7/13/2014

Manfaat Sehat Cabai Merah yang Perlu untuk Diketahui

Manfaat Sehat Cabai Merah yang Perlu untuk Diketahui -
unikposts -
Cabai merah adalah salah satu bumbu dasar untuk penyedap masakan yang umumnya berwarna merah menyala atau hijau tua. Diketahui bahwa cabai merah mengandung zat capsaicin yang dapat menyengat sel-sel perasa pada lidah. Zat inilah yang mengakibatkan cabai menjadi pedas dan panas apabila kita konsumsi. 
Manfaat Sehat Cabai Merah yang Perlu untuk Diketahui
Manfaat Sehat Cabai Merah yang Perlu untuk Diketahui
Akan tetapi, dibalik sensasi rasa pedasnya terdapat beragam manfaat dan kandungan gizi yang belum kita ketahui sebelumnya. Selain bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan dan menangkal katarak ternyata juga memiliki khasiat lain untuk tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dan karoten yang sangat berlimpah. Tak perlu menunggu lebih lama, langsung saja simak manfaat cabai merah yang patut untuk Anda ketahui seperti berikut:

Cabe merah yang pedas pun memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C dalam cabai merah berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dan pikiran dari efek stres. Bahkan faktanya, vitamin C dalam cabai merah lebih tinggi daripada jeruk.

1. Menyembuhkan luka
Saat terluka oleh pisau dapur ketika menyiapkan bumbu masakan, umumnya orang akan mencari obat luka. Meski telah memberi obat luka, namun rasa perih tetap terasa. Oleh karenanya segera membuat obat alternatif yang paling ampuh yaitu cabai merah. Caranya, cabai merah dikeringkan lalu ditumbuk hingga halus kemudian ditaburkan pada luka. Bubuk cabai tersebut tidak akan membuat perih luka. Dan sebaliknya, cabai akan menghentikan nyeri dan pendarahan dengan cepat. Hal ini disebabkan oleh zat capsaicin pada cabai merah yang berkhasiat untuk rasa sakit.

2. Mencegah kanker
Cabai kaya akan sumber antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai macam kerusakan radikal bebas. Kerusakan ini dapat berujung pada serangan kanker yang tentu saja dapat merugikan tubuh.

3. Mencegah stroke
Cabai dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, dan jantung koroner. Caranya cukup dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin maka darah akan tetap lancar dan penggumpalan pada pembuluh darah tidak akan terbentuk.

4. Meringankan sakit kepala dan nyeri sendi
Ternyata rasa pedas yang ditimbulkan capsaicin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf. Dengan terhalangnya perjalanan sinyal ini, maka akan mengurangi rasa sakit dan nyeri sendi yang kita derita. Selain itu cabai merah juga berkhasiat untuk meredakan migrain.

5. Mencegah katarak
Dalam penelitian yang melibatkan berbagai bahan makanan, cabai merah merupakan salah satu bahan makanan yang membantu mengurangi resiko terkena katarak. Hal ini karena peran dari vitamin C dan karoten yang terdapat dalam cabai.

6. Mengatasi rematik
Hanya dengan 10 gram cabai merah kering. Selanjutnya, tumbuk hingga halus dan seduhlah dengan 1/2 gelas air panas. Oleskan ramuan ini ke bagian yang sakit. Dengan begitu, rematik akan mereda.

7. Mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh
Kandungan vitamin B6 yang tinggi dalam cabai merah memiliki peran penting dalam gluconeogenesis, yaitu aktivitas dalam tubuh untuk mengontrol tingkat gula dalam darah. Tak hanya itu saja, ternyata cabai merah juga memiliki kandungan asam folat cukup tinggi yang baik untuk nutrisi tubuh dan otak.

8. Meningkatkan sistem imun tubuh
Perpaduan antara vitamin A, vitamin B dan vitamin C pada cabai merah akan membantu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Sebagai contohnya batuk, pilek dan flu, termasuk melegakan pernapasan.

9. Menyehatkan kulit
Selain kandungan vitamin C, kandungan vitamin E di dalam cabai sangat tinggi. Vitamin E ini sangat penting bagi tubuh untuk memproduksi minyak alami kulit.

10. Menjaga berat badan
Rasa panas pada cabai saat dikonsumsi merupakan satu bukti bahwa cabai merah memiliki efek termogenik atau memproduksi panas di dalam tubuh, sebuah efek yang sama dengan berolahraga. Selain itu, cabai merah juga membantu mempercepat proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Sehingga berat badan Anda senantiasa akan tetap terjaga.

Mengingat banyaknya manfaat yang terkandung pada cabai merah ini, sangat sayang jika anda lewatkan untuk mengkonsumsinya.
Manfaat Sehat Cabai Merah yang Perlu untuk DiketahuiTitle : Manfaat Sehat Cabai Merah yang Perlu untuk Diketahui ~ unikposts
Description : Cabai merah adalah salah satu bumbu dasar untuk penyedap masakan yang umumnya berwarna merah menyala atau hijau tua. Diketahui bahwa cabai ...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|