7/08/2014

Manfaat Sehat Buah Mentimun yang Perlu untuk Diketahui

Manfaat Sehat Buah Mentimun yang Perlu untuk Diketahui -
unikposts -
Mentimun atau yang dikenal pula dengan Cucumis sativus L., adalah jenis tanaman merambat yang masih tergolong dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Di Indonesia, mentimun memiliki nama lain yaitu timun atau ketimun, sementara dalam bahasa Inggris di sebut sebagai CucumberBuah mentimun biasanya berwarna hijau dengan bentuk bulat lonjong yang umumnya dipetik ketika belum terlalu matang. Fungsi utama dari buah mentimun adalah dipergunakan sebagai bahan makanan. 
Manfaat Sehat Buah Mentimun yang Perlu untuk Diketahui
Manfaat Sehat Buah Mentimun yang Perlu untuk Diketahui
Mentimun dapat ditemukan pada berbagai hidangan, kandungan airnya yang cukup banyak menjadikannya berfungsi sebagai penyejuk. Sebetulnya ada banyak manfaat mentimun yang dapat kita manfaatkan. sebagai contohnya, potongan mentimun dapat membantu melembabkan wajah. Selain itu, tentunya masih ada lagi beberapa manfaat buah mentimun untuk kesehatan yang perlu untuk Anda ketahui diantaranya:

1. Membantu proses detoksifikasi
Akibat tingginya kandungan air pada buah mentimun sehingga dapat membantu memperlancar buang air kecil dan menetralkan toksin. Kandungan air dan mineral kalium yang terdapat di dalam buah mentimun juga bermanfaat untuk membantu mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal.

2. Mengatasi darah tinggi
Kandungan mineral kompleks yang ada di dalam buah mentimun seperti potassium, magnesium juga fosfor menjadikan buah mentimun berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Apabila Anda termasuk penderita hipertensi, maka ada baiknya untuk mengkonsumsi buah mentimun setiap hari secara rutin. Cara mengkonsumsinya bisa langsung dimakan setelah dicuci bersih.

3. Mengatasi asam urat
Asam urat berlebih di dalam darah akan membentuk kristal yang menumpuk pada persendian sehingga dapat mengakibatkan sakit pada radang sendi. Sedangkan sisa metabolisme berupa garam mineral yang menumpuk pada saluran kemih dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Setidaknya dengan mengkonsumsi buah mentimun dapat membantu mengeluarkan kristal atau batu ginjal dan mencegah penumpukan toksin.

4. Menjaga ginjal tetap sehat
Hanya dengan mengkonsumsi mentimun secara rutin, maka secara tidak langsung akan menekan tingkat asam uric dalam tubuh sehingga kesehatan ginjal tetap terjaga.

5. Mengatasi mata lelah
Sebagaimana yang kita tau bahwa buah mentimun mengandung asam askorbat, vitamin C, dan caffeic acids. Zat-zat ini dikenal baik dalam hal mencegah retensi air di dalam tubuh dan juga ampuh meredakan kulit yang meradang, iritasi dan bengkak. Oleh karenanya, tidak heran jika buah mentimun dikenal sangat ampuh untuk mengatasi mata yang lelah. 

6. Mencegah kanker
Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Sehingga dengan adanya kandungan ini maka akan mampu untuk menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

7. Mengatasi masalah pada pencernaan
Secara tidak langsung, hanya dengan mengkonsumsi jus mentimun berbagai penyakit yang terkait dengan pencernaan seperti gastritis keasaman, maag, bahkan tukak lambung akan teratasi. Pasalnya, kandungan serat di dalam buah mentimun dapat membantu meningkatkan proses pencernaan dan menghilangkan toksin dari sistem pencernaan.

8. Menyembuhkan diabetes
Jus mentimun mengandung zat yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka diabetes yang ada derita akan sembuh.

9. Menjaga kesehatan sendi
Usut punya usut, kandungan Silika pada buah mentimun dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan sendi yaitu dengan cara memperkuat jaringan ikat.

10. Memperkuat rambut
Buah mentimun juga kaya akan kandungan sulfur sodium, kalsium, fosfor, dan silikon yang sangat baik untuk pertumbuhan dan memperkuat rambut.

11. Mengobati sakit gigi dan gusi
Selain untuk mengatasi masalah pencernaan, jus mentimun juga dapat membantu mengobati penyakit mulut pada gigi dan gusi. Cukup dengan mengkonsumsi buah mentimun mentah, maka produksi air liur akan meningkat. Sehingga kesehatan gigi dan gusi akan selalu terjaga. Selain itu juga buah mentimun bermanfaat untuk menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut.

12. Mengatasi pusing di pagi hari
Untuk menghindari pusing atau sakit kepala saat bangun pagi, ada baiknya untuk makan beberapa iris mentimun sebelum tidur. Kandungan vitamin B, gula, dan elektrolit akan mengembalikan nutrisi dan mengurangi sakit kepala pada pagi hari.

13. Meningkatkan kesehatan
Buah mentimun merupakan sumber silika yang sangat baik. Hanya dengan mengkonsumsi buah mentimun secara rutin, maka akan membantu kesehatan dengan memperkuat jaringan ikat.

14. Mencegah dehidrasi
Diperkirakan kandungan air pada buah mentimun mencapai 96 persen dan lebih bergizi daripada air biasa, sehingga dapat membantu untuk menjaga tubuh dari dehidrasi dan mengatur suhu tubuh.

15. Mencukupi kebutuhan vitamin sehari-hari
Buah mentimun mengandung tiga vitamin pokok yang selalu dibutuhkan sehari-hari. Diantaranya adalah vitamin A, B, C yang akan memperkuat sistem imun yang berguna untuk melindungi tubuh sehari-hari. Sebaiknya mentimun tidak di kupas karena di bagian itulah terkandung 12 persen vitamin C, yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan memanfaatkan apa yang ada disekitar kita, termasuk buah mentimun yang kita kenal sebagai sayuran yang murah meriah, maka kita dapat mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit. Oleh karenanya, Anda tak perlu ragu untuk mengkonsumsi buah mentimun setiap hari.
Manfaat Sehat Buah Mentimun yang Perlu untuk DiketahuiTitle : Manfaat Sehat Buah Mentimun yang Perlu untuk Diketahui ~ unikposts
Description : Mentimun atau yang dikenal pula dengan Cucumis sativus L., adalah jenis tanaman merambat yang masih tergolong dalam suku labu-labuan atau C...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|