya. Lepas dari apakah tempat ini pintu gerbang akhirat, namun pemandangannya luar biasa indah ya. 

6. Tanjung Matapan, Yunani
Church of Asomati1
By Chris06 (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Sebelum kini dikenal dengan nama Tanjung Matapan, kawasan ini bernama Tanjung Malea. Menurut mitologi Yunani, seseorang yang meninggal harus melalui sungai Stynx dengan bantuan Charon si tukang perahu sebelum akhirnya menuju Tartarus atau akhirat. Namun rupanya, di Matapan ini ada sebuah gua yang justru terhubung dengan neraka. Masih menurut mitologi Yunani, ada Orpheus yang ingin menyelamatkan istrinya, Eurydice dan harus melewati sebuah gua di Tanjung Matapan untuk pergi ke neraka. Bahkan dipercaya pula Hercules pernah melalui gua yang sama untuk menuju ke neraka tanpa harus meninggal terlebih dahulu. Jika kamu penasaran, maka kamu bisa ke Yunani dan pergilah ke bagian paling selatan daratan Yunani dan dia ada di dekat reruntuhan kuil Sparta. 

7. Ploutonion di Hierapolis, Turki
Plutonium interior
By Ömerulusoy (Karya sendiri) [CC-BY-3.0], via Wikimedia Commons
The Ploutonion di Hierapolis, Plutonium, Tempat Pluto atau Gerbang Pluto, adalah sebuah ploutonion (sebuah situs religius yang didedikasikan untuk dewa Pluto) di kota kuno Hierapolis dekat Pamukkale di Provinsi Denizli Turki. Situs ini ditemukan pada tahun 1965 oleh arkeolog Italia, yang menerbitkan laporan tentang penggalian mereka sepanjang dekade. Pada tahun 2013, itu lebih dieksplorasi oleh arkeolog Italia yang dipimpin oleh Francesco D'Andria, profesor arkeologi di University of Salento. Jika di China ada gerbang menuju surga, maka Turki punya gerbang yang bisa membawa Anda langsung ke neraka. Peneliti Italia mengumumkan bahwa sebuah gerbang ke neraka telah terbuka dari reruntuhan di sebelah Barat Daya Turki. Gerbang yang disebut Pluto Gate ini ditemukan pada situs purbakala di kota Phrygian, Hierapolis yang saat ini disebut Pamukkale. 

Kata Pluto sendiri berasal dari kata Plutonion dalam bahasa Yunani atau Plutonium dalam bahasa Latin. Pluto melambangkan gerbang menuju dunia bawah dalam tradisi dan mitos Greco-Roman. Ruangan ini penuh dengan uap berkabut yang padat hingga menghalangi pandangan. Semua hewan yang melewati uap itu akan langsung mati. Aku melemparkan burung pipit ke dalamnya, dan burung itu langsung mati dan jatuh. Di dalam gua tersebut terdapat sisa-sisa kuil, kolam renang, serangkaian prasasti yang didedikasikan untuk para dewa, Pluto dan Kore. Asap dalam gua tersebut memang sangat mematikan, sehingga jika terlalu dekat, karbondioksida akan membunuh semua makhluk hidup. Dulu dipercaya bahwa hanya para kasim Cybele, dewi kesuburan kuno, yang mampu memasuki gerbang neraka tanpa mengalami luka atau mati. Mereka menahan napas selama mungkin. Selain bisa menyebabkan kematian, uap yang muncul dari gua ini bisa menyebabkan halusinasi dalam skala kecil.
Tempat-Tempat yang Diyakini Sebagai Pintu Gerbang Menuju AkhiratTitle : Tempat-Tempat yang Diyakini Sebagai Pintu Gerbang Menuju Akhirat ~ unikposts
Description : Di dunia ini, banyak orang percaya bahwa gerbang akhirat, neraka, atau kehidupan sesudah kematian hanya bisa dimasuki setelah meninggal. Ak...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|