7/17/2014

Manfaat Sehat Buah Nanas yang Perlu untuk Diketahui

Manfaat Sehat Buah Nanas yang Perlu untuk Diketahui -
unikposts -
Nanas ialah sejenis tumbuhan tropis yang dipercaya berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Ada beberapa sebutan untuk buah yang mempunyai daging kuning ini, diantaranya yakni nenas dan nanas. Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.
Manfaat Sehat Buah Nanas yang Perlu untuk Diketahui
Buah Nanas
Biasanya, buah nanas (Ananas comosus) dikonsumsi langsung ketika sudah matang dan dijadikan jus. Namun berkat manfaat buah nanas untuk kesehatan yang begitu banyak membuat buah yang satu ini juga dijadikan makanan lainnya. Salah satu manfaatnya yakni untuk melunakan makanan di dalam lambung kita.

Tak jauh berbeda dengan buah naga dan buah lainnya nanas juga mengandung berbagai vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Beberapa nutrisi yang terdapat pada buah nanas yaitu energi, karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, air, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, dan C, serta folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium serta seng. Diketahui bahwa vitamin A dan C, bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh serta dapat menangkal radikal bebas. Berikut ini ada beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan yang perlu untuk diketahui.


1. Mencegah kanker
Kandungan vitamin A dan C dalam buah nanas sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah radikal bebas penyebab berbagai penyakit termasuk kanker. Dengan mengkonsumsi buah nanas secara rutin maka anda akan terhindar dari kanker.

2. Mengurangi stress
Bagi anda yang selalu merasa tertekan, mengkonsumsi buah nanas secara rutin dapat membantu mengurangi stress. Sebab, nanas memiliki kandungan senyawa seratonin. Senyawa ini mampu mencegah kanker serta menciptakan rasa bahagia di dalam diri manusia dengan demikian ia akan terhindar dari stress.

3. Mengatasi sembelit
Sembelit bisa disebabkan lantaran kurangnya asupan serat. Oleh karenanya, mengkonsumsi makanan berserat adalah solusinya. Serat dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan, diantaranya adalah nanas. Caranya yaitu minumlah jus nanas. Pilihlah buah nanas yang tak terlalu masak dan masih sedikit asam. Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan tak dapat diragukan lagi.

4. Mengatasi masalah ketombe
Siapa sangka buah ini juga dapat mengatasi masalah ketombe di kepala. Caranya yakni dengan memarut 1/4 buah nanas yang sudah matang kemudian diperas dan disaring. Tambahkan air perasan jeruk nipis kedalam air nanas tersebut lalu aduk hingga rata. Nah tinggal membalurkan campuran tersebut pada kulit kepala anda. Lakukan cara ini pada malam hari saat anda akan tidur, diamkan semalaman dan pada pagi harinya tinggal anda bersihkan.

5. Mengatasi peradangan kulit
Anda bisa memanfaatkan buah nanas untuk mengatasi peradangan kulit dengan cara memarut nanas yang sudah matang kemudian membalurkan pada bagian kulit yang mengelupas atau bersisik. Anda bisa melakukan cara ini pada malam hari saat akan tidur, diamkan parutan nanas tersebut pada kulit anda selama semalaman lalu pada pagi harinya bersihkan dengan air.

6. Melunakan makanan dalam lambung
Nanas dapat melunakan makanan dalam lambung karena dalam buah ini mengandung enzim bromelain. Selain itu kandungan tersebut juga bermanfaat sebagai antiradang dan juga untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

7. Meningkatkan gula darah
Bagi anda yang menderita kadar gula rendah anda bisa mengkonsumsi buah nanas karena buah ini mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

8. Meningkatkan sistem imun tubuh
Jika buah nanas dikonsumsi secara rutin, daya tahan tubuh akan meningkat sebab buah nanas memang mengandung asam amino esensial juga non-esensial yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, mengatasi perasaan lelah dan lesu serta memompa stamina juga energi.

9. Melancarkan haid
Nanas muda bisa berpotensi sebagai abortivum, yaitu sejenis obat yang bisa menggugurkan kandungan. Oleh sebab itu, nanas dapat berfungdi sebagai pelancar haid. Akan tetapi untuk ibu hamil, buah nanas muda adalah salah satu makanan yang perlu dihindari.

10. Mengobati asam urat
Bagi para penderita asam urat, nanas bisa menetralkan plak asam urat pada sendi-sendi Anda. Caranya: Sediakan nanas yang sudah matang dan manis. Blender nanas hingga halus. Segera minum, agar jus tidak teroksidasi oleh udara. Jus nanas murni, tanpa gula dan tanpa susu. Minum setiap hari pada pagi hari sebagai sarapan.

11. Menjaga kesehatan gigi
Manfaat buah nanas berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan gigi, hal ini karena buah nanas mengandung vitamin C sehingga dapat membantu pencegahan plak pada gigi serta penyakit gusi.

12. Mencegah batuk akibat flu dan demam
Manfaat Vitamin C yang cukup tinggi dalam nanas adalah untuk membantu memerangi virus penyebab flu. bromelain di dalam nanas juga dapat membantu melancarkan dahak sehingga batuk lekas sembuh.

13. Menguatkan tulang
Kandungan mangan di dalam buah nanas dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang agar lebih padat. Anda dapat memperoleh 73 persen kebutuhan mangan dengan cara mengonsumsi nanas dalam sehari.

14. Menunda penuaan
Buah nanas mengandung senyawa Cystine. Kandungan cystine yang terdapat pada buah nanas sangat bermanfaat dalam proses pembentukan kulit juga rambut. Ketersediaan cystine dalam tubuh akan membantu memperlambat penuaan.

15. Membantu proses penyembuhan
Selain mengandung senyawa cystine, buan nanas juga mengandung enzim bromelain. Adapun manfaat bromelain yaitu membantu proses penyembuhan luka serta mengurangi bengkak atau radang pada tubuh.

16. Memperkuat otot jantung
Selain mengandung enzim bromelain, di setiap daging segar buah nanas terdapat zat valine. Zat ini mampu mempertahankan kadar energi di dalam tubuh. Selain itu, valine juga mampu menopang fungsi sendi juga tendon dan menguatkan otot-otot di sekitar jantung.

17. Menghaluskan kulit
Kandungan air yang terdapat pada buah nanas diketahui mampu mengangkat sel kulit mati. Selain itu, enzim yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu jaringan kulit yang luka menjadi sehat kembali.

Selain beberapa manfaat buah nanas diatas ternyata masih ada lagi manfaat lainnya bagi kesehatan, diantaranya adalah: Dapat mengatasi gangguan pencernaan, perut kembung, menurunkan tekanan darah dan menurunkan berat badan, serta dapat menjaga kesehatan kulit anda.

Jadi itulah beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan yang mungkin belum anda ketahui. Akan tetapi meskipun mempunyai manfaat yang sangat banyak, buah ini juga bisa berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sebab buah nanas mengandung asam oskalat yang dapat memicu pembentukan batu ginjal apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, buah nanas ini juga sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil. Dan, mengingat kadar gulanya yang cukup tinggi, sebaiknya anda membatasi dalam mengkonsumsi nanas supaya terhindar dari diabetes.
Manfaat Sehat Buah Nanas yang Perlu untuk DiketahuiTitle : Manfaat Sehat Buah Nanas yang Perlu untuk Diketahui ~ unikposts
Description : Nanas ialah sejenis tumbuhan tropis yang dipercaya berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-na...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|