7/20/2014

Tempat-Tempat Wisata Unik dan Menarik di Dataran Tinggi Dieng

Tempat-Tempat Wisata Unik dan Menarik di Dataran Tinggi Dieng -
unikposts -
Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Banyak tempat wisata yang menarik di Dieng dan sekitarnya yang memiliki pemandangan indah dan populer. Dieng merupakan daerah dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah, masih termasuk wilayah Kab. Banjarnegara dan Kab. Wonosobo. Lokasinya di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.
Tempat-Tempat Wisata Unik dan Menarik di Dataran Tinggi Dieng
Telaga Warna (Own work)
Beberapa objek wisata yang ada di Dieng berupa wisata alam, wisata bersejarah yang dikelola secara bersama oleh dua kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Beberapa wisatawan menyebut Diang sebagai surga tersembunyi di Pulau Jawa. Tentu saja yang dimaksud surga tersebut hanyalah kiasan untuk menggambarkan Keindahan alam Dieng yang memiliki berbagai obyek wisata menarik ini. Ketinggian rata-rata dataran tinggi Dieng sekitar 2.000 m dpl dengan suhu relatif antara 8-22°C. Di Musim Kemarau, suhu dapat menurun drastis hingga mencapai 0°C di pagi hari. Dataran Tinggi Dieng terbagi menjadi dua Wilayah Kabupaten. Dieng Kulon masuk Wilayah Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, Sedang Dieng Wetan masuk wilayah kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo.

Kawasan Dieng merupakan penghasil sayuran dataran tinggi yang ada di Jawa Tengah. Kentang merupakan hasil utama yang ada di kawasan ini. Selain itu, bawang, wortel, dan kubis juga dihasilkan dari kawasan Dieng. Selain sayuran, Dieng juga penghasil pepaya gunung dan jamur. Namun akibat aktivitas pertanian yang berkembang pesat, kawasan hutan di puncak pegunungan hampir habis karena dijadikan lahan untuk menanam sayur. Adapun tempat-tempat wisata yang menarik di Dieng antara lain: Telaga Warna, Telaga Cebong, Telaga Merdada, Telaga Dringo, Telaga Nila, Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Gangsiran Aswatama, Candi Dwarawati, Gua Wisata di Dieng, Gua Semar, Gua Jaran, Gua Sumur, Sumur Jalatunda, Candi Sembadra, Candi Srikandi, dan Candi Setyaki.
Tempat-Tempat Wisata Unik dan Menarik di Dataran Tinggi DiengTitle : Tempat-Tempat Wisata Unik dan Menarik di Dataran Tinggi Dieng ~ unikposts
Description : Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di se...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|